Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi

GRK.815 (2)1. Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Pendidikan Ekonomi penghasil sumber daya manusia professional yang berakhlak mulia, berdaya saing tinggi yang memiliki wawasan global, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan ekonomi tahun 2022.

2. Misi Program Studi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang profesional dengan ketrampilan abad 21, melalui pengembangan SDM tenaga pendidik dan kependidikan, pengembangan kurikulum berwasasan kewirausahaan dan global.
  2. Melaksanakan peningkatan mutu Tri Darma Perguruan Tinggi secara terus-menerus.
  3. Melakukan kerjasama dengan pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan perkoperasian.
  4. Meningkatkan mutu pantauan dan evaluasi hasil / prestasi belajar mahasiswa secara lebih cermat dan berkelanjutan.
  5. Menjalankan sistem manajemen mutu berkelanjutan berdasarkan Sistem Penjaminan Mutu UNJ.

 3. Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. Guru SMA/SMK
  2. Peneliti
  3. Tenaga Kependidikan
  4. Manajerial
  5. Wirausaha
  6. Pengelola Laboratorium
  7. Peneliti Bidang Pendidikan

 4. Capaian Pembelajaran Program Studi(PLO)

Mampu merencanakan, mengevalusi dan menciptakan konsep dan model pembelajaran Bidang Pendidikan Ekonomi Koperasi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Secara rinci capaian pembelajaran program studi adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang mendidik;
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang efektif;
  3. Menguasai perencanaan dan pengembangan kurikulum;
  4. Menguasai langkah-langkah pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang efektif;
  5. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan internal dan eksternal;
  7. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim;
  8. Menguasai hakikat profesi pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
  9. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan dasar mendukung pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi di SMA/SMK;
  10. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pendukung (tools) keilmuan yang mendukung pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansiSMA/SMK;
  11. Mampu mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategi pembelajaran;
  12. Bertanggungjawab dan memiliki komitmen sebagai pendidik;
  13. Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru pendidikan ekonomi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
  14. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

 5. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd)

 6. Akreditasi Program Studi

Program Studi Pendidikan Ekonomi terakreditasi dengan nilai A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No.447/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014, tanggal 15 November 2014. SK BAN-PT nomor 447 dengan masa berlaku sampai 14 November 2019. Sertifikat BAN-PT S-1 Pendidikan Ekonomi

 7. Dosen Pendidikan Ekonomi

No Nama NIP
1 Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd 198903242019031009
2 Agus Wibowo, S.Pd.I., M.Pd 198202172015041001
3 Dr. Ari Saptono, M.Pd 197207152001121001
4 Dicky Iranto, SE., M.Si 197106122001121001
5 Herlitah, MEC.Dev 198401062014042002
6 Dr. Karuniana Dianta A. S., S.IP., M.E. 198009242008121002
7 Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si 195807221986032001
8 Dr. Sri Indah Nikensari, M.Si 196208091990032001
9 Suparno, S.Pd., M.Pd 197908282014041001
10 Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak 197705172010121002
11 Ati Sumiati, MM 197906102008012028
12 Erika Takidah, S.E., M.Si 197511112009122001
13 Santi Susanti, S.Pd., M.Ak 197701132005012002
14 Dra. Sri Zulaihati, M.Si 196102281986022001
15 Susi Indriani, SE., M.S.Ak. 197608202009122001

 8. Metode Penilaian

Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, kuis, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan praktik. Sementara pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

Standar Penilaian baru mulai 104