Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

GRK.815 (2)1. Visi Program Studi

Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, memiliki keunggulan kompetitif, berdaya saing tinggi, memiliki wawasan global serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan administrasi perkantoran dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokratis dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

 2. Misi Program Studi

  1. Melaksanakan sistem pembelajaran yang profesional dengan terus mengembangkan berbagai sumber daya pembelajaran dan relevansi muatan kurikulum dengan kebutuhan dunia bisnis yang diimbangi dengan akhlak mulia, wawasan wirausaha dan wawasan global.
  2. Melaksanakan peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang profesional dengan terus mengembangkan sumber daya staf.
  3. Meningkatkan mutu proses belajar mengajar/perkuliahan baik secara akademis, konseptual maupun faktual.
  4. Meningkatkan mutu pemantauan dan evaluasi hasil/prestasi belajar mahasiswa secara lebih cermat dan berkelanjutan.
  5. Menjalin kerjasama yang baik dengan instansi pemerintah maupun dunia bisnis dalam dan luar negeri sebagai mitra kerjasama di bidang pendidikan dan bisnis yang saling menguntungkan.

3. Tujuan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran

  1. Menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional di bidang kependidikan administrasi perkantoran pada tingkat SLTP, SMU dan SMK
  2. Mempersiapkan tenaga ahli dan terampil untuk mendidik calon wirausaha di bidang administrasi perkantoran

 4. Profil Lulusan

Profil dan profesi lulusan program studi yang diharapkan sesuai KKNI adalah sebagai berikut:

  1. Guru Administrasi Perkantoran SMK
  2. Peneliti Bidang Pendidikan
  3. Administrator
  4. Wirausaha
  5. Manajerial Bidang Administrasi Perkantoran

 5. Capaian Pembelajaran Program Studi(PLO)

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran memiliki Capaian Pembelajaran yang berbeda dengan program studi yang berdekatan secara keilmuan seperti Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi Koperasi dan Pendidikan Tata Niaga. Beberapa perbedaan diantaranya program studi adalah sebagai berikut:

  1. Analisis Muatan Kompentensi Dasar Admistrasi perkantoran fokusnya adalah untuk penguasaan alatalat perkantoran dilingkungan perkantoran.
  2. Analisis Standar Kompetensi Lulusan, kompetensi inti dan kompetensi dasar sehingga implementasi dalam berbagai strategi pembelajaran akan berbeda termasuk dalam menuangkan dalam pembuatan RPP. Pembekalan khusus terkait dengan kemampuan professional yang berbeda sesuai dengan karakteristik program studi.

  6. Gelar Lulusan

Program Studi pendidikan Administrasi Perkantoran adalah Prodi yang siap melahirkan tenagatenaga profesional, baik sebagai pendidik maupun non tenaga pendidikan yang terampil. Tenaga pendidik profesional bergelar S.Pd (Sarjana Pendidikan), khususnya tenaga pendidik di SMK jurusan/kompetensi keahlian Administrasi perkantoran

Disamping itu, para lulusan juga berkesempatan menjadi tenaga ahli diluar pendidikan dan mampu melaksanakan kegiatan Perkantoran secara profesional, memiliki kompetensi kepribadian dan sosial yang menjadi modal dasar dalam melaksanakan kegiatan wirausaha.

Dari program studi ini, diharapkan lulusan

1) mampu berkomunikasi secara efektif baik dalam dunia pendidikan maupun bisnis;

2) mampu berbahasa Inggris dalam bidang pendidikan dan bisnis;

3) mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi; dan

4) mampu mengembangkan diri untuk berpikir secara logis dan analitis untuk mnyelesaikan permasalahan secara profesional.

 7. Akreditasi Program Studi

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran terakreditasi dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No.1117/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019, tanggal 23 April 2019. Sdengan masa berlaku sampai 23 April 2024. Sertifikat BAN-PT S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

 8. Daftar Nama Dosen

No Nama Dosen NIP
1 Darma Rika Swaramarinda, M.S.E.l 19830324200912200
2 Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus 196712071992031001
3 Dra. Rr. Ponco Dewi Karyaningsih, M.M. 195904031984032001
4 Prof. Dr. Syarifudin Tippe, M.Si 195306072011061001
5 Umi Widyastuti, SE., M.E. 197612112000122001
6 Dewi Nurmalasari, S.Pd., M.M. 198101142008122002
7 Nuryetty Zain, M.M. 195502221986022001
8 Dr. Osly Usman, M.Bus 197401152008011008
9 Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM 8833750017

 9. Metode Penilaian

Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, kuis, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan praktik. Sementara pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

Standar Penilaian baru mulai 104