Accounting Games “be FUN with Accounting” (Economics Expo FE UNJ 2015)

Accounting Games  “be FUN with Accounting”

Economics Expo adalah acara  tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Fakultas Ekonomi. Tahun ini Economics Expo kembali mengadakan Accounting Games yang merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian acaranya. Accounting Games adalah sebuah lomba tingkat SMA/SMK/MA yang memperdalam ilmu dasar Akuntansi. Akuntansi yang selama ini terkesan membosankan akan dibuat lebih menyenangkan dengan tantangan yang kreatif dalam Accounting Games.

FEUNJ dalam kegiatan Economic ekspo ingin mengadakan Accounting Games. Selain bisa memeriahkan acara Economics Expo, Accounting Games juga bisa mengasah ketangkasan dan memperluas ilmu pengetahuan siswa/i tentang ilmu-ilmu akuntansi dengan cara yang menyenangkan.

Sasaran kegiatan Accounting Games ini adalah siswa/i tingkat SMA/SMK/MA, babak Penyisihan dan Babak Final akan dilaksanakan pada:

hari, tanggal                      : Senin, 24Mei 2015

tempat                               : Tugu Unj

waktu                                 : 10.00 – 16.30

TEKNIS ACARA

Waktupendaftaran    :  13 – 25 April 2015

Waktupelaksanaan

Hari/tanggal                : Senin, 4 Mei 2015

Pukul                           : 10.00 WIB s/d selesai

Lokasi                         : TeaterFakultasEkonomi, Kampus A UniversitasNegeri Jakarta

Hadiah

Juara I                         : Trophy + Sertifikat + UangtunaisebesarRp 1.500.000,-

Juara II                        : Trophy + Sertifikat + UangtunaisebesarRp 1.000.000,-

Juara III                       : Trophy + Sertifikat + UangtunaisebesarRp    750.000,-

Syaratketentuanpendaftaran:

  • Calonpesertalomba Accounting Games merupakansuatutim yang terdiridari 2 (dua) wakildarisekolahnyamasing-masing.
  • Setiapsekolahmaksimalmengirimkan 2 (dua) tim.
  • Calonpesertawajibmemberikanformulirpendaftaran di hariperlombaan.
  • Calonpesertalomba Accounting Games wajibmendaftarmelaluismskenomor 08119171996denganformat: Accounting Games_Pendaftaran_AsalSekolah_namaketuakelompok_namaanggotakelompok_nohpketuakelompok.
  • Biayapendaftaran “Accounting Games” adalahRp 100.000,-untukpendaftaran 1 (satu) timdanRp 150.000,- untukpendaftaran 2 (dua) tim.
  • Calonpesertabarudapatdianggapsebagaipesertajikatelahmenerimakonfirmasidaripihakpanitiadantelahmembayarbiayapendaftaran. Biayapendaftarandapatdibayarkanmulaitanggal 13 April 2015 hingga 30 April 2015 danwajibkonfirmasikenomor 08119171996 dengan format: Accounting Games_Konfirmasipembayaran_AsalSekolah_jumlahtim yang dibayar_jumlahpembayaran.
  • Kuotaterbatas.

Perlengkapanpeserta

  • Formulirpendaftaran
  • Alattulis, kalkulator, danpapan alas.
  • Memakaiseragamolahragasekolahnyamasing-masingdanmemakaisepatu.

