Rencanan Strategi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
No | Sasaran | Baseline | Target | Strategi | ||||
2018-2020 | 2021-2023 | 2024-2025 | ||||||
1. | Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing lulusan.
|
a. Peningkatan kualifikasi dosen
|
50% | 70% | 80 % | 90 % | 1. Mengirim dosen untuk studi lanjut S3 (tugas/izin belajar) sesuai dengan bidang keahliannya, minimal 1 orang setiap tahunnya.
2. Penyediaan informasi dan akses bagi berbagai pelatihan/workshop yang dapat diterapkan dalam pencapaian tujuan prodi. 3. Diupayakan agar setiap semester, prodi dapat mengirimkan utusannya mengikuti pelatihan. |
|
b. Peningkatan kompetensi dosen
|
70 % | 80 % | 90 % | 100 % | 1. Mendorong dosen memeroleh sertifikasi kompetensi professional
2. Mengikuti workshop Pengembangan sistem pembelajaran berbasis Student Center Learning (SCL). 3. Workshop penulisan buku ajar/diktat kuliah sebagai panduan belajar mahasiswa. |
|||
c. Peningkatan daya saing lulusan | Rata-rata IPK ≥ 3,47
|
Rata-rata IPK ≥ 3,50 | Rata-rata IPK ≥ 3,60 | Rata-rata IPK ≥ 3,75 | 1. Perbaikan dan pengembangan proses pembelajaran berbasis IT. Saat ini telah tersedia program e-learning.
2. Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran (Lab Komputer, Ruang Microteaching, Ruang Simulasi Perkantoran, Inkubator kewirausahaan). 3. Penyediaan Media Pembelajaran 4. Menyediakan layanan konseling bagi mahasiswa yang bermasalah melalui proses kepenasehatan akademik |
|||
d. Rerata lama studi | 4 thn | 3 thn 10 bln | 3 thn
8 bln |
3 thn 5 bln | 1. Meningkatkan layanan konsultasi akademik oleh dosen secara face to face. Saat ini beberapa dosen menerapkan metode coaching, sehingga lebih meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
2. Memantau kemajuan belajar mahasiswa. 3. Melakukanpenelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa minimal satu kali dalam setahun. 4. Merancang kurikulum yang komprehensif yang mampu ditempuh mahasiswa paling cepat semester 7 (semester 8 untuk tugas akhir) 5. Menyediakan dan memfasilitasi layanan dan konseling bagi mahasiswa bermasalah melalui UPT LKPM.
|
|||
e. Lama masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama | 3 bln | 2 bln | 1 bln | 1 bln | 1. Mendorong mahasiswa melakukan kegiatan non-akademik (ekstrakurikuler)
2. Pembekalan mahasiswa tentang kepemimpinan, kewirausahaan, TIK, dan Bahasa Inggris. 3. Kerja sama program studi dengan stakeholders untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan tenaga kerja (SMK Perkantoran baik negeri dan swasta maupun instansi lain) 4. Memanfaatkan jaringan alumni untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.
|
|||
2 | Jumlah hasil penelitian oleh dosen/penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa. | 26 buah | 28 buah | 30 buah | 34 buah | 1. Pemberian pelatihan dan merefresh pemahaman dosen PS tentang penelitian.
2. Menyediakan akses penelitian yang bersumber dari hibah nondikti.
|
||
3 | Jumlah publikasi ilmiah pada jurnal nasional | 12 buah | 15 buah | 20 buah | 30 buah | 1. Workshop penulisan artikel jurnal nasional serta tatacara publikasi hasil penelitian pada jurnal nasional
2. Menjalin kerjasama dengan lembaga lain untuk memeroleh penelitian.
|
||
4 | Jumlah publikasi ilmiah pada jurnal Internasional | 4 buah | 6 buah | 8 buah | 10 buah | 1. Workshop penulisan artikel jurnal international serta tatacara publikasi hasil penelitian pada jurnal internasional
2. Memberikan pelatihan tentang tata cara penulisan guna menghindari plagiasi
|
||
5 | Jumlah buku yang dipublikasikan (ISBN) | 2 buah | 6 buah | 8 buah | 10 buah | 1. Workshop penulisan buku dengan dana universitas (program penulisan buku ajar)
2. Mendorong dosen PS untuk mengikuti hibah penulisan buku ajar yang diadakan oleh DIKTI dengan cara mengunduh pengumuman dari laman DIKTI.
|
||
6 | Jumlah perolehan HAKI | 2 buah | 4 buah | 5 buah | 6 buah | Melakukan pelatihan tentang penelitian yang berorientasi HAKI | ||
7 | Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa | 10 buah | 12 buah | 15 buah | 1. Memberikan akses dana hibah PNPB pengabdian yang di koordinir oleh fakultas.
2. Mendorong dosen untuk mengajukan proposal pengabdian yang didanai oleh DIKTI dan DPPM UNM. 3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang membutuhkan keahlian administrasi/manajemen perkantoran. 4. Melakukan pelayanan kepada masyarakat/guru SMK Khususnya paket keahlian perkantoran berupa konsultasi dan pelatihan untuk pengembangan profesi.
|
|||
8 | Penghargaan yang di peroleh civitasakademika (Dosen dan Mahasiswa) | Dosen
|
5 buah | 7 buah | 10 buah | Mendorong dosen untuk mengikuti kompetisi-kompetisi yang relevan (hibah dikti, dosen berprestasi, dll) | ||
Mahasiswa | 4 buah | 6 buah | 8 buah | 1. Peningkatan kegiatan baik intra maupun ekstrakurikuler
2. Mahasiswa berprestasi lomba karya tulis ilmiah, serta program penghargaan oleh berbagai lembaga)
|
||||
9 | Kerjasama dengan lembaga lain | 10 buah | 15 buah | 20 buah | 25 buah | 1. Meluaskan jejaring lembaga dengan berbagai pihak baik lokal, regional, nasional dan internasional.
2. Membangun inisiatif kerja sama dengan lembaga lain baik lokal, regional, nasionaldan internasional.
|
||
10 | Peningkatan jalinan kerjasama dengan alumni | 5 paket | 10 paket | 20 | 30 paket | 1. Updating data base alumni tiap semester
2. Mengaktifkan komunikasi dengan alumni melalui internet (facebook, twitter, Whats App, line dan Website) 3. Alumni menjadi partner dalam perekrutan Maba, informasi lowongan kerja, sumbangan dana, magang, penyediaan fasilitas, pengembangan jejaring pada kegiatan PS (akademik dan nonakademik) |