Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) UNJ Tahun 2022

Humas UNJ, Jakarta-bertempat di Aula UTC lantai 8 Gedung UTC UNJ telah berlangsung Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) UNJ Tahun 2022. Acara berlangsung selama dua hari dimulai 23—24 Maret 2022 dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara ini dihadiri oleh Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Para Wakil Dekan III di Lingkungan UNJ, Koordinator Layanan Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan BAKHUM, Sub Koordinator Layanan Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni, Sub Koordinator Minat Bakat Penalaran dan Informasi Kemahasiswaan, Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan seluruh Fakultas UNJ, dan para Pembina Forum Mahasiswa berprestasi UNJ.

Kegiatan ini juga turut mengundang beberapa tujuh juri diantaranya, (1) Aam Amaningsih, Ph.D, (2) Ade Dwi Utami, Ph.D, (3) Dr. Ifan Iskandar, (4) Ns. Sri Rahayu, M.Biomed, (5) Dr. Widya Paramita, (6) Ati Sumiati, M.Hum, dan (7) Fellianti Muzdalifah, M.Psi. Ketujuh juri tersebut terbagi ke dalam penilaian gagasan kreatif dan produk inovatif, dan penilaian assessment of english public speaking proficiecy.

Adapun untuk peserta mahasiswa berprestasi 2022 sebagai berikut, dari FIP ada Maryatik dan Nahdah Khayyira, dari FBS ada Chairunnisa Nurul Fira dan Nida Karima Salsabila, FMIPA ada Ilham Maulana dan Chika Shafa Maura, FIS ada Salsabila Nasution, Andiko Nanda Fadilah dan Yusuf Gilbran, dari FT ada Salma Maharani, Ayu Friditya Wulaningrum, dan Andre Ferdiawan, dari FIK ada Atrasina Najma dan Sinta Amelia, dari FE ada Dimas Cahya Ramadhan, Hasyim Rachman dan Nadia Annisa Putri, dan dari FPPsi ada Luthfiyah Zahra dan Mela Faryhunnisa.

Samuel Yesaya Wirjopranoto selaku ketua pelaksana menyampaikan laporan acara, ia mengatakan seleksi menjadi tiga rangkaian, tahapan pertama adalah Seleksi Portofolio Capaian Unggulan, IPK, Kemampuan Berbahasa Inggris, baik secara lisan maupun secara tertulis dan kepribadian dengan jumlah pendaftar sebanyak 119 pendaftar dari 8 fakultas di UNJ. Lalu pada tahap 2, semua peserta kami kembalikan kepada fakultasnya untuk dapat dievaluasi gagasan kreatif dan produk inovatifnya. Di mana pada tahap 2 ini, kami memberikan hak dan wewenang kepada fakultas hanya untuk menilai gagasan kreatif dan produk inovatifnya dan untuk mencari 2-3 perwakilan per fakultas untuk dapat maju ke tingkat universitas. Lalu pada tahap 3, tahap yang sedang kita jalani sekarang, ialah tahap penjaringan mahasiswa berprestasi untuk dapat mewakili Universitas Negeri Jakarta ke jenjang Nasional.

“Selamat berkompetisi pada Grand Final ini. Silakan pertaruhkan semua yang sudah Anda perjuangkan selama ini. Selesai dari rangkaian ini, Anda kembali adalah keluarga. Keluarga Mahasiswa Berprestasi UNJ, keluarga satu sama lain, dan keluarga kami juga, Mahasiswa Berprestasi UNJ tahun 2022.” Ucap Samuel Yesaya.

Lebih lanjut, Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, ia mengatakan Pilmapres telah banyak mencetak mahasiswa berkualitas di bidang akademik, dan mawapres dinilai banyak dinilai positif dibanyak bidang prestasi dengan karya-karya mahasiswa. Semoga dengan adanya pilmapres ini menghadirkan juara untuk UNJ, agar UNJ menghasilkan para juara yang beragam dan di berbagai bidang.

“Kepada para finalis, teruslah produktif dan berprestasi, rebutlah juara mawapres nasional tahun 2022. Dan selamat bertarung bagi para juara.”

Acara dilanjutkan dengan pengumuman nama pemenang mahasiswa prestasi UNJ 2022 oleh Aam Amaningsih, Ph.D, berikut nama pemenang mahasiswa prestasi UNJ 2022
Juara I dan II Sarjana, dan Juara I Diploma.
Juara I Sarjana: Dimas Cahya Ramadhan dari Fakultas Ekonomi.
Juara II Sarjana: Mela Faryhunnisa dari Fakultas Psikologi.
Juara III Sarjana: Maryatik dari Fakultas Ilmu Pendidikan.
Juara I Diploma: Andre Ferdiawan dari Fakultas Teknik.

Juara Kategori
Mawapres Terfavorit: Nadia Annisa Putri dari Fakultas Ekonomi.
Mawapres Best Personality: Chika Shafa Maura dari Fakultas Matematika & IPA.
Mawapres Pidato Bahasa Inggris terbaik: Chairunnisa Nurul Fira dari Fakultas Bahasa dan Seni.
Mawapres Karya Tulis Terbaik: Nahdah Khayyira dari Fakultas Ilmu Pendidikan.
Mawapres Terinspiratif: Luthfiyah Zahra.

Acara dilanjutkan dengan penutupan pidato oleh Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, ia mengatakan “Selamat kepada pemenang, itu merupakan sebuah anugerah terindah bagi juara mawapres 2022. Kalian semua disini terdiri dari para juara di fakultas masing-masing.” Ucap Prof. Komarudin.

Bagi yang akan bertarung di tingkat nasional, kami berpesan kuasai kriteria yang ada dan juga kuasai kemampuan yang jadi kriteria itu jangan lupa memberikan kesan yang baik kepada dewan juri. Karena kriteria sekarang tidak seperti dulu, semakin banyak yang menjadi acuan dan tentu lebih berat.

“Selain prestasi yang sudah tercatat dalam portofolio, tunjukan kapasitas Anda saat tampil di penjurian tingkat nasional. Dan yang pastinya dari UNJ diwakili oleh Kantor Wakil Rektor III akan terus membekali.” Tutup Prof Komarudin.