Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

GRK.815 (2)1. Visi Program Studi

Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, memiliki keunggulan kompetitif, berdaya saing tinggi, memiliki wawasan global serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan administrasi perkantoran dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokratis dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

 2. Misi Program Studi

  1. Melaksanakan sistem pembelajaran yang profesional dengan terus mengembangkan berbagai sumber daya pembelajaran dan relevansi muatan kurikulum dengan kebutuhan dunia bisnis yang diimbangi dengan akhlak mulia, wawasan wirausaha dan wawasan global.
  2. Melaksanakan peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang profesional dengan terus mengembangkan sumber daya staf.
  3. Meningkatkan mutu proses belajar mengajar/perkuliahan baik secara akademis, konseptual maupun faktual.
  4. Meningkatkan mutu pemantauan dan evaluasi hasil/prestasi belajar mahasiswa secara lebih cermat dan berkelanjutan.
  5. Menjalin kerjasama yang baik dengan instansi pemerintah maupun dunia bisnis dalam dan luar negeri sebagai mitra kerjasama di bidang pendidikan dan bisnis yang saling menguntungkan.

3. Tujuan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran

  1. Menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional di bidang kependidikan administrasi perkantoran pada tingkat SLTP, SMU dan SMK
  2. Mempersiapkan tenaga ahli dan terampil untuk mendidik calon wirausaha di bidang administrasi perkantoran
  • Profil Lulusan

Profil dan profesi lulusan program studi yang diharapkan sesuai KKNI adalah sebagai berikut:

  1. Guru Administrasi Perkantoran SMK
  2. Peneliti Bidang Pendidikan
  3. Administrator
  4. Wirausaha
  5. Manajerial Bidang Administrasi Perkantoran
  •  Capaian Pembelajaran Program Studi(PLO)

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran memiliki Capaian Pembelajaran yang berbeda dengan program studi yang berdekatan secara keilmuan seperti Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi Koperasi dan Pendidikan Tata Niaga. Beberapa perbedaan diantaranya program studi adalah sebagai berikut:

  1. Analisis Muatan Kompentensi Dasar Admistrasi perkantoran fokusnya adalah untuk penguasaan alatalat perkantoran dilingkungan perkantoran.
  2. Analisis Standar Kompetensi Lulusan, kompetensi inti dan kompetensi dasar sehingga implementasi dalam berbagai strategi pembelajaran akan berbeda termasuk dalam menuangkan dalam pembuatan RPP. Pembekalan khusus terkait dengan kemampuan professional yang berbeda sesuai dengan karakteristik program studi.
  •  Gelar Lulusan

Program Studi pendidikan Administrasi Perkantoran adalah Prodi yang siap melahirkan tenagatenaga profesional, baik sebagai pendidik maupun non tenaga pendidikan yang terampil. Tenaga pendidik profesional bergelar S.Pd(sarjana pendidikan), khususnya tenaga pendidik di SMK jurusan/kompetensi keahlian Administrasi perkantoran

Disamping itu, para lulusan juga berkesempatan menjadi tenaga ahli diluar pendidikan dan mampu melaksanakan kegiatan Perkantoran secara profesional, memiliki kompetensi kepribadian dan sosial yang menjadi modal dasar dalam melaksanakan kegiatan wirausaha.

Dari program studi ini, diharapkan lulusan

1) mampu berkomunikasi secara efektif baik dalam dunia pendidikan maupun bisnis;

2) mampu berbahasa Inggris dalam bidang pendidikan dan bisnis;

3) mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi; dan

4) mampu mengembangkan diri untuk berpikir secara logis dan analitis untuk mnyelesaikan permasalahan secara profesional.

  • Metode Penilaian

Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, kuis, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan praktik. Sementara pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

Standar Penilaian baru mulai 104

  • Kurikulum
  1. Pendidikan Administrasi Perkantoran Mempunyai Struktur Kurikulum sebagai berikut:

Pelaksanaan proses belajar mengajar program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran  menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dengan KKNI sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Mahasiswa dapat menyelesaikan dengan menempuh minimal 144 SKS. Mata Kuliah Wajib 100 SKS, dan  Mata Kuliah Pilihan 44 SKS  dengan Jumlah Total 144 SKS.