Peraturanumum Accounting Games

  • Setiaptimterdiridari 2 (dua) orang perwakilandarimasing-masingsekolah, dankeduanyaharussesuaidengan yang didaftarkanpadapanitia. Apabilatimpesertatidaksesuaidengan yang didaftarkan, panitiaberhakmendiskualifikasitimtersebut.
  • Tidakdiperbolehkanadanyapenggantianpeserta.
  • Tidakdiperkenankanmelakukanpembatalan di hariacaraberlangsung.
  • Pesertawajibmengenakanseragamolahragasekolahnyamasing-masingdanmemakaisepatu.
  • Pesertawajibregistrasimaksimal 10 menitsebelumperlombaandimulai.
  • Pesertawajibhadirtepatwaktusesuaidenganjadwal yang telahditentukanpanitia. Jikaadatimpeserta yang terlambathinggababakpertamatelahdimulai, pesertatidakdapatmengikutiperlombaan.
  • Apabilasebelum, selama, dansetelahpertandingan, panitiamenemukanbahwaadaanggotasuatutimataupihak-pihaktertentumelakukansuatubentukkecuranganatauhal-hal yang sifatnyamenghambatjalannyapertandingan, makatim yang bersangkutandidiskualifikasidandinyatakangugur.
  • Pesertadiwajibkanmembawaalattulis, papan alas, dankalkulator.
  • Setiappesertawajibmemahami, menyetujui, danmematuhiseluruhperaturanpertandingan.
  • Apabilapesertamelanggarketentuandiatas, makapanitiaberhakuntukmendiskualifikasitim yang bersangkutan.
  • KeputusandewanjuridanpanitiabersifatMUTLAKdanTIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT.
  • PesertaWAJIB MEMBACA PETUNJUK TEKNIS PERLOMBAANinisebelumperlombaan. Terkaitteknis yang kurangdimengertidaninginditanyakan, dapatmenghubungicontact person yang adapadalembarteknisini.
  • Hal-hal yang belumdiaturdantercantumdisiniakandibahaslebihlanjutsebelumperlombaandimulai.
  • KeputusandariperlombaanTIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT.

Silabusperlombaan

  1. Ekonomi
    • Pengetahuanumumekonomi
    • Ekonomimikro
    • Ekonommakro
  2. Akuntansi
    • Pengetahuanumumakuntansi
    • Prinsipdasarakuntansi
    • Persamaandasarakuntansi
    • Akuntansiperusahaanjasadandagang
    • SiklusAkuntansi

Penyisihanbabakpertama :Posteka-tekisilang

Teknisperlombaan:

  1. Terdapat 4 pospadababakpertama. Pesertahanyadiberiwaktuselamamaksimal 10 menituntukberada di setiap pos.
  2. Pesertahanyadiperbolehkanmembawaalattulissecukupnyadanpapan alas.
  3. Sebelumbabakpenyisihandimulai, pesertadiberikansuratpengantar yang berisilokasipospertama yang harusdidatangisertateknisgames, lembarkehadiran, danlembarjawabanteka-tekisilang.
  4. Pesertaharusmendatangipossesuai yang terterapadasurat. Jikasuratpengantartidaksesuaidenganpos yang didatangi, panitiaberhakuntuktidakmenerimapesertatersebut di pos.
  5. Pesertaharusmenunjukkansuratpengantarpadapanitia, kemudianpanitiamemberikantandatanganpadalembarkehadiran yang pesertabawa.
  6. Pesertaharusmengikutigames yang ada di setiapposuntukmendapatkanlembarsoal.
  7. Setelahmendapatkanlembarsoal, pesertaharusmengerjakansoal di postersebut. Jikawaktuhabis, panitiaberhakmengambilpaksalembarsoal.
  8. Untukdapatmelanjutkankeposselanjutnya, pesertaharusmemintasuratpengantarselanjutnyapadapanitiapos yang ditempati.
  9. Jikasudahmelewatisemuapos, pesertaharuskembalikegaris finish untukmengumpulkanlembarjawabandanlembarkehadiran.
  10. Keputusanjuridanpanitiatidakdapatdiganggugugat.
  11. Hal-hal yang tidakdicantumkanpadalembarteknisini, akandisesuaikansebelumperlombaandimulai.

