Program Studi S2 Manajemen

GRK.907 (R.Baca S2 MM) (2)1. Visi Program Studi

Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan bisnis yang unggul, profesional dan memiliki daya saing tingkat nasional (internasional) pada tahun 2020

2. Misi Program Studi

  1. Melaksanakan pembelajaran dengan mengacu kurikulum berorientasi global untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki kemampuan bisnis dan manajerial yang unggul dengan mengintegrasikan.
  2. Melaksanakan penelitian secara profesional dan bermutu bagi dunia bisnis dan kewirausahaan dalam rangka mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, dan praktek bisnis, serta manajemen secara kontekstual.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program supervisi pengembangan bisnis dan kewirausahaan.
  4. Menjalani kerjasama secara professional dan berkesinambungan dengan instansi pemerintah dan dunia bisnis secara nasional maupun internasional

3. Profil Lulusan

Pertama, lulusan MM diharapkan memiliki kemampuan berpikir dan bertindak strategis dan visioner  karena tugas utama manager  adalah mengelola dan mengarahkan organisasi. Semakin tinggi posisi manager di organisasi, maka mereka semakin mengurangi  hal yang bersifat teknis dan lebih ke menyusun strategi dan menentukan arah perusahaan.

Kedua, lulusan MM diharapkan memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik. Manager akan sering berhadapan dengan Direksi atau jajaran senior management dalam pertemuan atau presentasi, dimana kemampuan komunikasi amat penting. Hal yang akan sia – sia jika seseorang memiliki ide- ide yang brilian, tetapi ia tidak dapat menyampaikan ide tersebut karena lemahnya kemampuan komunikasi.

 4. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

 Dengan demikian kompetensi lulusan yang ingin dihasilkan Program Studi Magister Manajemen FE UNJ dinyatakan sebagai berikut :

  1. Memiliki jiwa kepemimpinan managerial yang visioner, profesional, dan responsif terhadap dinamika lingkungan bisnis global.
  2. Memiliki rasa percaya diri, kemampuan membina hubungan, memimpin kelompok, memiliki keinginan dan kemampuan untuk terus berkembang.
  3. Memiliki keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan managerial dalam lingkup strategis dan fungsional secara sistematis.
  4. Memiliki keterampilan berkarya berdasarkan ilmu manajemen global mutakhir dengan adaptasi praktek bisnis lokal dan dilandasi dengan nilai-nilai etika bisnis.
  5. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah manajemen strategik, divisional atau unit bisnis, dan fungsional pada bisnis praktis dalam rangka meningkatkan daya saing dan kinerja perusahan.
  6. Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu-ilmu manajemen sains secara terintegrasi dibidang keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan       operasional, manajemen strategik, bisnis internasional dan kewirausahaan dengan pendekatan metode ilmiah secara kuantitatif maupun kualitatif.

  5. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Magister Manajemen (MM)

 6. Akreditasi Program Studi

Program Studi Magister Manajemen terakreditasi dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 218/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/X/2013 tanggal 26 Oktober 2013. SK BAN-PT nomor 218 dengan masa berlaku sampai 26 Oktober  2018.

  7. Metode Penilaian

 Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, kuis, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan praktik. Sementara pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

 Tabel 1

Pembobotan Nilai

Standar Penilaian baru mulai 104

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 8. Kurikulum

 a. Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum Program MM FE terdiri dari kurikulum inti dan institusional. Kurikulum inti ini terdiri dari beberapa mata inti dan fungsional, serta kurikulum institusional dari beberapa mata kuliah konsentrasi, thesis dan khusus. Bobot total 39 Satuan Kredit Semester sebagai berikut :

 

Tabel 2

Rincian Kompetensi Program Studi MM FE UNJ

Kelompok kompetensi Elemen Kompetensi Kompetensi
A. Kompetensi Umum 1. Landasan Kepribadian Managerial yang Visioner Memiliki jiwa kepemimpinan managerial yang visioner, profesional, dan responsif terhadap dinamika lingkungan bisnis global.
B. Kompetensi Utama 1. Penguasaan ilmu dan ketrampilan Mampu membuat keputusan managerial yang efektif dalam lingkup strategik maupun fungsional secara sitematis.
2. Kemampuan berkarya Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah manajemen dalam praktek bisnis secara ilmiah.
3. Sikap dan perilaku dalam berkarya Memiliki kesadaran untuk terus berkarya yang dilandasi dengan nilai-nilai etika bisnis.
4. Komitmen terhadap daya saing korporasi Memilikikomitmenterhadap pengembangan bisnis danselalu berusaha meningkatkan daya saing serta kinerja korporasi.
C. Kompetensi Pendukung 1. Penerapan ilmu manajemen sains secara kuantitatif maupun kualitatif Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu manajemen secara konsisten dalam bidang keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia, manajemen strategik, bisnis internasional, dan kewirausahaan dengan metode   ilmiah secara kuantitatif.