Jenis MK Pend AP Tabel Kelompok MK Pend. AP

 1. Sebaran Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran

KEL KODE NAMA MATA KULIAH SKS SEMESTER KET
1 2 3 4 5 6 7 8  
MKU(13 SKS)  00051122 Pancasila 2                
00051062 Pendidikan Kewarganegaraan 2                
00051132 Bahasa Inggris 2                
00052033 Pendidikan Agama 3                
00051142 Bahasa Indonesia 2                
00051262 ISBD 2                
      13                  
 MKDK(12 SKS)     00053074 Landasan Kependidikan 4                
  Sistem Pendidikan 2                
00052102 Perkembangan Peserta Didik 2                
00052144 Teori Belajar dan Pembelajaran 4                
      12                  
  MKBK (107 SKS)     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

80050023 Matematika Ekonomi 3                
80050033 Statistika Ekonomi 1 3                
80050053 Pengantar Aplikasi Komputer 3                
80050063 Pengantar Ekonomi 1 3                
80050073 Pengantar Ekonomi 2 3               80050063
80050083 Pengantar Akuntansi 1 3                
80050093 Pengantar Manajemen 3                
80050103 Pengantar Bisnis 3                
81053203 Perpajakan 3                
81650072 Statistik Ekonomi II 2                
81651222 Manajemen Database **) 2                
81651232 Interpersonal Employee Relatios 2                
81053102 Bank dan Lembaga Keuangan 2                
81053302 Hukum Perdata dan Dagang 2                
81053403 Bahasa Inggris Bisnis 3               00051132
81650062 DasarDasar I P S 2                
81651012 Peng. Dan Praktek Mengetik Manual dan  2                
81651022 Koresponden Bahasa Indonesia 2                
81651032 Komunikasi 2                
81651042 Public Relation 2                
81651052 Stenografi Bahasa Indonesia 2                
81651062 Ilmu Organisasi 2                
81050032 Manajemen Perkantoran 2                
81651083 Manaj. Kearsipan & Dokumentasi 3                
81651092 Stenografi Bahasa Inggris 2                81651852
81651102 Etika Bisnis 2                
81653142 Manajemen Sumber Daya Manusia 2                
81651123 Koresponden Bahasa Inggris 3                81651022
81651133 Kesekretarisan 3                
81651142 Manajemen Strategi 2                
81651152 Kepemimpinan 2                
81651162 Komputer  Administrasi 2                81651012
81651172 Manajemen Keuangan 2                
81651182 Sistem Informasi Manajemen 2                
81651192 Teknologi Perkantoran 2                
81651202 Sistem Analisa Administrasi 2                
81651242 English For Academic **)  2                
81053412 Perbankan Syariah**) 2                
80050013 Kewirausahaan 3                
80050112 Praktek Kerja Lapangan 2                
80054102 Metode Penelitian 2                
81650092 Pendalaman Metodologi Penelitian 2               81650082
80054111 Seminar Usulan Penelitian 1                
80054121 Seminar Hasil Penelitian 1               80054111
80054024 Skripsi  4                
81651252 Pengembangan Diri **) 2                
80059011 Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 1                
00053002 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2                
00052002 Filsafat Ilmu 2                
      107                  
 MPK(14 SKS)    81650013 Perencanaan Pengajaran 3                
81650023 Evaluasi Pendidikan 3               81650013
81650034 Strategi Belajar Mengajar 4               81650013 &81650023
81650052 Kajian Kurikulum SMA/SMK  2                
81050042 Praktek Keterampilan Mengajar  2                
      14                  

 

Kompetensi lulusan S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran  berada pada level 6 KKNI, berupa kemampuan sebagai berikut:

(1) mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ipteks pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi,

(2) menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural,

(3) mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok, dan

(4) bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Lulusan S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran harus memiliki kemampuan antar lain: mengaplikasikan aktivitas bidang Administrasi Perkantoran dengan memanfaatkan temuan ipteks dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi; menguasai teori Administrasi, khususnya Administrasi Perkantoran serta memecahkan masalah yang dihadapi secara prosedural; mengambil keputusan yang tepat baik dalam posisinya sebagai individu maupun kelompok; dan bertanggungjawab atas tercapainya tujuan organisasi. Berbagai kemampuan tersebut harus tercover dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.