Alumni Connect PAP 2023 “Kompetensi dan Keterampilan Guru di Era Digital, Bisnis Digital, dan Ilmu Tentang Administrasi Perkantoran”

Pada hari Jumat, 22 Desember 2023, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Alumni Connect PAP 2023 dengan tema “Kompetensi dan Keterampilan Guru di Era Digital, Bisnis Digital, dan Ilmu Tentang Administrasi Perkantoran” yang berlangsung di Virtual Zoom Meetings. Pada kegiatan ini, dihadiri oleh Ibu Hera Khairunnisa, SE., M.Ak selaku dosen aktif di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan juga sebagai moderator. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Muhammad Agus Fauziyansyah, S.Pd sebagai alumni dan juga menjadi narasumber yang akan menyampaikan materi tentang “Kompetensi dan Keterampilan Guru di Era Digital, Bisnis Digital, dan Ilmu Tentang Administrasi Perkantoran” dan juga berdiskusi dengan para peserta.

Kegiatan ini diawali dengan para peserta memasuki room zoom pada pukul 14.00 WIB. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, pengenalan moderator, dan dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh narasumber.

Mengutip buku Business and Digital Economy oleh T Arief Pahlevi Pasha dan kawan-kawan, bisnis digital adalah suatu jenis usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk atau memasarkannya. Dalam dunia bisnis digital dikenal istilah digital marketing yang menggunakan fasilitas internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing atau pemasaran tradisional. Bisnis digital menjadi salah satu pilihan bisnis yang paling banyak dicari pelaku usaha pemula saat ini. Sebab, ada berbagai keuntungan dari bisnis digital yang membuatnya lebih mudah dilakukan daripada bisnis konvensional, berkat adalah teknologi informasi yang semakin maju dan mutakhir. Bisnis digital mencakup berbagai aspek, mulai dari e-commerce dan pemasaran online hingga transformasi digital dan teknologi terkini.

  1. Commerce

Merupakan transaksi jual-beli yang dilakukan berbasis online dengan menggunakan media elektronik. Dalam dunia perdagangan, e-commerce menghadirkan banyak perubahan, perubahan yang dimaksud adalah kini proses jual-beli tidak lagi seperti pada zaman toko konvensional yakni pertemuan tatap muka. Penjual dan pembeli kini hanya perlu melakukannya secara online. Manfaat e-commerce, yaitu biaya operasional yang lebih murah, dapat dibuka kapanpun, transaksi lebih mudah, dropship yang menguntungkan, dan dapat menjangkau pasar yang luas.

 

  1. Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat.Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari dan saluran serupa lainnya sehingga dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Jenis pemasaran digital, yaitu: Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, Content Marketing, Video Marketing, Pay-Per-Click (PPC) Ads, Website, ROI Digital Marketing, dan Search Engine Marketing (SEM).

 

  1. Transformasi Digital

Transformasi digital adalah proses yang diterapkan organisasi untuk mengintegrasikan teknologi digital di semua bidang bisnis. Proses ini secara mendasar mengubah cara organisasi memberikan nilai kepada pelanggan. Contoh transformasi digital meliputi hal berikut:

    • Perusahaan mulai membangun solusi digital, seperti aplikasi seluler atau platform perdagangan elektronik.
    • Perusahaan melakukan migrasi dari infrastruktur komputer on-premise ke komputasi cloud
    • Perusahaan mengadopsi sensor pintar untuk mengurangi biaya operasi

 

  1. Analisis Data dan Kecerdasan Buatan dalam Bisnis Digital

Analisis data atau data analytics adalah proses mengumpulkan, menyusun, dan menarik informasi. Dengan kata lain, analisis data adalah proses mengolah data dari berbagai macam sumber dan kemudian merubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah, analisis bisnis, hingga memprediksi bisnis di masa depan. Proses analisis data meliputi pengelompokkan data berdasarkan karakteristik, pembersihan data, transformasi data, dan membuat model data untuk menemukan informasi penting. Nantinya, data yang sudah diproses akan disajikan dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti seperti grafik dan plot. Pentingnya analisis data digunakan untuk product development, target tepat sasaran, menekan biaya pengeluaran, dan pemecahan masalah.

