Alumni Connect “PSAK 71” Program Studi S2 Akuntansi

Pada Sabtu, 23 Desember 2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Alumni Connect FE UNJ 2023 dengan tema “PSAK 71 ” yang diselenggarakan secara daring menggunakan Zoom meeting. Kegiatan ini dimoderatori oleh Bapak Aditya Pratama S.Pd., M.Pd. selaku dosen di Fakultas Ekonomi Universita Negeri Jakarta. Program Alumni Connect FE UNJ 2023 kali ini diselenggarakan untuk para mahasiswa Fakultas Ekonomi khususnya program studi Akuntansi, Dengan turut mengundang Bapak Ardhi Senatanama KAP yang telah menganalisis PSAK khususnya PSAK 71.

Acara dimulai pada pukul 14.20 WIB yang dibuka oleh Chinta Paramitha Wirabrata selaku Master of Ceremony yang merupakan salah satu mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi 2023. Selanjutnya, adanya sesi pengenalan moderator yakni Bapak Aditya Pratama S.Pd., M.Pd. yang kemudian dilanjut kegiatan sesi pemaparan materi oleh narasumber pada pukul 14.30 WIB

Pada awal pemaparan, Pak Ardhi selaku narasumber memaparkan perbedaan PSAK 71 dan PSAK sebelumya yaitu PSAK 55. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 71 memberi panduan tentang pengakuan dan pengukuran instrumen keuangan. Standar yang mengacu kepada International Financial Reporting Standard (IFRS) 9 ini akan menggantikan PSAK 55 yang sebelumnya berlaku. Salah satu poin penting PSAK 71 adalah soal pencadangan atas penurunan nilai aset keuangan yang berupa piutang, pinjaman, atau kredit. PSAK 71 juga mengatur tentang pengakuan, pengukuran, dan pencatatan piutang yang macet atau tidak tertagih (bad debts). Perusahaan harus membuat estimasi cadangan kerugian piutang berdasarkan risiko kredit dan performa piutang yang berpotensi tidak dapat ditagih. Cadangan kerugian piutang harus dicatat dalam laporan keuangan dan disesuaikan secara berkala.

Pada akhir sesi, Pak Ardhi mengadakan quiz mengenai PSAK 71 yang diadakan di Quizziz. Peringkat pertama di quiz tersebut mendapatkan hadiah tunai sebesar 500.000 rupiah yang sudah diberikan ke pemenang.

Dokumentasi :