Poinpenilaian:

  • Satusoalbernilai 10 (sepuluh) poin.
  • Jikajawabansalah, mendapat -2 (minus dua) poin.
  • Jikatidakmenjawab, mendapat 0 (nol) poin.
  • Kecepatanpengumpulanlembarjawabanteka-tekisilang, danlembarkehadiran.
  • Jikaterdapatbeberapatim yang memilikinilaisama, yang dapatmelanjutkankebabakselanjutnyaadalahtim yang mengumpulkanlembarjawabandanlembarkehadiran paling cepat.

Penyisihanbabakkedua: Mini Games

TeknisPerlombaan:

  1. Peserta yang majukebabakpenyisihankeduaadalahsebanyak 10 (sepuluh) tim.
  2. Sebelumbabakpenyisihankeduadimulai, pesertadiberikansoaldanlembarjawabanolehpanitia.
  3. Pesertadiharuskanmembawaalattulis, papan alas, dankalkulator.
  4. Pesertadiberikan total waktu 60 menituntukmengerjakansoal.
  5. Soalterdiridari 4 bentuk yang berbeda (disajikandalambentukmini games).
  6. Jikawaktumengerjakansoaltelahhabis, panitiaberhakmengambillembarjawabandansoal.
  7. Keputusanjuridanpanitiatidakdapatdiganggugugat.
  1. Hal-hal yang tidakdicantumkanpadalembarteknisini, akandisesuaikansebelumperlombaandimulai.

Poinpenilaian:

  • Poinsoaltergantungpadabentuksoaldantingkatkesukaransoal.
  • Kecepatanpengumpulanlembarjawaban.
  • Jikaterdapatbeberapatim yang memilikinilaisama, yang dapatmelanjutkankebabakselanjutnyaadalahtim yang mengumpulkanlembarjawaban paling cepat.

Babak Final: Snake ladder of Accounting

Teknis:

  1. Peserta yang majukebabakpenyisihanketigaadalahsebanyak 5 (lima) tim.
  2. Pesertadiharuskanmembawaalattulis, papan alas, dankalkulator.
  3. Games dalambentukulartangga, dimanasalahsatupesertaberada di papanulartanggadanlainnyaberada di barisanpenjawabsoal.
  4. Peserta yang berada di papanulartanggaakanmelempardadusecarabergantian.
  5. Seusaipesertamenempatikotakpapanulartangga yang seharusnya, panitiaakanmemberikanpertanyaandanpeserta yang berada di barisanpenjawabsoalharusmenjawabnya.
  6. Jikapertanyaan yang diberikandapatdijawabdengantepat, makapeserta yang berada di papanulartanggaberhakmaju 3 (tiga) langkah. Namunjikajawabannyatidaktepat, makapesertaharusmundur 2 (dua) langkah.
  7. Ketikapesertamenempatikotak yang terdapat ‘tangga’, pesertadapatnaikke ‘tangga’ tersebutapabilapertanyaan yang diberikandapatdijawabdengantepat, danharusmundur 2 (dua) langkahapabilapesertamenjawabdengantidaktepat.
  8. Ketikapesertamenempatikotak yang terdapat ‘ular’, pesertadapatmaju 3 (tiga) langkahapabilapertanyaan yang diberikandapatdijawabdengantepat, danharusturunkotakmelalui ‘ular’ apabilapesertamenjawabdengantidaktepat.
  9. Tim pertama, kedua, danketiga yang dapatmenyelesaikanpermainanulartanggadinyatakansebagaipemenang.
  10. Apabila 3 (tiga) timsudahmencapaiakhirpermainanulartangga, permainantersebutdihentikan.
  11. Keputusanjuridanpanitiatidakdapatdiganggugugat.
  12. Hal-hal yang tidakdicantumkanpadalembarteknisini, akandisesuaikansebelumperlombaandimulai.

Poinpenilaian:

  • Pemenangditentukanberdasarkantim yang terlebihdahuludapatmenyelesaikanpermainanulartangga.

For more information…

Contact Person          : 08119171996 (SitiAuliyanti)

Twitter                       : @HMJAKUNJ

Web                            : www.hmjakunj.org