Capaian Pembelajaran

Level KKNI No. CP Capaian Pembelajaran Program Studi
Sikap S-1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S-2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S-3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S-4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S-5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S-6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S-7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S-8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S-9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S-10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum K-1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan berintegritas  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang pendidikan dan administarsi perkantoran
K-2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
K-3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan keahliannya
K-4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
K-5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan administrasi perkantoran
K-6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
K-7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan
K-8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
K-9 Mampu melakukan proses berkomunikasi dan bernegosiasi secara jujur, peduli dan bertanggungjawab terhadap pekerjaan di  bidang pendidikan dan adminnistrasi perkantoran
Penguasaan Pengetahuan P-1 Memahami konsep pedagogik mulai dari perencanaan sampai evaluasi pembelajaran administrasi perkantoran
P-2 Memiliki pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola proses pembelajaran dan menyelesaikan pekerjaan lainnya.
P-3 Menguasai konsep dasar bidang administrasi dan manajemen perkantoran dalam mengelola dan menciptakan informasi yang berguna bagi kemajuan organisasi.
P-4 Menguasai konsep public relation dalam menciptakan good will, saling pengertian, dan citra baik dari masyarakat.
P-5 Menguasai konsep manajerial dalam mengelola kantor, event dan kegiatan kantor lainnya
P-6 Memiliki pemahaman wirausaha dengan berbagai karakter positif, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan peluang-peluang usaha menjadi kesempatan usaha yang menguntukan dirinya dan masyarakat atau konsumennya.
Keterampilan Khusus

Pendidik Bidang Administrasi Perkantoran

KK-1 Mampu mengimplentasikan RPP, silabus, prota dan prosem sesuai mata pelajaran yang diampunya.
KK-2 Mampu memilih, merancang dan melaksanakan asesmen sesuai mata pelajaran yang diampu.
KK-3 Mampu menganalisis dan mengimplementasikan kurikulum yang inovatif sesuai dengan eranya dan mengkaji dampak positif dan negatif dari kurikulum sebelumnya.
KK-4 Mampu menciptakan situasi proses belajar mengajar di kelas menjadi menyenangkan dan menerapkan berbagai metode, media, materi, model pembelajaran yang inovatif.
KK-5 Mampu mengimplementasikan seluruh kemampuan di atas dalam proses belajar mengajar di kelas dengan pendekatan Project Base Learning dan Problem Base Learning dengan memanfaatkan IPTEKS.
KK-6 Mampu membuat penelitian tindakan kelas sesuai dengan metodologi penelitian yang benar dan tepat dan mengimplementasikan hasil penelitian tindakan kelas.
Office Administrator KK-7 Terampil memanfaatkan IPTEKS dalam mengolah dokumen, menciptakan informasi manajemen bidang perkantoran.
KK-8 Mampu memberikan solusi terhadap permasalahan administrasi perkantoran sehingga menjadi lebih efisien dan efektif.
KK-9 Mampu mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen perkantoran dalam mengelola dan mengembangkai berbagai aktivitas yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital.
Public Relations Officer KK-10 Mampu mengimplementasikan konsep dasar sistem informasi manajemen dalam pengunaan pada berbagai masalah dan pengambilan keputusan.
KK-11 Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kreatif, mampu menjembatani atau mengkomunikasikan program perusahaan kepada stakeholders dengan memanfaatkan teknologi digital.
Sekretaris Eksekutif KK-12 Mampu mengimplementasikan konsep kesekretarisan dalam mengelola administrasi kantor, menyiapkan materi dan informasi untuk pimpinan serta pengambilan keputusan.
KK-13 Terampil memanfaatkan IPTEKS dalam menjalankan fungsi-fungsi kesekretarisan, berkomunikasi dengan baik dan berkolaborasi dengan teman sejawat dalam pemanfaatan dunia digital juga termasuk mengelola tim secara virtual.
Wirausahawan KK-14 Memiliki ide kreatif dan inovatif dalam merancang dan menciptakan peluang usaha dengan kemampuan manajemen perkantoran yang dimilikinya, sehingga dapat berperan sebagai creator, mediator, atau fasilitator suatu usaha.
KK-15 Terampil memanfaatkan IPTEKS dalam merancang dan menciptakan peluang usaha dengan kemampuan manajemen perkantoran bebasis digital.
KK-16 Terampil menerapkan manajemen strategis dalam berwirausaha, manejemn keuangan, termasuk menyusun rencana pemasaran digital yang inovatif dan komunikatif.