Seminar & Talkshow Extra Ordinary: Membangun Wirausaha Muda Siap Menghadapi MEA

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta tahun ini kembali menggelar seminar kewirausahaan “Extra Ordinary” atau lebih dikenal dengan EO. Seminar dan talkshow Extra Ordinary tahun ini memiliki tema “Membangun wirausaha muda siap menghadapi MEA”.

Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu, 16 September 2015 ini bertempat di Lantai 9 Gedung Sertifikasi Guru, Kampus A Rawamangun Universitas Negeri Jakarta. Seminar Extra Ordinary tahun ini pun mendatangkan pembicara-pembicara serta trainer yang sudah terbukti kehandalannya di dalam dunia wirausaha. Tema serta pembicara yang merupakan pakar pun berhasil menarik minat banyak orang untuk menyaksikan acara tahunan yang sudah berlangsung selama 3 tahun belakangan ini. Bukan hanya mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Banyak juga mahasiswa-mahasiswi dari kampus lain yang datang untuk menyaksikan seminar ini. Tercatat kurang lebih 400 orang mendaftar untuk mengikuti seminar Extra Ordinary.

Menurut Ketua Pelaksana “Extra Ordinary”, Gearent Firdaus, Acara ini dimaksudkan untuk melatih para pemuda Indonesia khususnya Mahasiswa-Mahasiswi Jurusan Ekonomin dan Administrasi FE UNJ. Acara ini diharapkan dapat mempertajam insting wirausaha para pemuda dengan memanfaatkan teknologi yang mereka miliki.

Seminar Extra Ordinary ini diawali dengan seminar wirausaha yang diisi oleh Arry Rahman, seorang pebisnis yang juga merupakan seorang dosen di Universitas Indonesia. Arry yang memulai bisnisnya sejak masih belia ini membagikan pengalamannya sebagai seorang pebisnis yang juga sukses di bidang akademik. Arry berpesan dan berharap banyak orang Indonesia yang serius menekuni bisnisnya dan membuka lapangan kerja untuk orang lain sehingga secara tidak langsung meningkatkan kondisi hidu masyarakat Indonesia. Selain membagikan kisah dan pengalaman-pengalamannya, Arry pun memberikan training dan tips entrepreneurship kepada para peserta agar lebih berani dan termotifasi untuk memulai bisnis dan menghadapi bagaimana ketatnya persaingan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

IMG-20150917-WA003Usai sesi seminar, para peserta dihadirkan dua orang yang namanya sudah banyak dikenal dalam ranah bisnis kreatif. Adalah Danny Syah Aryaputra yang merupakan Chief Marketing Officer PT. Infia Media Pratama yang lebih dikenal dengan produk-produknya seperti Infia, Dagelan dan Dodolanm. Danny berkisah mengenai awal mula terlahirnya akun instagram dagelan yang pada awalnya merupakan akun buzzer dan onlineshop. Danny juga memberikan banyak pengetahuan mengenai strategi-strategi dalam berbisnis online. Selain Danny, adapula Bernhart Farras Sukandar, pebisnis berusia 19 tahun yang sempat berkuliah di Jerman ini sukses di bidang clothing melalui website nya, JIClothes.com. Pada sesi Talkshow ini kedua pembicara memberikan banyak tips-tips dan kisah-kisah yang memotiavsi untuk para peserta agar memberanikan diri membuka usaha, meskipun masih berusia muda dan “hanya” dengan modal Teknologi.

Menurut salah satu peserta seminar dan talk show “Extra Ordinary” yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Alif Aditya, acara ini sangat memotivasi serta meningkatkan semangat untuk berwirausaha. Mahasiswa baru yang mengaku memiliki ingin memiliki usaha kuliner dan warung internet (warnet) bersama teman-temannya ini berharap bahwa apa yang ia dapat dari acara ‘Extra Ordinary” ini bermanfaat selain bagi dirinya juga bagi peserta yang benar-benar memiliki minat dalam dunia bisnis.