International Exchange Lecturer 2022 Program Studi D4 Pemasaran Digital

International Exchange Lecturer 2022 adalah program pengajaran kolaborasi internasional antara pengajar pengajar dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE-UNJ) dan Faculty of Business, Economics & Accountany University Malaysia Sabah (FBEA-UMS). Kegiatan ini digelar sebanyak 4 sesi pertemuan sepanjang  semester 117. Sesi pertama tanggal 16 November 2022 dengan topik “Analyzing The Marketing Environment” dibawakan oleh dosen D4 Pemasaran Digital Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, yaitu Bapak Andi Muhammad Sadat, S.E., M.Si., Ph.D. yang juga sering dipanggil dengan nama Andi.

Program ini diselenggarakan secara daring melalui Platform Zoom, dan dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang merupakan gabungan dari mahasiswa FE-UNJ dan mahasiswa FBEA-UMS yang dipandu langsung oleh Dr. Brahim Chekima dar FBEA-UMS Malaysia.

Perkuliahan internasional ini dimulai oleh sambutan  hangat Dr. Chekima selaku tuan rumah dengan memperkenalkan Pak Andi dihadapan para mahasiswa. Selanjutnya, Pak Andi memulai kuliahnya melalui media power point dengan topik: “Analyzing The Marketing Environment”, intinya menjelaskan bahwa memahami lingkungan pemasaran sangat penting karena terkait langsung dengan para aktor serta kekuatan-kekuatan yang berperan dalam menentukan kesuksesan perusahaan di pasar. Marketing environment dibagi menjadi dua faktor. Pertama, microenvironment terdiri dari faktor-faktor yang sangat dekat atau berada di internal perusahaan yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam melayani pelanggannya. Sedangkan macroenvironment adalah faktor-faktor eksternal yang tidak dapat dikontrol dan mempengaruhi perusahaan dalam pengambilan keputusan.

“Faktor microenvironment meliputi kompetitor, pemasok, intermediaries atau perantara, pelanggan, dan publics seperti financial publics, government publics, media publics, dst. Sementara macroenvironment  terdiri dari kondisi ekonomi suatu negara, kondisi politik, kondisi alam, teknologi, demografi, dan kultur suatu negara” jelas Pak Andi.

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab di mana mahasiswa dari FE-UNJ dan FBEA-UMS mengajukan pertanyaan terkait topik. Antusiasme mahasiswa terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan baik secara langsung maupun melalui chatroom. Semua pertanyaan diurai satu persatu hingga waktu menunjukkan sesi perkuliahan internasional ini harus segera diakhiri.

Diakhir kegiatan, Dr. Chekima juga ikut memberikan bebera tanggapan terkait topik yang sedang dibahas.

 

Link Video : International Exchange Lecturer 2022 Program Studi D4 Pemasaran Digital