Sosialisasi SIMAKER “Sistem Informasi Magang Kerja Mahasiswa”

Pada hari Kamis, 2 Maret 2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi SIMAKER “Sistem Informasi Magang Kerja Mahasiswa”melalui platform Zoom Cloud Meetings sejak pukul 09.00 sampai dengan selesai. Pada kegiatan ini, dihadirkan narasumber yakni Ibu Aam Amaningsih Jumhur, M.T., Ph.D, selaku koordinator pusat PKL.

Acara ini dimoderatori oleh Ibu Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M. (Dosen Fakultas Ekonomi FE UNJ) . Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNJ, dosen-dosen di lingkungan FE UNJ, serta peserta mahasiswa semester 4 (empat) dan juga 6 (enam) dari FE UNJ. Acara ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan agar mahasiswa semester 4 (empat) dan juga mahasiswa semester 6 (enam), memiliki gambaran tentang dunia magang dan juga dunia kerja. Sehingga saat nantinya mahasiswa sudah terjun langsung ke dunia tersebut, mahasiswa tidak terkejut dengan adanya perbedaan antara dunia perkuliahan dengan dunia magang dan juga kerja.

 

 

Dalam penyampaian materinya, Ibu Aam Amaningsih Jumhur, M.T., Ph.D. menjelaskan bahwasannya fokus yang ada pada ruang PKL/Magang agak berbeda dengan perkuliahan, karena dalam PKL/Magang ini sendiri lebih berfokus pada Problem Solving, Self Management, Technology Adaptation, dan Working With People. Selain itu, Ibu Aam Amaningsih Jumhur, M.T., Ph.D. juga menjelaskan berbagai jenis magang yang disediakan pula oleh pemerintah, seperti MBKM, MSIB, dan lain sebagainya.