Akselerasi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi S-1 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Jakarta, 20/06 – Program Studi S-1 Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan kegiatan pertemuan dengan mahasiswa tingkat akhir dalam Program Akselerasi Penyelesian Skripsi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi mengenai proposal dan sidang akhir, mengenai format penulisan, kebijakan-kebijakan yang berlaku dalam pendaftaran seminar proposal maupun sidang skripsi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggali lebih dalam kendala yang dihadapi mereka yang menghambat pengerjaan skripsi. Salah satu hasil pertemuan didapatkan komitmen dari setiap mahasiswa untuk mau menyelesaikannya dalam waktu dekat. Selain itu, dilaksanakan pula bimbingan skripsi secara berkelompok sebagai strategi akselerasi penyelesaian skripsi mereka.

Pertemuan ini dihadiri oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Bisnis, beberapa dosen pembimbing di Program Studi Pendidikan Bisnis, dan mahasiswa angkatan 2016-2017 yang belum melaksanakan sidang proposal dan/atau sidang akhir. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dibuka oleh Ibu Nadya Fadillah Fidhyallah, S.Pd., M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Bisnis. Pada kesempatan ini, Ibu Nadya menjelaskan adanya persyaratan baru yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang akan melaksakan sidang akhir, diantaranya.

  1. Artikel yang telah dipublikasikan pada jurnal/prosiding nasional (sudah terbit).
  2. Sertifikat kemampuan berbahasa inggris (TOEP/TOEFL).
  3. Sertifikasi kompetensi sesuai dengan profil lulusan
  4. Sertifikasi kompetensi dapat digantikan dengan bukti prestasi tingkat nasional atau internasional selama menjadi mahasiswa sebagai juara 1,2, atau 3.

Setelah itu dilanjut dengan memanggil nama-nama mahasiswa yang terdaftar belum melaksanakan sidang proposal dan/atau sidang akhir serta menanyakan kabar masing-masing mahasiswa terkait kendala atau penyebab belum melaksanakan sidang proposal dan/atau sidang akhir. Strategi lainnya juga dilakukan perubahan dosen pembimbing bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengakses dosen pembimbing tertentu.

Sumber: Tim Dokumentasi

Sumber: Tim Dokumentasi

Selanjutnya mahasiswa berkumpul dengan masing-masing dosen pembimbing untuk melakukan diskusi dan konsultasi.

Sumber: Tim Dokumentasi

Acara selanjutnya ditutup dengan sesi foto bersama.

Pertemuan ini diharapkan dapat mengembalikan kembali semangat para mahasiswa tingkat akhir dan bisa mempercepat penyelesaian studi mereka.

Sebagai bentuk monitoring dan follow up, program studi menghimpun mereka dalam grup komuniasi whatsapp, sehingga program studi dapat memonitor dan memberikan berbagai informasi mengenai skripsi melalui grup tersebut.

Penulis : Mega Sri Wahyuningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *