PRESS RELEASE GEMA SYIAR ECONOMICS EXPO 2019

PRESS RELEASE GEMA SYIAR ECONOMICS EXPO 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah pada tanggal 3 Mei 2019 bertempat di Aula Hatta Gedung Pascasarjana telah terselenggaranya salah satu rangkaian kegiatan Economics Expo yaitu Gema Syiar dengan tema “Get Our Ramadhan Taste”. Gema Syiar merupakan program tahunan aliansi Mahasiswa FE (BSO Al Iqtishodi FE UNJ dan BSO KSEI FE UNJ)  dan Dosen FE yang dialokasikan sebagai acara penutup rangkaian Economics Expo. Syukur kami panjatkan, peserta Gema Syiar 2019 mencapai kurang lebih 350 orang yang terdiri dari Bapak Dekan Fakultas Ekonomi, Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Ekonomi, Staf Fakultas Ekonomi, Purnabakti, Anak anak yatim Pesantren Tahfidz Al Ishlah dan Yayasan Rawasari, serta Mahasiswa Fakultas Ekonomi.

Gema Syiar diawali dengan Registrasi peserta yang sudah dimulai sejak pukul 08.00. Peserta dan tamu undangan Gema Syiar diantaranya anak – anak yatim Pesantren Tahfidz Al Ishlah dan Yayasan Yatim Rawasari mulai berdatangan. Acara resmi dibuka pada pukul 08.40 dipandu oleh MC, yaitu Rizky Muhammad Aulia (S1 Pendidikan Ekonomi) dan Febi Ferdian Farhan (S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran). Kemudian pada pukul 08.52, dilanjut dengan pembacaan Tilawah dan sari tilawah Q.S. Al Baqarah ayat 185 oleh Nashoikhul ibad (Qori Internasional) dan Cindy (Mahasiswa Berprestasi UNJ). Pembacaan kalimat- kalimat Allah sebelum memulai suatu acara, diharapkan menambah keberkahan dan kesuksesan suatu acara. Acara selanjutnya pukul 09.01 adalah sambutan dan penyerahan simbolis kepada perwakilan Pesantren Tahfidz Al Ishlah oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Bapak Prof. Dr. Dedy Purwana, ES, M.Bus. sekaligus menutup Economics Expo 2019.

Pada pukul 09.17, dilanjut dengan penampilan persembahan kesenian Islam yaitu, Hadroh dari perwakilan anak yatim Pesantren Tahfidz Al Ishlah. Setelah itu, pada pukul 09.29 dilanjutkan dengan penampilan nasyid oleh para Ibu dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta feat MIKART FE UNJ (merupakan organisasi mahasiswa bidang seni yang dinaungi oleh BEM FE UNJ) membawakan lagu nasyid berjudul ‘Ya Maulana’.

Setelah itu, pukul 09.35 penampilan hiburan dari Bapak Anrian Haro feat MIKART FE UNJ dengan menyanyikan lagu “InsyaAllah – Maher Zain”. Penampilan hiburan yang satu ini cukup unik, karena Bapak Anrian Haro memulai menyanyi bukan dari atas panggung melainkan dari pintu masuk Aula Hatta dan berjalan melalui tribun peserta hingga ke atas panggung. 

Setelah penampilan- penampilan hiburan yang sangat menghibur, rangkaian acara selanjutnya pada pukul 09.42, yaitu  tausiyah yang dibawakan oleh Ustadz Yudin Taqiyudin dengan tema tausiyah “Kiat Meraih Berkah, Rahmat, dan MagfirohNya” dan berakhir pada pukul 10.52.  Kemudian, pemberian bingkisan Ustadz oleh Wakil Dekan 2 FE UNJ, Bapak Ari Saptono . Acara selanjutnya pada pukul 10.52 yaitu santunan kepada anak – anak yatim Pesantren Tahfidz Al Ishlah dan Yayasan Yatim Rawasari oleh Bapak dan Ibu Dosen FE, Staf FE dan Purnabakti. Teknis pemberian santunan yaitu, Bapak Ibu Dosen dan Staf FE berjajar di atas panggung kemudian anak – anak yatim berbaris untuk menerima paket santunan sembari menyalami Bapak Ibu Dosen, Staf FE dan Purnabakti. Paket santunan anak yatim berupa uang tunai, tas sekolah, pulpen,pensil, rautan, penghapus, buku tulis, al Quran, Mukena, Sarung, serta makanan ringan. Setelah agenda santunan anak yatim, ada Penampilan hiburan penutup, yaitu penampilan nasyid Ibu- Ibu Dosen FE feat MIKART FE UNJ   membawakan lagu ‘Ramadhan Tiba – Opick’.

Kemudian acara ditutup pada pukul 11.20 dengan Mushofahah atau bermaaf-maafan yang melibatkan Bapak Ibu Dosen FE, Staf FE , Purnabakti serta seluruh peserta Gema Syiar 2019. Agenda mushofahah ini diharapkan sebagai sarana saling memaafkan serta lebih mengenal antara mahasiswa FE dengan Ibu Bapak Dosen FE dan stakeholder lainnya yang ada di FE, agar memasuki bulan Ramadhan tahun ini dengan hati yang lapang. Semoga Allah berikan kesuksesan dan kejayaan yang berkah untuk Fakultas Ekonomi UNJ tercinta. Sekian rilis acara Gema Syiar 2019. Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Oleh: Indah Karunia (S1 Manajemen 2016)