Profesor Keuangan Belanda Bahas Investasi Berkelanjutan di Internasional Economic Expo 2022

Pada seri keempat rangkaian seminar Internasional Economic Expo 2022 untuk memperingati hari Dies Natalis ke-17 Fakultas Ekonomi Universitas Jakarta (FE UNJ) menghadirkan Profesor keuangan dari Erasmus University, Belanda.

Prof. Mathijs Van Dijk dihadirkan untuk membahas topik tentang pengaruh dari investasi berkelanjutan terhadap return saham di seluruh dunia. Investasi berkelanjutan atau sustainable investing merupakan topik utama dalan riset-riset yang dilakukan Prof. Mathijs, dan dia memiliki tujuan untuk menjembatani celah antara praktik dan akademik dalam topik ini.

“Kami menemukan sangat sedikit bukti bahwa peringkat ESG terkait dengan return saham. Temuan ini berlaku secara global di dalam berbagai wilayah geografis, dalam periode sampel yang berbeda, dalam sector yang berbeda dan juga di berbagai pemeringkatan ESG yang berbeda pula.” kata Prof. Mathijs dalam keterangan tertulis saat memberikan kuliah virtual, Rabu (13/4).

Menurutnya, hasil studinya mempertanyakan sejumlah besar literatur serta pandangan populer di industri tentang pengembalian finansial untuk investasi di ESG. “Secara keseluruhan kami menunjukkan bahwa investasi pada ESG oleh perusahaan tidak mempengaruhi kinerja investasi selamat dua puluh tahun terakhir,” tambahnya.

Pada seminar daring yang dimoderatori oleh Titis Fatarina Mahfirah tersebut, Prof. Mathijs juga menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan sebagai pembelajaran dari efek biaya modal dari ESG.

Seminar yang berlangsung selama 90 menit tersebut mendapatkan antusiasme luar biasa dari para peserta seminar yang berasal dari perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Terlihat dari banjirnya pertanyaan dari peserta yang meramaikan sesi diskusi pada seminar tersebut.

Rangkaian seminar Internasional dengan tema besar “Bersinergi dalam Keberagaman, Semangat, dan Inovasi” ini juga merupakan kolaborasi dari tuan rumah yaitu Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan juga dua perguruan tinggi lainnya yakni Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dan Fakultas Bisnis Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya.

 

Sumber : https://koran-jakarta.com/profesor-keuangan-belanda-bahas-investasi-berkelanjutan-di-internasional-economic-expo-2022