One Lecturer One Book

One Lecturer One Book

One Lecturer One Book

Writing Camp: One Lecture One Book FE-UNJ 2018

Bertempat di Grand Mulya Bogor Resort & Convention Hotel Bogor-Jawa Barat, 29-31 Agustus 2018, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE-UNJ) menggelar kegiatan Writing Camp: One Lecture One Book dan HAKI (OLOB HAKI). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan, dan memfasilitasi para dosen menulis buku teks atau buku ajar berkualitas. Setelah program “one lecture one scopus” yang mengharuskan setiap dosen mempublikasikan minimal 1 artikel di jurnal internasional terindeks Scopus sukses, FE-UNJ kembali mengadakan kegiatan OLOB HAKI 2018 atau satu dosen satu buku dan HAKI. Kegiatan yang menjadi kebijakan utama Dekanat FE-UNJ ini, juga dimaksudkan agar semakin banyak dosen di FE-UNJ menulis dan menerbitkan buku ajar atau buku teks. Buku ajar atau buku teks yang diterbitkan oleh dosen, selanjutnya akan diajukan ke Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) untuk mendapatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), khususnya Hak Cipta.

IMG-20180831-WA0046

Dekan FE-UNJ, Dr Dedi Purwana ES, M.Bus, dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan OLOB HAKI 2018 bertujuan: Pertama, meningkatkan keterampilan dosen dalam menulis buku ajar yang bersumber dari hasil penelitian atau riset, dan sesuai dengan kriteria hibah buku ajar Kemenristekdikti. Kedua, meningkatkan kualitas buku ajar dosen sehingga dapat diterbitkan dan diajukan ke Kemenkum HAM untuk mendapatkan HAKI, dan Ketiga, mempererat kerjasama antar dosen yang menulis buku ajar sejenis atau sebidang. “Saya sangat berharap OLOB HAKI 2018 ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan jumlah buku yang diterbitkan dan mendapat HAKI,” tutur Dr. Dedi Purwana ES M. Bus. Ditemui di ruang terpisah, Dekan FE-UNJ berharap kegiatan OLOB HAKI ini tidak hanya berhenti di tahun 2018, tetapi juga berlanjut selepas pada tahun-tahun selanjutnya. Senada dengan Dekan FE-UNJ, Wakil Dekan I FE-UNJ, Setyo Ferry Wibowo, M.Si akan mendukung dan mengawal program OLOB HAKI agar sesuai dengan target dan berkontribusi pada peningkatan kinerja FE di bidang HAKI sesuai dengan Kontrak Kinerja Dekan FE dengan Rektor UNJ.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut menghadirkan narasumber, yaitu Prof. Soenarto, MA.,P.hD dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rahmawati, M.Si, AK dari Universitas Sebelas Maret Solo, dan Miftachul Huda, M.Si direktur penerbit Samudra Biru Yogyakarta. Meski dilaksanakan selama tiga hari, peserta kegiatan yang merupakan dosen-dosen FE-UNJ, sangat antusias dan menghasilkan sebanyak 31 draf buku ajar. Diharapkan, draf buku ajar ini segera bisa diterbitkan dan diajukan ke Kemenkum HAM untuk mendapat HAKI.

IMG-20180831-WA0049

IMG-20180831-WA0050 IMG-20180831-WA0048 IMG-20180831-WA0045