Mahasiswa FE UNJ Ikuti Sosilisasi Beasiswa Bank Indonesia dan Kebanksentralan

Mahasiswa FE UNJ Ikuti Sosilisasi Beasiswa Bank Indonesia dan Kebanksentralan

Kamis, 14/03/2019, Bank Indonesia Kantor Perwakilan DKI Jakarta mengadakan Sosialisasi Kebanksentralan dan Beasiswa Bank Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari proses seleksi beasiswa Bank Indonesia 2019 untuk Universitas Negeri Jakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Ki Hajar Dewantara Lantai 9, Univeristas Negeri Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 173 dari 177 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang telah dinyatakan lolos seleksi pemberkasan pada 28 Februari sampai 8 Maret 2019 lalu. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNJ beserta jajarannya.

Tepat pukul 9.45 WIB, kegiatan sosialisasi pun dimulai oleh pembawa acara, yaitu Anshori Zarkasih dan Tasha Putri Dea Sunarko yang merupakan penerima beasiswa Bank Indonesia periode sebelumnya dan tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan pemcaan ayat suci Al Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta sambutan yang disampaikan oleh Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNJ.

Selanjutnya sosialisasi beasiswa Bank Indonesia yang disampaikan oleh Ibu Putri Friesillka Herklots (Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta). Dalam kesempatannya, beliau menyampaikan gambaran umum mengenai beasiswa Bank Indonesia, mulai dari sejarah, jumlah penerima, jenis beasiswa, hingga tujuan beasiswa Bank Indonesia serta kegiatan-kegiatan yang diikuti dan dilakukan oleh GenBI Jakarta selaku penerima beasiswa Bank Indonesia.

Dalam kesempatan ini pun, calon penerima beasiswa Bank Indonesia dibekali pengetahuan kebanksentralan sebagai bekal awal untuk menjadi frontliner Bank Indonesia dalam mengedukasi masyarakat ketika telah menjadi penerima beasiswa Bank Indonesia. Materi kebanksentralan disampaikan oleh Bapak Yoga Munajat (Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta). Materi-materi yang disampaikan mengenai pengenalan awal Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Indonesia, tugas dan fungsi Bank Indonesia, dan penanganan inflasi yang dilakukan Bank Indonesia. Selain itu,  Bank Indonesia juga mengenalkan instrumen utama pembayaran nasional, yaitu uang Rupiah.

Setelah penyampaian materi selesai, kegiatan ini dilanjutkan dengan tanya jawab seputar beasiswa Bank Indonesia dan kebanksentralan oleh calon penerima beasiswa Bank Indonesia kepada perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta. Kemudian acara ditutup dengan penyampaian info terkait seleksi tertulis dan pembacaan doa.