PEMIMPIN SEDERHANA ITU BERPULANG

PEMIMPIN SEDERHANA ITU BERPULANG

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE-UNJ) berduka. Rabu, 23 Januari 2019, tepatnya pukul 07.15 WIB di RS Siloam Jakarta Barat, telah berpulang Dr. Muhammad Yasser Arafat, SE.,MM yang merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE-UNJ dalam usia 48 tahun. Beliau meninggalkan seorang istri dan dua orang putra.

Lahir di, di Banjarmasin pada 13 April 1971, M Yasser Arafat menempuh pendidikan Sarjana (S1) dan Magister (S2) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Setamat dari UGM, M Yasser Arafat bergabung sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di FE-UNJ pada tahun 2000. Beliau dikenal sebagai sosok pemimpin yang komit, sederhana dan berintegritas. Beliau juga sangat dekat dengan mahasiswa. Terbukti, berbagai kegiatan mahasiswa, tak lepas dari petunjuk dan bimbingan beliau.

Kecintaan terhadap ilmu, beliau buktikan dengan menempuh studi lanjut doktoral (S3) di Universitas Brawijaya, Malang. Studi doktoral berhasil beliau selesaikan meski di dalam kondisi sakit. Beberapa hari sebelum dirawat di RS Siloam, beliau sempat berpesan kepada Koordinator GPJM FE UNJ, Agus Wibowo, agar buku karya beliau diterbitkan. Beliau sangat berharap ilmunya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Pada prosesi pelepasan jenazah M Yasser Arafat, banyak civitas akademika FE dan UNJ pada umumnya hadir. Tampak di antaranya Plt Rektor UNJ, Prof. Intan Ahmad, Ph.D, Dekan FE UNJ, Prof. Dr. Dedi Purwana ES, M.Bus, Dr Muhammad Zid (Dekan FIS), Dr Andy Hadiyanto, MA (Wakil Dekan III FIS) dan sebagainya. Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UNJ, Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd, menegaskan bahwa M Yasser Arafat adalah pribadi yang baik dan sekaligus dekat dengan mahasiswa. “Pak Yasser orang yang baik, dan sudah menunjukkan darmabaktinya untuk kemajuan FE pada khususnya serta UNJ pada umumnya, “ pungkas Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd mengakhiri sambutannya.

Jenazah selanjutnya dibawa ke Bogor untuk dikebumikan di pemakaman keluarga. Pada prosesi ini, banyak civitas akademik FE dan UNJ turut mengantar. Jenazah di turunkan ke liang lahat tepat tengah hari disaksikan segenap keluarga dan civitas akademika FE-UNJ. Dalam prosesi ini, Wakil Rektor IV UNJ, Dr. Achmad Ridwan, M.Si, menyatakan bahwa M Yasser Arafat adalah pribadi yang baik, komitmen dan berintegritas. “Kami akan melanjutkan perjuangan Pak Yasser, dan semoga Allah Swt memberikan Surga-Nya untuk Pak Yasser”, pungkas Dr. Achmad Ridwan, M.Si. Prosesi pemakaman ditutup doa untuk M Yasser Arafat oleh Ustadz Achmad Fauzi, S.Pd.,M.Ak. Selamat jalan bapak M Yasser Arafat, kami keluarga besar FE-UNJ sangat berduka dan kehilangan. Kami akan meneruskan perjuangan bapak, membuat FE-UNJ lebih baik dan menjadi fakultas bereputasi. Semoga Allah SWT menempatkan bapak M Yasser Arafat dalam Surga-nya. Amin.