SUPER KEEPER BATCH II TAHUN 2022

 

Hari Sabtu, 27 Agustus 2022 pukul 09.00 – 11.00 WIB. Career Development Center (CDC) FE UNJ mengadakan seminar “Prepare Your Best Self through CV ATS and Personal Branding” untuk para calon wisudawan dan wisudawati FE UNJ, agar mereka memiliki bekal mental yang kuat dan dapat mengenali serta mempersiapkan diri bagaimana menjadi wirausahawan ataupun karyawan baru yang “Super”, serta mampu membentuk citra diri yang baik dan kuat di hadapan orang lain, khususnya di lingkungan pekerjaan.

Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNJ. Dalam opening speech, Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si menyampaikan pentingnya personal branding serta pentingnya untuk mempersiapkan CV dalam dunia kerja professional.

Setelah opening speech, agenda selanjutnya, diikuti dengan penyampaian materi oleh Bapak Noveri Maulana, S.E, M.M selaku Business Coach, Mentor, dan Dosen di PPM School of Management, Jakarta, yang merupakan narasumber Super Keeper Batch II Tahun 2022. Pemaparan materi dimoderatori oleh Ibu Meta Bara Berutu, S.E., M.M, selaku Dosen Prodi S1 Bisnis Digital FE UNJ.

Dalam pemaparan materi, Bapak Noveri Maulana menyampaikan bahwa CV bukan hanya sekedar biodata namun CV merupakan bukti eksistensi diri untuk menunjukkan siapa diri Anda.

Pembahasan yang Bapak Noveri sampaikan adalah sebagai berikut:

  1. Apa itu CV dan apa bedanya dengan Resume, Portfolio, dan Biografi?
  2. Apa saja ragam bentuk CV?
  3. Memahami cara kerja ‘Applicant Tracking System’ (ATS)
  4. Memahami prinsip dasar recruitment pekerja baru
  5. Mengetahui tips dasar dalam menyusun CV yang baik
  6. Mengolah CV agar lebih sesuai dengan karakteristik ATS yang dituju

Pembahasan pertama yaitu perbedaan CV, Resume, Portofolio dan Biografi. Dimana Resume seperti biografi yang menceritakan diri dalam sebuah paragraf berbentuk sebuah narasi dengan detail dan menarik. Portofolio adalah catatan sebuah hasil karya dengan dilengkapi deskripsi pada setiap karyanya. Sedangkan Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen diri yang memuat identitas lengkap, hanya menulis poin informasi tanpa deskripsi.

Pembahasan selanjutnya adalah berkaitan dengan CV yang ATS friendly. ATS (Applicant Tracking System) merupakan salah satu sistem untuk mengelola CV pada lamaran kerja. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga menjadi sebuah inovasi dalam proses rekrutmen di perusahaan besar. ATS membantu Divisi HC/SDM untuk lebih mudah menyortir calon pelamar kerja dalam waktu singkat. Dengan bantuan artificial intelligence seperti Text Mining and Classification, ATS akan mengelompokkan pelamar kerja sesuai dengan kata kunci tertentu.

Bapak Noveri juga menyampaikan ragam CV yang populer pada saat ini diantaranya CV Standar, CV Kreatif, CV ATS Friendly, dan CV full ATS. Penggunaan CV ini disesuaikan dengan kebutuhan applicant. Bapak Noveri juga memberikan tips-tips dalam menulis CV serta kesalahan-kesalahan dalam Menulis CV.

Kegiatan ini berlangsung dengan dipenuhi antusias calon wisudawan dan wisudawati FE UNJ. Sesi tanya jawab dengan narasumber juga berlangsung dengan menarik, karena para peserta sangat aktif dan antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Acara diakhiri dengan penutupan oleh MC serta foto bersama dengan para peserta yang dipandu oleh MC.