Praktisi Mengajar Manajemen C 2022 “Entrepreneurship In Digital Era”

0 Comments

Pada hari Kamis, 30 Mei 2024 telah dilaksanakan Praktisi Mengajar mata Kuliah Kewirausahaan Digital yang dihadiri oleh Nela Guspita serta diikuti oleh mahasiswa Prodi Manajemen, melalui Zoom Cloud Meetings pada pukul 08.00 s.d pukul 09.26 WIB dengan mengangkat materi “Peluang dan tantangan kewirausahaan di era digital”.

Pada pukul 08.02 WIB kegiatan ini diawali dengan sambutan Ibu Fitra Dila Lestari selaku dosen pengampu mata kuliah Kewirausaahan Digital, selanjutnya moderator mengambil alih dalam kegiatan Praktisi Mengajar. Pukul 08.12 WIB dimulai dengan materi yang dijelaskan oleh Ibu Nela Guspita selaku Dosen Praktisi. Materi pertama ini dijelaskan mengenai Caranya menemukan peluang usaha, yang berisi tentang Observasi usaha, mengamati kebutuhan pasar, belajar dari suksesnya bisnis lain, mengamati trend yang sedang berkembang, dan mencari informasi lainnya. Lalu Menjelaskan terkait peluang menurut definisinya, Bu Nela Guspita mendefinisikan peluang adalah kesempatan yang dilakukan oleh wirausahawan pada saat yang tepat untuk mencapai tujuan dan keuntungan. Dan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu internal dan eksternal. Pukul 08.32 WIB dilanjutkan dengan materi bagaimana usaha milik praktisi berkembang serta media sosial dan e-commerce yang digunakan, lalu dilanjutkan dengan materi bagaimana pemula memilih bisnis, serta target pemasaran dan apa saja tantangan yang dihadapi. Agenda berikutnya, yaitu sesi simulasi pada pukul 08.36 WIB mengenai Omset dan Profit dan materi tentang apa saja yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Agenda selanjutnya pada pukul 08.40 adalah mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi oleh wirausaha dalam menjalankan usaha. Bu Nela Guspita menyebutkan beberapa tantangan dalam berwirausaha yaitu Teknologi yang berkembang pesat, tren pasar yang berubah dengan cepat, Algoritmanya E-commerce yang tidak pasti, kompetitor dengan produk yang serupa dan yang terakhir adalah keamanan cyber. Disini Bu Nela Guspita juga menjelaskan terkait solusi-solusi dari tantangan tersebut.

   Setelah pemaparan materi, acara selanjutnya yaitu sharing session yang dimulai oleh Ibu Nela Guspita dan pukul 08.50 dilanjutkan sesi tanya jawab, yang dipandu oleh moderator. Disini para peserta bertanya terkait bagaimana Bu Nela Guspita memulai bisnisnya, Bagaimana Bu Nela dapat mengatasi algoritma e-commerce, bagaimana Bu Nela dapat menjaga privasi data konsumen dan bagaimana cara Bu Nela untuk menjaga loyalitas dari pelanggan nya sendiri. Kemudian pada pukul 09.24 dilanjutkan dengan sesi dokumentasi sekaligus penutupan acara.

Related Posts