Mahasiswa Program Studi Bisnis Digital Ciptakan Aplikasi Pembelajaran Islam “IslameeKit”

IslameeKit merupakan aplikasi pembelajaran islam digital, yang membantu para muslim millenials dalam mempelajari ilmu agama islam. Ide ini digagas oleh tiga mahasiswa program studi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yaitu, Hana Ainunnissa Warda, Muhammad Fathi Farhan dan Riza Amalya.

Gagasan berdirinya IslameeKit berawal dari adanya mata kuliah Digital Entrepreneurship dengan dosen pengampu yaitu, Shandy Aditya B.I.B MBPS. Melalui mata kuliah Digital entrepreneurship, kami diminta untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi di masyarakat dan mencari solusi dengan membuat sebuah bisnis dalam bentuk digital. Pada langkah awal, kami melakukan brainstorming dengan melakukan pemilihan beberapa ide bisnis yang masing-masing dari kami menggagas 2 ide bisnis. Lalu kami melihat dari keseluruhan ide yang telah kami gagas, bahwa kami melihat kalau pembuatan platform edukasi digital dalam bidang keagamaan itu belum ada di era 4.0 ini, dan oleh karena itu kami menggagas IslameeKit. Melalui mata kuliah ini dan beberapa kompetisi yang telah diikuti, kami mendapatkan banyak masukan dan koreksi dari dosen pengampu yakni Bapak Shandy Aditya dan para juri. Sehingga IslameeKit kini telah melakukan banyak perbaikan dan percobaan untuk membentuk sebuah aplikasi pembelajaran islami digital yang mumpuni dan dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Pada tanggal 12 Mei 2022 mengikuti lomba yang diadakan oleh Podomoro University, yaitu “Youth Preneur in Action” 2022. Youth Preneur in Action adalah perlombaan ide bisnis tingkat Internasional yang diadakan oleh Podomoro University setiap tahun.

Pada putaran pertama, IslameeKit berhasil lolos ke tahap selanjutnya melalui seleksi pitch deck. Dalam putaran pertama ini, tiga puluh peserta dipilih untuk melanjutkan ke tahap kedua. Di tahap kedua, dari tiga puluh peserta yang berhasil lolos melanjutkan perlombaannya dalam seleksi video konten bisnis, yang mana di putaran kedua akan dipilih sepuluh peserta terbaik dengan konsep bisnis yang menarik. Puji syukur, kami berhasil terpilih menjadi 10 finalis terbaik untuk maju ke tahap akhir, yaitu grand final round pitching Youth Preneur in Action 2022.

Sesi presentasi pitch deck diadakan pada 24 Juni 2022, secara offline dan online. Sesi presentasi berlangsung dengan durasi 15 menit untuk tiap tim dengan distribusi waktu yakni, lima menit untuk sesi presentasi dan sepuluh menit untuk sesi tanya jawab dengan juri . Pada putaran grand final, tim IslameeKit berhasil meraih kategori “Best Prototype”.