SKRIPSI MAHASISWA FE UNJ LOLOS JURNAL INTERNASIONAL

Skripsi merupakan tugas akhir yang terkesan menakutkan di kalangan mahasiswa tingkat akhir layaknya sebuah trek terakhir menjelang finish yang curam dan berliku. Di saat sebagian besar mahasiswa mengambil jalan praktis, yaitu mencari inspirasi (baca: membolak-balik variabel) dari skripsi yang sudah ada, sekelompok kecil mahasiswa justru menjadikan skripsi sebagai tantangan yang harus ditaklukan.

Sekelompok kecil mahasiswa FE UNJ mencoba menaklukkan tantangan tersebut. Donna Wibiananda Suryaman, Citra Rizky Utami, Ratu Nabila Saras Putri, dan Siska Lumban Gaol mencoba merajut asa bersama dibawah bimbingan dosen yaitu Dr. Haryo Kuncoro dan Karuniana Dianta A. Sebayang, SE, M.Si. Prestasi besar mereka diawali menuju fase sekarang adalah cerita panjang yeng berliku.

Berawal dari keingintahuan mengenai kredibilitas di Indonesia dan daya saing di Asia Tenggara, mereka tertarik membuat penelitian tentang hal tersebut.Sejak awal semester 5 mereka sudah mulai melakukan penelitian; yang awalnya dalam bentuk paper dan kemudian dikembangkan lebih mendalam kedalam bentuk skripsi. Dalam mengerjakan penelitian tersebut, mereka mengambil ide dari berbagai referensi seperti koran, jurnal, buku, dan internet.

Makalah mereka sudah melalui tour of duty. Mereka mulai mencoba untuk mempresentasikan melalui beberapa konfrensi, seperti Seminar dan Konferensi Nasional FE UNJ Mei 2015, Lomba Karya Tulis Ilmiah di Universitas Pertanian Bogor November 2015, The LPEM’s Conference on Economics and Finance in Indonesia yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia Desember 2015, dan Kuala Lumpur International Business Economics and Law Conference (KLIBEL 8) yang diselenggarakan oleh Zes Rokman Resources di Kuala Lumpur, Malaysia 12-14 Desember 2015.

Setelah berhasil mempresentasikan hasil penelitian dalam konfrensi internasional dan skripsi selesai, mereka mengajukan skripsi merka untuk dipublikasikan di jurnal internasional yang sangat selektif. Alhasil, hasil penelitian mereka masing-masing lolos kedalam jurnal internasional: South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law dan International Journal of Business, Economics and Law. Ini tentu satu hal yang sangat membanggakan bagi FE UNJ dan patut diapresiasi.

Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa UNJ mampu berprestasi tidak hanya dalam lingkup nasional, tetapi juga level internasional; tidak hanya oral presentation tetapi juga written presentation. Mereka berharap dimasa dating para junior akan meneruskan langkah ini, bahkan langkahnya lebih besar dan lebih signifikan buat mereka sendiri, almamater, bangsa dan Negara tercinta.

Intinya adalah pembuktian bahwa skripsi bukanlah semata-mata hanya tugas akhir. Jika dilakukan dengan serius, skripsi akan menjadi monumen sejarah yang membanggakan pribadi, keluarga, dan almamater serta tidak akan lekang oleh waktu. Skripsi juga dapat menjadi sarana untuk memberikan kontribusi penyelesaian masalah di masyarakat dan disejajarkan dengan penelitian profesional.

 

Cover-IJBEL-DEC-2015-212x300 Cover-SEAJBEL-DEC-2015-212x300

Link Publikasi:

Ratu Nabila Saras Putri: “The Impact of Fiscal Credibility on The Interest Rate: The Case of Indonesia”.http://ijbel.com/wp-content/uploads/2016/01/Econ-7.pdf

Citra Rizky Utami: “The Dynamic Configuration of Global Competitiveness in ASEAN“.http://ijbel.com/wp-content/uploads/2016/01/Econ-10.pdf

Donna Wibiananda Suryaman: “Interaction Between Labor Market Efficiency and Business Sophistication in Southeast Asia”.http://ijbel.com/wp-content/uploads/2016/01/Econ-11.pdf

SiskaLumbanGaol: “The Impact of Fiscal Credibility on The Interest Rate: The Case of Indonesia”. http://seajbel.com/wp-content/uploads/2016/01/Econ-8.pdf