SEMINAR CAREER CHOICE (Kerja Sama Antara Program Studi Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Dengan SMKN 50 Jakarta)

Sabtu 13 Januari jam 11.00 sampai dengan jam 12.00 Program Studi Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta bekerja sama dengan SMKN 50 Jakarta mengadakan seminar nasional dalam rangka mempersiapkan siswa dan siswi SMKN 50 Jakarta dalam perencanaan dan penentuan karir setelah lulus dari sekolah . Seminar virtual yang berlangsung sekitar satu jam tersebut berlangsun secara khidmat dan sangat meriah dengan nara sumber yang sangat berkompeten dalam bidang human relation dan manajemen. Tidak lupa sebelum acara inti dimulai terdapat sambutan dari wakil Dekan bidang kemahasiswaan yaitu Dr. Indra Pahala, M.Si serta sambutan dari kepala sekolah SMKN 50 Jakarta yaitu ibu Meydalisna

Keynote speaker dalam seminar tersebut adalah Dr. Widya Parimita, SE., M.P.A., sebagai perwakilan dari dosen Program Studi Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Dalam pemaparan materinya Dr. Widya Parimita, SE., M.P.A., menyampaikan materi yang berjudul career pathway plan yang berisi bagaimana cara yang tepat yang dapat dilakukan seseorang dalam merencanakan karirnya. Dalam pemaparan materinya Dr. Widya Parimita, SE., M.P.A., menjelaskan beberapa hal penting dalam perencanaan karir seseorang, diantaranya adalah career planning. Dalam pembuatan planning dalam karir seseorang tentunya orang tersebut haruslah memiliki planning karir yang sudah disesuaikan dengan kemampuan, ketertarikan serta keterampilannya. Karena karir yang berlandaskan atas kemampuan dan ketertarikan seserang akan jauh lebih mudah dijalani dari pada perencanaan karir yang dilakukan hanya karena hype atau trend semata. Selanjutnya Dr. Widya Parimita, SE., M.P.A., juga menjelaskan langkah dalam melakukan perencanaan karir. Langkah tersebut adalah :

  1. Talk with some pros (Bicaralah dengan beberapa profesional )
  2. Aptitude Test and Course ( Tes Bakat dan Kursus )
  3. Internship ( Magang )
  4. Visit Career Day ( mengunjungi career day )

 

Dengan adanya beberapa step yang telah disampaikan maka hal ini akan sangat mempermudah para calon lulusan SMK dalam menghadapi masa depan serta dapat memiliki bekal yang lebih untuk melakukan proyeksi terhadap masa depan dan juga karirnya. Dalam seminar tersebut Dr. Widya Parimita, SE., M.P.A., juga menyemangati para peserta didik untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap rintangan dalam memeperoleh masa depannya.

Dalam seminar ini terlihat banyak sekali tanggapan positif dari kalangan SMKN 50 baik itu dari siswa, guru dan juga kepala sekolah SMKN 50 Jakarta. Karena kepala sekolah SMKN 50 jakarta menyampaikan bahwa ketika siswa SMK lulus. Maka siswa memiliki pilihan pilihan yang disingkat kedalam B.M.W. B adalah bekerja, M adalah Melanjutkan Study, dan W adalah berwirausaha. Dengan adanya penambahan wawasan dari Universitas Negeri Jakarta diharapkan para siswa dapat menjalankan keinginannya setelah lulus. Tidak hanya dalam Pendidikan saja tetapi dalam hal berwirausaha, dan bekerja juga.

Seminar career choice ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang siswa tingkat akhir SMKN 50 Jakarta serta para guru dan tenaga pendidik di SMKN 50 Jakarta. Seminar berjalan begitu menarik dan meriah karena peserta yang berperan akif bertanya kepada pembicara mengenai berbagai macam hal di dunia perencanaan karir. Serta terdapat sisipan pertanyaan mengenai ketertarikan siswa terhadap perencanaan karir dan masa depannya yang dilakukan oleh pembicara. Dengan terciptanya seminar seperti ini maka pihak Universitas Negeri Jakarta dan SMKN 50 Jakarta berharap dapat membantu meningkatkan wawasan dan kesiapan para generasi muda dalam berkompetisi didalam dunia kerja.