Alumni Menyapa Dan Berkarya Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital

Sabtu, 24 Juni 2023 telah dilaksanakan acara yang ditunggu-tunggu bagi segenap prodi D4 Administrasi Perkantoran Digital yaitu “Alumni Menyapa dan Berkarya”. Acara ini merupakan wadah bagi kakak alumni untuk sharing pengalaman dan bernostalgia semasa menjadi mahasiswa di UNJ. Acara ini juga sebagai wadah untuk para mahasiswa APD saat ini untuk mengenal kakak alumni dan mencari informasi mengenai pengalaman kerja serta menjadi relasi dalam mendapatkan tempat magang.

 

IKA-APD Sebelumnya dikenal dengan nama Kastari, dan mengalami perubahan nama menjadi IKA-APD (Ikatan Alumni Administrasi Perkantoran Digital) pada tahun 2023 ini. Pada tahun 2022, mereka telah sukses melaksanakan program-program seperti FGD, podcast, dan company profil. Pada tanggal 24 Juni 2023, perubahan nama menjadi IKA-APD telah resmi diumumkan, disertai dengan pengenalan logo IKA-APD. Organisasi ini juga memiliki kegiatan Alumni Mengajar, serta seminar dan webinar bersama alumni. Namun, program-program seperti kegiatan gathering dan pertemuan masih belum terealisasi.

 

Pada kegiatan ini para alumni melakukan sharing dan juga memberikan motivasi kepada mahasiswa Administrasi Perkantoran, serta launching IKA-APD. Yang dimana mereka melakukan sharing mengenai kehidupan diperkantoran yang dimana mereka bekerja sebagai staf substansi, yang sering berinteraksi dengan atasan langsung seperti direktur atau lainnya. Pengalaman dan pengetahuan yang kita peroleh selama kuliah sangat berperan penting dalam persiapan kita memasuki dunia kerja. Setiap mata kuliah yang kita ambil, baik itu teori maupun praktik, memiliki dampak dan manfaat yang signifikan dalam karier kita. Tidak ada yang sia-sia atau tidak berguna. Bahkan saat masih menjadi mahasiswa, setiap mata kuliah memiliki relevansi yang akan kita terapkan di masa depan.

 

Misalnya, ketika kita mempelajari mata kuliah arsip, ternyata itu sangat menarik dan bermanfaat, terutama bagi mereka yang ingin menjadi arsiparis. Buku-buku yang digunakan dalam perkuliahan sangat membantu dalam memahami sistem pengarsipan yang benar. Dalam perusahaan, kita melanjutkan praktik pengarsipan yang telah digunakan sejak lama, dan dengan adanya pengetahuan yang kita peroleh dari prodi kita, terutama dari mata kuliah tersebut, kita dapat menerapkan sistem pengarsipan yang efektif dan sesuai dengan standar di berbagai perusahaan.

 

Pengalaman ka pepilia, Pada tahun 2015, saya memulai karier di dunia kerja setelah lulus kuliah. Pada awalnya, saya fokus pada kuliah dan tidak terlibat dalam kegiatan organisasi karena saya lebih fokus pada pekerjaan paruh waktu di Hokben. Namun, setelah lulus dengan gelar D3, saya mendapatkan pekerjaan pertama saya sebagai sekretaris lawyer di sebuah firma hukum.

 

Sebagai sekretaris lawyer, tugas saya meliputi pengelolaan arsip dan berbagai tugas administratif lainnya. Pengetahuan yang saya peroleh selama kuliah, terutama dalam mata kuliah arsip, sangat berguna dalam menjalankan tugas-tugas tersebut. Saya belajar tentang sistem pengarsipan yang benar dan efektif, serta pentingnya menjaga kerahasiaan dokumen dan informasi yang sensitif.

 

Setelah pengalaman sebagai sekretaris lawyer, saya kemudian memutuskan untuk resign dan melamar menjadi CPNS di kejaksaan. Meskipun saya tidak diterima, saya tidak menyerah dan akhirnya kembali ke sektor BUMN. Saat ini, saya bekerja di Jasa Raharja di bidang pengadaan dan belanja modal dengan fokus pada proyek-proyek konstruksi sipil.

 

Meskipun pekerjaan saya saat ini tidak lagi terkait langsung dengan ilmu arsip atau notaris, saya tetap mengaplikasikan pengetahuan yang saya peroleh selama kuliah dalam pekerjaan saya. Selama perjalanan karier saya, saya juga pernah terlibat dalam berbagai bidang seperti hukum, manajemen risiko, dan administrasi proyek pembangunan gedung kantor.

 

Saya ingin memberikan pesan kepada teman-teman yang masih kuliah bahwa tidak perlu terlalu terpaku pada kegiatan organisasi semata. Pengalaman kerja paruh waktu atau magang juga dapat memberikan manfaat dan pelajaran berharga. Selain itu, setiap mata kuliah yang kita ambil selama kuliah memiliki nilai dan relevansi yang dapat diterapkan di masa depan, bahkan jika pada awalnya kita tidak melihat hubungannya secara langsung.

 

Jadi, tetaplah bersemangat dalam mengejar karier dan terus belajar dari pengalaman serta pengetahuan yang didapat selama kuliah.

 

 

Lampiran :

  1. Undangan Alumni Menyapa Dan Berkarya Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital
  2. Undangan Dosen Kegiatan Alumni Menyapa Dan Berkarya Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital
  3. PPT Materi Kegiatan Alumni Menyapa Dan Berkarya Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital

 

 

Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *