PRESS RELEASE Acara Puncak Economics Expo Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 2022

Pada hari Kamis, 19 Mei 2022 Fakultas Ekonomi UNJ menyelenggarakan kegiatan puncak dari acara ulang tahunnya yang ke-17 yaitu Economics Expo 2022 dengan mengusung tema “Bersinergi dalam Diversitas, Semangat, dan Inovasi” melalui Zoom Cloud Meetings. Pada kegiatan puncak Economics Expo yaitu Economics Expo Summit dihadirkan 3 narasumber, yaitu Bapak Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartanto, M.B.A., M.M.T (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia), Bapak Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A (Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan), dan Bapak Prof. Dr. Dedi Purwana, S.E., M.Bus. (Direktur Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta). Acara puncak ini dipandu oleh 2 orang MC yang merupakan Duta UNJ, yaitu Dimas Cahya Ramadhan dan Farah Shiba Fadhilah, juga dimoderatori oleh Bapak Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D. (Wakil Dekan Bidang Akademik FE UNJ). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor UNJ, Bapak Putu Bagus Kresna (Direktur Capital Market & Operasional BNI Sekuritas), Pimpinan LPPM UNJ, Pimpinan LP3 UNJ, Pimpinan Biro dan Badan UNJ, Pimpinan Fakultas dan Pasca Sarjana, Pimpinan UPT UNJ, Dekan dan Wakil Dekan FE UNJ, Dosen FE UNJ, Tenaga Pendidik FE UNJ, Dosen Purnabhakti FE UNJ, perwakilan BEM dan mahasiswa FE UNJ, serta finalis National Accounting Competition.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dimana peserta melakukan registrasi serta memasuki room Zoom dan diisi dengan persembahan Mikart-Medley Lagu Daerah. Selanjutnya pada pukul 09.00 dilakukan pembukaan yang dipimpin oleh Dimas Cahya Ramadhan dan Farah Shiba Fadhilah sebagai MC. Pembukaan diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan do’a, penyampaian laporan Economics Expo oleh Dekan FE UNJ, dan pemutaran video kompilasi Economics Expo yang dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Rektor UNJ, Bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si.

Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa beliau mengajak kepada seluruh keluarga Fakultas Ekonomi untuk membangun kemandirian melalui berbagai cara. Yang pertama adalah membangun keunggulan, dimana kita perlu untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi, kapasitas dan kapabilitas kita untuk senantiasa menjadi insan yang unggul di berbagai bidang. Karena keunggulan menjadi syarat untuk bisa mandiri dan berdaulat. Yang kedua adalah produktivitas, yaitu melalui karya akademik ataupun karya lainnya yang diakui masyarakat dan bisa memberikan pemberdayaan kepada masyarakat. Yang ketiga adalah menujukkan kinerja sesuai dengan standar kinerja. Kita perlu juga membangun jiwa untuk senantiasa mengabdikan diri kepada institusi.

Economics Expo Talk sesi pertama diisi oleh Bapak Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A yang membawakan materi Pengantar Diskusi Kajian Buku “Pembiayaan UMKM” pada pukul 09.45 WIB. Diawali dengan pembacaan CV yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi hingga pukul 10.34 WIB. Pada materi tersebut disampaikan bahwa pembiayaan UMKM pada sebelum tahun 1999 dilakukan oleh Bank Indonesia. Namun, setelah tahun 1999 banyak pihak yang mulai bergabung untuk membiayai UMKM seperti bank-bank dari BUMN, pihak swasta dengan CSR nya, dan komunitas syariah yang ikut membantu. Sehingga UMKM yang 40% berpendidikan SD atau bahkan tidak lulus SD bisa terbantu. Terutama pada masa pandemi seperti ini.

Economics Expo Talk sesi kedua diisi oleh Bapak Prof. Dr. Dedi Purwana, S.E., M.Bus yang membawakan materi UMKM Go Digital, UMKM Naik Kelas. Pada pukul 10.35 WIB yang diawali dengan pembacaan CV dan dilanjutkan dengan penyampaian materi hingga pukul 11.01 WIB. Pada materi tersebut disampaikan bahwa ada beberapa hal yang dapat membantu UMKM bangkit yaitu dengan menghidupkan peta helix supaya UMKM bisa berjaya. Ada juga faktor eksternal lainnya seperti suasana politik dan sosial yang harus terjaga. Terakhir mengenai transformasi digital, bahwa mereka perlu pendampingan dan edukasi supaya UMKM yang sangat kuat membantu negara dalam berbagai macam krisis bukan hanya di Indonesia namun juga di negara lainnya seperti Korea, Jepang, dan negara Eropa lainnya.

