Press Release Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE UNJ 2020

Press Release Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE UNJ 2020

(Jakarta. Selasa, 06 Oktober 2020)

Pada hari Selasa, 06 Oktober 2020 Fakultas Ekonomi berkolaborasi dengan Bursa Efek Indonesia dan BNI Sekuritas telah sukses melaksanakan acara Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE UNJ sekaligus Seminar Online yang diselenggarakan secara virtual menggunakan Zoom. Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE UNJ dan Seminar Online merupakan bentuk kerja sama antara UNJ, BEI, dan BNI Sekuritas. Tema Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE UNJ dan Seminar Online 2020 adalah “Strategi Investasi di Masa Pandemi: Peluang dan Tantangan”. Tema kali ini diharapkan dapat menambah pemahaman bagi masyarakat Indonesia dalam hal menentukan strategi investasi yang tepat di masa pandemi dan mengoptimalkan segala peluang investasi dengan baik dan cermat.

Acara terlaksana dengan begitu baik dan para peserta terlihat antusias dalam mengikuti Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE UNJ dan Seminar Online 2020. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar yang mencapai lebih dari 1.000 orang dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta luar negeri. Fakultas Ekonomi, Bursa Efek Indonesia dan BNI Sekuritas tentunya ingin memberikan persembahan acara terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Acara Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE UNJ dan Seminar Online 2020 ini dibuka oleh MC (Frisca Mulviana, Mahasiswi Fakultas Ekonomi). Setelah pembukaan oleh MC (Frisca Mulviana, Mahasiswi Fakultas Ekonomi), dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya Dekan Fakultas Ekonomi Bapak Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd menyampaikan sambutan serta mengucapkan terima kasih kepada pihak Bursa Efek Indonesia dan BNI Sekuritas yang telah mau bekerja sama bersama Fakultas Eknomi untuk menghadirkan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di Universitas Negeri Jakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Capital Market dan Operasional BNI Sekuritas Bapak Putu Bagus Kresna. Bapak Putu Bagus Kresna berharap kerja sama antara BNI Sekuritas dengan GIBEI FE UNJ dapat terus berjalan dengan baik. Kemudian Bapak Hasan Fawzi selaku Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia menyampaikan sambutan serta mengucapkan terima kasih kepada pihak UNJ dan BNI Sekuritas yang telah mau berkolaborasi dengan BEI untuk menghadirkan GIBEI di Universitas Negeri Jakarta. Harapan Beliau semoga dengan adanya GIBEI di FE UNJ dapat membantu masyarakat untuk mengenal lebih dalam dunia investasi. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus peresmian GIBEI FE UNJ yang disampaikan oleh Rektor UNJ Bapak Dr. Komarudin M.Si. Bapak Dr. Komarudin M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BNI Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia yang telah mau berkolaborasi bersama untuk menghadirkan GIBEI di UNJ. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Fakultas Ekonomi yang sudah bekerja keras untuk akhirnya bisa menghadirkan GIBEI di Universitas Negeri Jakarta.

Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara Rektor UNJ, Direktur Pengembangan BEI, Direktur Capital Market dan Operasional BNI Sekuritas dan Dekan Fakultas Ekonomi UNJ. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Seminar Online serta memperkenalkan dan membacakan CV pembicara yang dibacakan oleh Ibu Dwi Handarini, S.Pd, M.Ak selaku moderator. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi pembicara yang disampaikan oleh Bapak Damhuri Nasution selaku Chief Economist PT BNI Sekuritas.

Sesi pemaparan materi ini merupakan sesi penting yang ditunggu oleh para peserta. Dalam sesinya, Bapak Damhuri Nasution menjelaskan bahwa pandemi bukan sebuah halangan untuk melakukan investasi. Beliau juga menekankan pentingnya mengatur strategi yang tepat dalam melakukan investasi di masa pandemi seperti saat ini. Setelah pemaparan materi dari Bapak Damhuri Nasution, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua yang disampaikan oleh Bapak Marco Poetra Kawet selaku Kepala Kantor Perwakilan BEI Jakarta. Bapak Marco menyampaikan tips and trick dalam memulai investasi yang baik dan benar dan bagaimana mengoptimalkan peluang serta mengantisipasi segala tantangan investasi di masa pandemi seperti saat ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab menggunakan kolom chat zoom yang dipandu oleh moderator. Setelah itu moderator menyimpulkan penyampaian materi yang telah disampaikan oleh Bapak Damhuri Nasution dan Bapak Marco Poetra Kawet.

Acara dilanjutkan dengan pemberitahuan informasi seputar doorprize, pengisian presensi dan evaluasi serta e-sertifikat yang dipandu oleh MC. Setelah itu  acara ditutup dengan foto bersama antara panitia Fakultas Ekonomi, Pihak Bursa Efek Indonesia, Pihak BNI Sekuritas dan para peserta yang bergabung dalam Zoom meeting.

Oleh: Novan Yonatan Seilatu (S1 Manajemen 2018)