Seminar Metodologi Penelitian Kuantitatif: Penggunaan Data Primer dan Sekunder

Selasa, 20 Oktober 2015.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan meneliti dosen serta mereduksi perbedaan persepsi dosen dalam hal metodologi penelitian, Jurusan Ekonomi dan Administrasi FE UNJ menyelenggarakan seminar dengan judul “Seminar Metodologi Penelitian Kuantitatif: Penggunaan Data Primer dan Sekunder”. Nara sumber dalam seminar ini adalah Prof. Dr. Sugiyono, guru besar UNY sekaligus penulis buku best seller metodologi penelitian dan Dr. Harya Kuncara Wiralaga, dosen FE UNJ yang memiliki reputasi dalam hal publikasi pada jurnal internasional. Hadir sebagai moderator adalah Karunia Dianta A. Sebayang, S.Ip, M.Si ketua Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi dan dikawal oleh Suparno, S.Pd., M.Pd sebagai MC.

Acara dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Djaali selaku Rektor UNJ, yang juga merupakan sahabat dari Prof. Dr. Sugiyono. Sebelumnya, mengawali rangkaian kegiatan, Dr. Dedi Purwana ES., M.Bus dalam laporannya menyampaikan arti penting kemampuan meneliti bagi dosen, terkait dengan kewajibdan dosen dalam melakukan penelitian serta tugas dosen sebagai pembimbing tugas akhir mahasiswa. Selanjutnya, sebelum membuka acara Prof. Dr. Djaali dalam sambutnya menambahkan bahwa kemampuan meneliti juga dibutuhkan dosen dalam penyusunan tugas akhir saat studi lanjut. Rektor juga menyampaikan kembali informasi menganai adanya keputusan Rektor UNJ tentang kewajiban penyediaan pendaan penelitian bagi semua dosen serta komitmen universitas untuk menyediakan sarana prasarana untuk menunjang aktivitas akademik dosen.

Prof. Dr. Sugiyono sebagai nara sumber pertama menyampaikan materi secara lengkap dan menarik. Diawali dengan pemetaan kemampuan meneliti mahasiswa berdasakan jenjang (S1, S2, S3) menurut KKNI, penyampaian materi dilanjutkan dengan uraian mengenai disain, metode, instrumen, sampel penelitian, dan analisis dalam penelitian kunatitatif, khususnya dengan penggunaan data primer.

Selesai ishoma, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh nara sumber ke dua, yaitu Dr. Harya Kuncara Wiralaga, SE., M.Si. materi yang disampaikan diawali dengna pengenalan konsep dasar penelitian serta pentingnya membangun sikap yang mendukung budaya meneliti, yaitu skeptis, kritis, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Selanjutnya, diuraikan perbandingan penggunaan data primer dan sekunder dalam hal pendefinisian dan operasionalisasi variabel, pengujian asumsi, serta penggunaan teknik analisis.

Dosen peserta kegiatan mengikuti acara dengan antusias, ditunjukkan oleh banyaknya pertanyaan yang diajukan dan banyaknya jumlah dosen yang hadir sebagai peserta. Selesai acara, kemudian perserta melakuan foto bersama dengan nara sumber. (SFW).

Seminar Metlit 2015-5