Seminar Ekonomi Internasional FE UNJ dan ISEI Komisariat UNJ: “Manajemen Daging Halal di Australia”

Seminar Ekonomi Internasional FE UNJ dan ISEI Komisariat UNJ: “Manajemen Daging Halal di Australia”

Pembicara
Neil Siregar, Direktur pada Global Australia Halal Certification, Sydney, Australia

Moderator;
M. Edo S. Siregar, S.E., MBA. Dosen Prodi S-1 Manajemen FEUNJ, Ketua ISEI Komisariat UNJ, Universitas Negeri Jakarta

Rabu, 30 Juni 2021, pukul 15.30 -17.30, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan ISEI Komisariat UNJ menyelenggarakan Seminar Ekonomi dengan menggunakan platform Zoom Meeting dengan judul “Manajemen Daging Halal di Australia”. Nara sumber adalah Bapak Neil Siregar, S.Komp, M.Sc, Direktur pada Global Australia Halal Certification, Sydney, Australia.

Belian memaparkan bagaimana daging Halal di Australia diatur dan ditatakelola oleh para pemangku kepentingan, antara lain; Pemerintah Australia, masyarakat Muslim di Australia yang terdiri dari migran berasal dari Turki, Mesir, Lebanon, dan Somalia, mana kala masyarakat Muslim berasal dari Indonesia sebelumnya tidak mempunyai lembaga sertifikasi daging Halal.

Tahap-tahap yang harus dilaksanakan oleh GAHC dalam mensertifikasi kehalalan produk adalah sebagai berikut; Sumber-sumber Hukum islam, Tujuan berdirinya GAHC, Apa itu Halal, Peluang Usaha Daging Halal, Cara-cara Sertifikasi Halal, Kandungan Halal dalam Bahan Mentah, Penjagalan Halal, Pemberian Label, Penyimpanan Daging Halal, Transportasi Daging Halal, Audit Halal, Implikasi Ketidaktaatan Peraturan (Non-Conformance Required Actions).

Tanya jawab berlangsung dengan baik dan diskusi berlangsung dua arah, pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya telah dijawab dengan baik oleh Nara Sumber. Untuk lebih jelas dapat melihat Video dan File Power Point yang diunduh di situs FEUNJ.

Perlu diketahui, Nara Sumber adalah seorang Tokoh Muslim di Australia, khususnya di negara bagian Victoria, di mana, Neil Siregar adalah President Indonesia Muslim Community of Victoria (IMCV) selama dua periode berturut-turut, yang telah berhasil membangun dua buah Masjid untuk masyarakat Muslim di Melbourne.

 

EnglishIndonesian