 

  1. Strategi Bisnis Digital
    • Konten Pemasaran yang Tidak Asal-Asalan

Seorang entrepreneur harus memastikan bahwa konten mereka dapat meraih sweet spot target pasar. Caranya adalah menulis artikel yang tidak saja menarik, tetapi spesifik untuk pelanggan. Dengan demikian, pelanggan merasa membutuhkan artikel tersebut dibandingkan artikel umum lainnya.

    • Hubungan Baik dengan Pelanggan dan Calon Pelanggan

Pelanggan setia harus tetap diperhatikan. Caranya adalah dengan membuat konten yang menginspirasi mereka untuk berinteraksi. Apabila pelanggan bereaksi maka seorang entrepreneur dapat memahami keinginan mereka. Pemilik bisnis pun akan semakin terkenal karena pelanggan membicarakannya dengan rekan atau kerabat.

    • Maksimalkan Sosial Media

Apapun media tersebut, baik Facebook, Twitter, atau TikTok, media tersebut harus dapat meningkatkan eksposur bisnis. Caranya adalah dengan mengunggah konten profesional yang menarik pelanggan. Media sosial merupakan perangkat terbaik untuk kesuksesan bisnisnya.

    • Situs yang Mudah Diakses

Pemilik bisnis harus dapat menjaga situs supaya rapi dan enak dipandang. Situs tersebut juga harus menampilkan gambar yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Latar belakang atau gambar utama juga harus praktis tetapi tetap menarik. Warna-warna yang terlalu banyak akan mengganggu pembaca. Perhatikan juga padu padan warna dan font supaya pembaca nyaman dalam membaca.

    • Optimasi Situs Bisnis untuk Perangkat Seluler

Pemilik bisnis harus dapat menjangkau pengguna ponsel dengan mengoptimasi situs supaya diakses dengan mudah oleh perangkat seluler. Navigasi situs yang mudah, teks yang mudah dibaca di layar kecil, dan kecepatan pemuatan halaman adalah faktor krusial yang harus diperhatikan.

 

  1. Keamanan Digital dan Privasi

Keamanan digital dan privasi saling terkait dan sangat penting untuk membangun kepercayaan di antara pengguna dan organisasi. Dalam era di mana data pribadi menjadi semakin berharga, melindungi informasi pribadi dan menjaga integritas sistem digital adalah kunci untuk memastikan keberlanjutan dan keamanan bisnis dan individu.

 

  1. Platform dan Model Bisnis Digital

Platform digital mencakup berbagai platform online tempat interaksi, transaksi, dan komunikasi terjadi, sedangkan model bisnis digital adalah strategi yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan melalui platform tersebut.

Manfaat Bisnis Digital

  1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai, bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan.
  2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data⁠, data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya.
  3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar, digital marketing adalah metode yang tepat karena Anda bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.
  4. Biaya Lebih Murah, budget yang perlu dikeluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.
  5. Meningkatkan Reputasi Brand, sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dalam sesi penjabaran materi oleh narasumber, terdapat sesi tanya jawab dengan peserta yang bernama oleh Reza Kurdiaman.

Setelah sesi penjabaran materi yang disertai sesi tanya jawab, dilakukan pemberian sertifikat untuk Bapak Muhammad Agus Fauziyansyah, S.Pd selaku narasumber dan Ibu Hera Khairunnisa, SE., M.Ak selaku moderator. Sebagai penutup kegiatan, dilakukan sesi dokumentasi moderator, narasumber, dan peserta secara bersamaan. Kegiatan Alumni Connect 22 Desember 2023 berakhir pada pukul 15.50 WIB.