 

b. Mata Kuliah

 1. Kompetensi Umum ( 9 SKS )

KODE MATA KULIAH SKS
MKD-607 Kepemimpinan 3
MKF-604 Manajemen Strategik 3
MKD-605 Metode Penelitian Bisnis 3


2. Kompetensi Utama ( 28 SKS )

KODE MATA KULIAH SKS
MKD-608 Manajemen Keuangan 3
MKF-604 Manajemen Pemasaran 3
MKD-605 Manajemen Sumber Daya Manusia 3
MKK-60A** Mata Kuliah Konsentrasi 1 3
MKK-60B** Mata Kuliah Konsentrasi 2 3
MKK-60C** Mata Kuliah Konsentrasi 3 3
MMT-627 Thesis/Topik Khusus* 10

*      Thesis dapat bersifat kuantitatif, dan bagi Thesis yang bersifat kualitatif (business project) harus malakukan topik khusus terlebih dahulu.

**     Kode dan nama mata kuliah sesuai konsentrasi yang di pilih (lihat tabel mata kuliah konsentrasi)


3. Kompetensi Pendukung ( 6 SKS )

KODE MATA KULIAH SKS
MKF-601 Manajemen Operasional 3
MKD-606 Metode Kuantitatif 3

 

 

4. Matrikulasi/Pra-MM ( 12 SKS )

KODE MATA KULIAH SKS
PRA-601 Ekonomi Mikro & Makro 3
PRA-602 Bisnis & Manajemen 3
PRA-603 Akuntansi Keuangan 3
PRA-604 Statistik Induktif & Aplikasi Komputer 3
PRA-605* Kepribadian Managerial &Table Manner 0

*   Kepribadian Managerial & Table Manner merupakan mata kuliah soft skilss 0 SKS yangwajib di ikuti (table manner, managerial behaviour, style & performance).

 

5. Mata Kuliah Konsentrasi ( 9 SKS)*

NO. KODE MATA KULIAH KONSENTRASI SKS
1. MANAJEMEN KEUANGAN
1. MKK-609 Keuangan Internasional 3
2. MKK-610 Manajemen Investasi 3
3. MKK-611 Institusi Depositori & Pasar Modal 3
4. MKK-612 Analisis Laporan Keuangan 3
5. MKK-613 Manajemen Tresuri 3
6. MKK-614 Islamic Finance 3
    TOTAL 18
2. MANAJEMEN PEMASARAN
1. MKK-615 Pemasaran Internasional 3
2. MKK-616 Pemasaran Jasa 3
3. MKK-617 Pemasaran Strategik 3
4. MKK-618 Perilaku Konsumen 3
5. MKK-619 Riset Pemasaran 3
6. MKK-620 Manejemen Merek 3
    TOTAL 18
3. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA& ORGANISASI
1. MKK-621 Perencanaan Sumber Daya Manusia 3
2. MKK-622 Pelatihan & Pengembangan 3
3. MKK-623 Manajemen Kinerja 3
4. MKK-624 Hubungan Industrial & Pemeliharaan Karyawan 3
5. MKK-625 Perubahan & Pengembangan Organisasi 3
6. MKK-626 Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik 3
    TOTAL 18
           

*   Tersedia tiga pilihan konsentrasi, dimana masing-masing konsentrasi hanya memilih 3mata kuliah ( 9 SKS ) dari 6 mata kuliah ( 18 SKS ) yang ditawarkan.

 

NO. KODE MATA KULIAH KONSENTRASI SKS
4. BISNIS INTERNASIONAL
1. MKK-627 Bisnis Internasional 3
2. MKK-628 Keuangan Internasional 3
3. MKK-629 Pemasaran Internasional 3
4. MKK-630 Analisis Lingkungan Bisnis Internasional 3
5. MKK-631 Hukum Bisnis Internasional 3
6. MKK-632 Perdagangan Internasional 3
    TOTAL 18
5. MANAJEMEN STRATEGIK
1. MKK-633 Analisis Lingkungan Bisnis 3
2. MKK-634 Strategi Bisnis 3
3. MKK-635 Manajemen Perubahan & Inovasi 3
4. MKK-636 Buisness Plan 3
5. MKK-637 Corporate Social Responsibility 3
6. MKK-638 Manejemen Resiko 3
    TOTAL 18
6. KEWIRAUSAHAAN
1. MKK-639 Kewirausahaan & Inovasi 3
2. MKK-640 Simulasi Bisnis 3
3. MKK-641 Business Plan 3
4. MKK-642 Studi Kelayakan Bisnis 3
5. MKK-643 Analisis Lingkungan Bisnis 3
6. MKK-644 Strategi Bisnis 3
                 TOTAL 18
           

*   Tersedia tiga pilihan konsentrasi, dimana masing-masing konsentrasi hanya memilih 3mata kuliah ( 9 SKS ) dari 6 mata kuliah ( 18 SKS ) yang ditawarkan.