Dalam acara puncak Economics Expo ini terdapat Keynote Speech yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Bapak Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T. Dalam Keynote Speech beliau menyampaikan bahwa 2 tahun terakhir ini ekonomi Indonesia kian membaik setelah adanya pandemi Covid-19, upaya pemulihan ini didukung oleh berbagai pihak. Salah satu sektor yang berperan dalam pemulihan ekonomi adalah sektor UMKM, karakteristik yang dimiliki UMKM ini sangat unik, karena jumlahnya sangat mendominasi perekonomian Indonesia dengan penambahan setiap tahunnya. Beliau juga menegaskan apabila UMKM di Indonesia bangkit, maka sektor perekonomian di Indonesia juga akan terangkat.

Selanjutnya yaitu penayangan video persembahan dari Mikart FE UNJ yang bertajuk Indonesia Menari, video kompilasi Economics Expo Event. Masuk ke acara selanjutnya, yaitu Economics Expo Talk dengan tema “Peningkatan Daya Saing UMKM melalui Inovasi Digital” yang disampaikan oleh Bapak Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A (Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan) dan Bapak Prof.  Dr. Dedi Purwana, S.E., M.Bus (Direktur Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta) yang dimoderatori oleh Bapak Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D (Wakil Dekan Bidang Akademik FE UNJ).

Acara selanjutnya yaitu pengumuman lomba-lomba Economics Expo baik nasional maupun internasional. Pengumuman lomba pertama yaitu pengumuman lomba analisis portofolio dimana dalam lomba ini diikuti oleh yang disampaikan langsung oleh ibu Sholatia Dalimunthe, SE., M.B.A. Untuk juara pertama diraih oleh LLJ Team dari Universitas Indonesia, kemudian juara kedua diraih oleh CFA Jalanan dari Universitas Prasetiya Mulya, dan juara ketiga diraih oleh SNI dari University Malaysia Sabah.

Selanjutnya, penayangan video persembahan apresiasi untuk Purna Bhakti Insan FE UNJ Tahun 2022 yaitu Ibu Dra. Umi Mardiyati, M.Si dan Bapak Muhammad Arja, S.IP. Berikutnya yaitu lomba balas pantun yang dipandu oleh mahasiswa FE UNJ yaitu Bagas Nurseto dan Hani Dahlia. Lomba balas pantun ini diikuti oleh perwakilan masing-masing dosen program studi. Peserta pertama yaitu Ibu Marsofiyati, S.Pd., M.Pd (S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran) dan Ibu Rizki Firdausi Rahma Dania, S.E., M.S.M (D3 Administrasi Perkantoran). Peserta kedua yaitu Ibu Hera Khairunnisa S.E., M.Ak. (D3 Akuntansi), Ibu Hafifah Nasution S.E., M.Sak. (S1 Akuntansi), Bapak Dr. Ayatulloh Michael Musyaffi, SE., Ak., M.Ak (S2 Akuntansi) dan Bapak Gentiga Muhammad Zairin, S.E., M.Ak., CA., CPSAK. (S2 Akuntansi). Peserta ketiga yaitu perwakilan dosen S1 Pendidikan Bisnis yang diwakili oleh Ibu Prof. Dr. Corry Yohana, MM., Ibu Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd., Ibu Basrah Saidani, M.Si., Ibu Annisa Lutfia, S.Pd., M.Pd. Peserta yang keempat yaitu dari rumpun Manajemen yang diwakili oleh Ibu Titis Fatarina Mahfirah, S.E., M.SM.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video kompilasi dosen menyanyi, lagu yang dibawakan berjudul Gemilang karya Andien, lagu ini dibawakan langsung oleh dosen-dosen Fakultas Ekonomi dengan penuh kreativitas.

