Alumni Connect FE UNJ 2023 “Komunikasi Bisnis” Program S1 Pendidikan Bisnis

Pada Kamis, 21 Desember 2023 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan pembelajaran melalui program Alumni Connect FE UNJ 2023 dengan tema “Komunikasi Bisnis” yang berlangsung melalui Virtual Zoom Meetings. Kegiatan kali ini dihadiri oleh Bapak Andy, M.M selaku dosen aktif di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan juga sebagai moderator. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Raisya Mentari sebagai alumni dan juga menjadi narasumber yang akan menyampaikan materi tentang “Komunikasi Bisnis” dan juga berdiskusi dengan para peserta.

Kegiatan ini diawali dengan para peserta memasuki room zoom pada pukul 11.00 WIB. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, pengenalan moderator, dan dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh narasumber.

 

Komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu communis, communico, communicatio yang memiliki arti sama. Sama memiliki arti bahwa antara apa yang disampaikan dengan apa yang diterima bersifat sama. Menurut Wiryawan dan Noorhadi, komunikasi secara harfiah berarti hubungan, yaitu jika tersirat memiliki arti sebagai interaksi minimal oleh dua pihak. Dalam pengertian komunikasi ini memiliki cakupan bahwa dalam proses komunikasi harus ada pihak yang berkomunikasi dan sesuatu yang dikomunikasikan. Dalam penyampaian pesannya, komunikator bisa melaukan analisis audiens terlebih dahulu karena hal itu sangat penting supaya pesan yang disampaikan tepat sasaran.

Keberhasilan dalam proses komunikasi ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Komunikator
  2. Pesan
  3. Komunikan
  4. Konteks
  5. Sistem penyampaian

Selain keberhasilan dalam proses komunikasi, ada saatnya bahwa proses komunikasi tersebut mengalami kegagalan. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gangguan fisik
  2. Salah tafsir
  3. Cara penyampaian

Adapun hubungan komunikasi dengan proses pembelajaran dimana dalam proses pembelajaran juga mencakup faktor-faktor yang diperlukan dalam keberhasilan komunikasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Komunikator
  2. Pesan
  3. Saluran
  4. Komunikan

Komunikasi bisnis adalah interaksi yang terjadi antara pelaku bisnis. Arus dari komunikasi bisnis ada tiga, yaitu:

  • Komunikasi Vertikal (atas-bawah)

Yaitu komunikasi yang mengalir dari satu tingkat suatu organisasi ke tingkat yang lebih tinggi/rendah secara timbal balik.

  • Komunikasi Horizontal (sejajar)

Bentuk komunikasi ini dilakukan oleh dua pihak yang memiliki kedudukan yang sama, posisi sama, jabatan sama dalam suatu organisasi. Mereka berkomunikasi untuk menyamakan persepsi, meminta bantuan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas yang ada hubungannya dengan bagian lain yang sama.

  • Komunikasi Diagonal (berkomunikasi silang)

Bentuk komunikasi ini dilakukan oleh dua pihak yang memiliki kedudukan yang berbeda. Bentuk komunikasi ini digunakan oleh dua pihak yang mempunyai level berbeda tetapi tidak memiliki wewenang langsung kepada pihak lain, tetapi berhubungan secara fungsional.

Proses komunikasi dapat dipandang sebagai berikut:

  1. Penyampaian informasi
  2. Penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain
  3. Proses penciptaan arti terhadap gagasan

Sedangkan unsur-unsur dari komunikasi bisnis yaitu:

  1. Komunikan
  2. Pesan
  3. Media
  4. Penerima
  5. Umpan balik

Ruang lingkup komunikasi itu sangat luas seperti tidak ada batasnya. Contoh dari ruang lingkup komunikasi seperti komunikasi organisasional, bisnis, politik, budaya, internasional, keluarga, pendidikan, sampai dengan komunikasi yang tidak rasional atau komunikasi dengan makhluk gaib yang sulit untuk bisa dipercaya.

Adapun jenis-jenis saluran komunikasi, yaitu:

  • Saluran Komunikasi Personal

Terjadi apabila ada dua orang atau lebih yang berkomunikasi langsung seperti secara face to face atau melalui telepon seluler.

  • Saluran Komunikasi Non-Personal

Terjadi apabila komunikasi tidak dilakukan secara langsung, tetapi dilakukan menggunakan media seperti brosur, panflet, iklan, dan siaran-siaran televisi.

Terdapat beberapa jenis media dalam berkomunikasi, yaitu:

  • Media Visual: lukisan, foto, sinar lampu, dan media cetak
  • Media Audio: radio dan telepon
  • Media Audio Visual: televisi, DVD, dan film

Dalam berbisnis juga diperlukan keterampilan negosiasi bisnis, yaitu proses tawar menawar dengan cara perundingan untuk memberi atau menerima agar mendapatkan kesepakatan bersama mengenai suatu hal yang menjadi kepentingan bagi masing-masing pihak, baik itu individu atau kelompok.

Dalam sesi materi dan diskusi, terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Sesi tanya jawab berlangsung dengan tiga pertanyaan, yaitu dari Abdul Razzaq Aqilah Rahman, Andrew Krishna Putra, dan Kenny Jefferson Prawiro.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat kepada moderator yaitu Bapak Andy, M.M dan juga kepada Ibu Raisya Mentari selaku narasumber pada sesi kali ini. Pada saat penyerahan sertifikat dilakukan juga sesi dokumentasi bersama narasumber dan moderator. Seteleh selesai sesi penyerahan sertifikat, acara dilanjutkan dengan mengisi link absensi dan sesi dokumentasi peserta. Kegiatan Alumni Connect FE UNJ 2023 pada Kamis, 21 Desember 2023 selesai pada pukul 12.30 WIB.

 

Dokumentasi:

Berikut adalah sesi dokumentasi saat penyerahan sertifikat kepada narasumber dan moderator

 

Berikut adalah sesi dokumentasi peserta