Rapat Pleno APE LPTK

Padang, 22 September 2016

Bertempat di Hotel pangeran Beach, Padang, diselenggarakan Rapat Pleno Asosiasi Pendidikan Ekonomi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Indonesia (APE – LPTK), yang diselenggarakan pada tanggal 21-22 September 2016.Dalam kegiatan ini, FE UNJ mengirimkan delegasi yang terdiri dari: Wakil Dekan I (Setyo ferry Wibowo, SE., M.Si), Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi (Dr. Siti Nurjanah), Ketua Program Studi Pendidikan Tata Niaga (Drs. Nurdin Hidayat, MM., M.Si), dan Ketua tim penyusun proposal pendirian Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (Darma Rika Swaramarinda, M.SE).

Acara dibuka oleh Dekan Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si, yang alam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para pimpinan fakultas, jurusan, dan program studi anggota APE-LPTK. Acara berikutnya, yaitu sambutan dari Ketua APE-LPTK, Dr. Wahyono, MM, yang menyampaikan hal-hal penting yang menjadi agenda kegiatan, utamanya kurikulum program studi.

Setelah acara dibuka resmi oleh Ketua APE-LPTK, acara dilanjutkan dengan sesi sidang pleno dengan agenda pemaparan hasil analisis tang dilakukan oleh tim taskforce yang telah ditunjuk sebelumnya, tentang kurikulum program studi pendidikan di lingkungan APE-LPTK, yaitu Program Studi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Tata Niaga. Hasil analisis menyimpulkan antara lain: masih terdapat perbedaan format kelembagaan pada tiap perguruan tinggi, misalnya di UNJ Studi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Ekonomi masih berbentuk konsentrasi sedangkan di perguruan tinggi lain telah berbentuk program studi. Temuan lainnya adalah masih terdapat perbedaan rumusan profil lulusan, capaian pembelajaran, dan struktur kurikulum, sebaran mata kuliah, serta bobot sks mata kuliah.

Hari kedua acara diawali dengan paparan dari Dr.  Ridwan Roy Tutupoho, Kasubdit Pembelajaran Khusus, mewakili Direktur Pembelajaran Dirjen BelmawaKemenristekdikti, Dr. ParistiyantiNurwardani. Dalam paparannya, beliau menjelaskan secara ringkas implementasi dari Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang standar nasional pendidikan tinggi. Acara dilanjutkan dengan sidang komisi pararel dengan komisi sebagai berikut: komisi kurikulum yang dihadiri oleh para ketua program studi, komisi pembahasan rancangan MOu dengan anggota para dekan, wakil dekan I, dan III, serta komisi jurnal dan konferensi internasional dengan anggota para wakil dekan I dan ketua jurusan.

Acara ditutup dengan penandatanganan MOu kerja sama antar anggota APE-LPTK oleh para dekan yang hadir.