Selanjutnya, acara yang terakhir yaitu penyampaian laporan kegiatan Economics Expo 2022  sekaligus menutup kegiatan secara resmi oleh Ketua Economics Expo 2022, Bapak Dr. Suherman, S.E., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa pada Economics Expo 2022 ini ada 30 kegiatan yang dikelompokan menjadi 9 rangkaian. Dimana 3 berskala internasional dan 6 berskala nasional. Yang pertama, International Instagram Reels Competition (80 tim dari dalam negeri, 3 tim dari Taiwan, 24 tim dari PTN/PTS Indonesia, dan 2 tim dari Universitas di Taiwan). Yang kedua, International Seminar Series ada 6 Top Speakers (Prof. Dr. Mohd. Nazari bin Ismail dari University of Malaya, Prof. Joseph Cherian dari NUS Business Scholl, Prof. Avanidhar Subrahmanyam dari University of California, Prof. Mathjis Van Dijk dari Erasmus University, Prof. Jo-Ann Clair Suchard dari UNSW Business Scholl, dan Prof. Raghavendra Rau dari University of Cambridge). Yang ketiga, International Stock Portofolio Analysis Competition yang diikuti oleh 59 tim dalam dan luar negeri. Yang keempat, National Accounting Competition yang diikuti oleh 74 tim. Yang kelima, The Office Explorer (TOE) yang terdiri dari 5 rangkaian acara yaitu Lomba TPAA tingkat SMK, Lomba Top Rank tingkat SMK, Lomba Speech Contest, Lomba Fashion Show, dan Acara Talkshow. Yang keenam, National Seminars yang menghadirkan 5 narasumber (Prof. Ahmad Erani Yustika, S.E., M.Sc., Ph.D., Dr. Apung Sumengkar, MBA., Gisela Ananda Valentina, Romora Edward Sitorus, Ph.D., Dwi Handoko. Yang ketujuh ialah Dekan Cup yang terdiri dari 6 kegiatan (Virtual Run, Virtual Walk, Business Pitch Deck Competition, Poster Competition, E-Sport – Mobile Legend dan Caster Hunt, Photography Competition). Berikutnya, Gema Syiar (FE UNJ Tadarus Qur’an, FE UNJ Peduli Yatim & Dhuafa, Tabligh Akbar). Terakhir, Economics Expo Summit (Economics Expo Talks, TikTok Challenge, Olahraga Ceria Challenge, dan Lomba Balas Pantun). Kegiatan disponsori oleh BNI Sekuritas, Indonesia Stock Exchange (IDX), Samuel Aset Manajemen, Ajaib, Biznet, Paragon Corp, PT. Gondowangi, Zakat Sukses.

Berikutnya yaitu pengumuman pemenang dari berbagai cabang lomba oleh Moderator Syaifuddin Arif dan Intan Ariza. Sampailah ke agenda terakhir, acarapun ditutup oleh Moderator.

(Video Persembahan Mikart FE UNJ)

(Pembukaan oleh MC)

(Menyanyikan Lagu Indonesia Raya)

(Pembacaan Do’a)

(Laporan Kegiatan Economics Expo 2022 oleh Dekan FE UNJ)

(Sambutan oleh Rektor UNJ)

(Pembacaan CV Moderator, Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D.)

(Pembacaan CV Narasumber, Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A. dan Prof. Dr. Dedi Purwana, S.E., M.Bus)

(Peyampaian materi oleh Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A.)

(Penyampaian materi oleh Prof. Dr. Dedi Purwana, S.E., M.Bus)

(Sesi Tanya Jawab)

(Penyampaian materi oleh Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartanto, M.B.A., M.M.T)

(Pengumuman Pemengang International Stock Portofolio Analysis Competition)

(Video Persembahan untuk Purna Bhakti Insan)

(Lomba Balas Pantun)

(Video Kompilasi Dosen Menyanyi)

(Penyampaian Laporan Kegiatan Economics Expo 2022 sekaligus Penutupan)

(Pengumuman Lomba-Lomba Economics Expo 2022)

(Penutupan Economics Expo 2022)

 

Laporan Kegiatan Economics Expo 2022

LPJ Seminar Internasional Economics Expo 2022

LPJ Acara Puncak Economics Expo 2022