TOT Pasar Modal Syariah

TOT Pasar Modal Syariah

Bertempat di Auditorium Maftuchah Yusuf Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Indonesia (IAEI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) Pasar Modal Syariah yang diperuntukkan bagi para Dosen. Acara tersebut berlangsung selama 2 hari yakni dimulai pada tanggal 13 Desember 2016 – 14 Desember 2016 dari jam 09.00– 16.00 WIB yang diperuntukkan bagi kalangan akademisi dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta se-Jabodetabek. Sedangkan pemateri terdiri dari berbagai pihak seperti OJK, DSN MUI, Perencana Keuangan, PT Succorinvest Securities Indonesia dan PT Philips Securities.

Pada hari pertama acara tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Bapak Dr. Dedi Purwana, ES., M.Bus kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Universitas Negeri Jakarta Bapak Prof. Dr. Djaali selaku rektor dan Ibu Munifah Ssyanwani selaku Sekjen IAEI serta Bapak Sarjito selaku Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I OJK. Acara  pada hari pertama menyajikan tiga (3) materi yaitu: Pengantar Investasi dan Mengenal Pasar Modal Indonesia, Perencanaan Keuangan Syariah, dan Regulasi Saham Syariah dan Sukuk. Selanjutnya pada hari kedua, terdapat lima (5) materi yang terdiri dari: Regulasi Reksadana Syariah dan Produk Lain, Penghitungan Nilai Aktiva Bersih (NAB), Aspek Syariah Pasar Modal, Sistem Online Trading Syariah dan Analisis Technical dan Fundamental yang ditutup dengan praktik investasi saham.

Diharapkan dengan terselenggaranya acara tersebut, dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan praktik dalam berinvstasi di pasar modal syaiah dengan tepat dan sesuai. Saat ini perkembangan pasar modal syariah masih terus diminati oleh para investor dikarenakan sistem dan metode syariah, untuk itu dengan praktik TOT ini dapat memberikan kesempatan bagi akademisi untuk melakukan riset serta evaluasi yang mendalam.