Level KKNI | No. CP | Capaian Pembelajaran Program Studi |
Sikap | S-1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S-2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika | |
S-3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila | |
S-4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |
S-5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | |
S-6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |
S-7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | |
S-8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |
S-9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | |
S-10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | |
Keterampilan Umum | K-1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan berintegritas dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang pendidikan dan administarsi perkantoran |
K-2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur | |
K-3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan keahliannya | |
K-4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
K-5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan administrasi perkantoran | |
K-6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya | |
K-7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan | |
K-8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri | |
K-9 | Mampu melakukan proses berkomunikasi dan bernegosiasi secara jujur, peduli dan bertanggungjawab terhadap pekerjaan di bidang pendidikan dan adminnistrasi perkantoran | |
Penguasaan Pengetahuan | P-1 | Memahami konsep pedagogik mulai dari perencanaan sampai evaluasi pembelajaran administrasi perkantoran |
P-2 | Memiliki pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola proses pembelajaran dan menyelesaikan pekerjaan lainnya. | |
P-3 | Menguasai konsep dasar bidang administrasi dan manajemen perkantoran dalam mengelola dan menciptakan informasi yang berguna bagi kemajuan organisasi. | |
P-4 | Menguasai konsep public relation dalam menciptakan good will, saling pengertian, dan citra baik dari masyarakat. | |
P-5 | Menguasai konsep manajerial dalam mengelola kantor, event dan kegiatan kantor lainnya | |
P-6 | Memiliki pemahaman wirausaha dengan berbagai karakter positif, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan peluang-peluang usaha menjadi kesempatan usaha yang menguntukan dirinya dan masyarakat atau konsumennya. | |
Keterampilan Khusus
Pendidik Bidang Administrasi Perkantoran |
KK-1 | Mampu mengimplentasikan RPP, silabus, prota dan prosem sesuai mata pelajaran yang diampunya. |
KK-2 | Mampu memilih, merancang dan melaksanakan asesmen sesuai mata pelajaran yang diampu. | |
KK-3 | Mampu menganalisis dan mengimplementasikan kurikulum yang inovatif sesuai dengan eranya dan mengkaji dampak positif dan negatif dari kurikulum sebelumnya. | |
KK-4 | Mampu menciptakan situasi proses belajar mengajar di kelas menjadi menyenangkan dan menerapkan berbagai metode, media, materi, model pembelajaran yang inovatif. | |
KK-5 | Mampu mengimplementasikan seluruh kemampuan di atas dalam proses belajar mengajar di kelas dengan pendekatan Project Base Learning dan Problem Base Learning dengan memanfaatkan IPTEKS. | |
KK-6 | Mampu membuat penelitian tindakan kelas sesuai dengan metodologi penelitian yang benar dan tepat dan mengimplementasikan hasil penelitian tindakan kelas. | |
Office Administrator | KK-7 | Terampil memanfaatkan IPTEKS dalam mengolah dokumen, menciptakan informasi manajemen bidang perkantoran. |
KK-8 | Mampu memberikan solusi terhadap permasalahan administrasi perkantoran sehingga menjadi lebih efisien dan efektif. | |
KK-9 | Mampu mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen perkantoran dalam mengelola dan mengembangkai berbagai aktivitas yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital. | |
Public Relations Officer | KK-10 | Mampu mengimplementasikan konsep dasar sistem informasi manajemen dalam pengunaan pada berbagai masalah dan pengambilan keputusan. |
KK-11 | Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kreatif, mampu menjembatani atau mengkomunikasikan program perusahaan kepada stakeholders dengan memanfaatkan teknologi digital. | |
Sekretaris Eksekutif | KK-12 | Mampu mengimplementasikan konsep kesekretarisan dalam mengelola administrasi kantor, menyiapkan materi dan informasi untuk pimpinan serta pengambilan keputusan. |
KK-13 | Terampil memanfaatkan IPTEKS dalam menjalankan fungsi-fungsi kesekretarisan, berkomunikasi dengan baik dan berkolaborasi dengan teman sejawat dalam pemanfaatan dunia digital juga termasuk mengelola tim secara virtual. | |
Wirausahawan | KK-14 | Memiliki ide kreatif dan inovatif dalam merancang dan menciptakan peluang usaha dengan kemampuan manajemen perkantoran yang dimilikinya, sehingga dapat berperan sebagai creator, mediator, atau fasilitator suatu usaha. |
KK-15 | Terampil memanfaatkan IPTEKS dalam merancang dan menciptakan peluang usaha dengan kemampuan manajemen perkantoran bebasis digital. | |
KK-16 | Terampil menerapkan manajemen strategis dalam berwirausaha, manejemn keuangan, termasuk menyusun rencana pemasaran digital yang inovatif dan komunikatif. |