Konferensi Internasional di Batam

Konferensi Internasional di Batam

New Picture (7)Foto oleh Deasy

Bertempat di Batam telah diselenggarakan konferensi internasional pada tanggal 29 sampai 31 Agustus 2018 di Nagoya Mansion Hotel, kota Batam, provinsi Riau, Indonesia. Konferensi internasional ini merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diadakan oleh ASPROPENDO (Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia) yang diketuai oleh Dr. Sugiharsono, M.Si yang berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Konferensi internasional ini dihadiri oleh dosen dari berbagai universitas di Indonesia yang memiliki program studi pendidikan ekonomi, Seperti UPI, UNESA, UNY, UM, UNNES, dan universitas negeri atau swasta lainnya. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) juga turut mengadiri kegiatan konferensi internasional tersebut, dikarenakan UNJ sudah tergabung dalam ASPROPENDO. Dosen fakultas ekonomi UNJ yang mengikuti konferensi tersebut antara lain Dr. Siti NurjanahM.Si., SuparnoM. Pd, Dicky IrantoM.Si, dan Dra. Rd. Tuty Sariwulan M.Si. Karena berbasis internasional, konferensi ini juga mengundang pembicara dari Jepang dan Malaysia untuk memberikan pandangan atau isu terkait ekonomi. Selain dosen, ada beberapaperwakilan mahasiswadariberbagaiuniversitasi di Indonesia yang turut hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan konferensi internasional tersebut.

Dalam konferensi internasional ini juga sekaligus dilaksanakan rapat pengembangan asosiasi profesi pendidik ekonomi. Terdapat limaroom dalam konferensi internasional, dimana setiap room itu memiliki topik yang berbeda. Sekitar lima permateri yang mengisi disetiap room nya. Tujuan diadakannya konferensi internasional ini adalah sebagai wadah pengembangan ilmu ekonomi, wahana penyebar ilmu pengetahuan, untuk mempersiapkan mereka sebagai tenaga pendidik dan untuk mempersiapkan para anak didiknya menjadi sumber daya manusia yang siap dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Dr. Siti NurjanahM.Si, salah satu dosen fakultas ekonomi UNJ yang mengikuti konferensi internasional di Batam, mengatakan bahwa konferensi internasional ini juga merupakan salah satu wadah untuk menuangkan hasil research dalam bentuk jurnal, artikel maupun jurnal internasional.

“Saya sangat senang dapat mengikuti konferensi internasional ini karena dapat menambah pengetahuan dan pengalaman. Saya harap mahasiswa juga harus melakukan research seperti membuat artikel maupun jurnal, lalu jika ada konferensi internasional seperti ini segera melakukan submit, fakultas akan mendukung,”tutur Siti Nurjanah, selaku dosen pendidikan ekonomi yang mengikuti konferensi internasionaltersebut.

MenurutDr. Siti NurjanahM.Si, ASPROPENDO memang sudah mengagendakan setiap tahunnya untuk kegiatan konferensi internasional ini. Untuk tahun 2019, konferensi internasional ini akan diadakan di Jakarta. Universitas Terbuka dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ditunjuk sebagai pelaksana acara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 mendatang. (NHY/NS)