WORKSHOP DAN SOSIALISASI “Urgensi Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan Perguruan Tinggi”

Pada Kamis, 6 Juni 2024 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan LSP Microfinance Indonesia menyelenggarakan workshop dan sosialisasi sertifikasi kompetensi BNSP dengan mengangkat topik “Urgensi Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan Perguruan Tinggi” yang berlangsung melalui Virtual Zoom Meeting. Workshop dan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan LSP Microfinance Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Ir. Bakri, M.M selaku Direktur Utama LSP Microfinance Indoensia sebagai narasumber yang akan menyampaikan materi tentang “Urgensi Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan Perguruan Tinggi” dan juga berdiskusi dengan para peserta.

Kegiatan ini diawali dengan para peserta memasuki room zoom pada pukul 13.00 WIB dan acara dilanjutkan dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pembukaan oleh MC

            

  1. Profile Narasumber

        

  1. Pemaparan Materi oleh Narasumber

   

Materi yang dibawakan oleh narasumber berjudul “Urgensi Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan Perguruan Tinggi”. Di era revolusi industri yang mendorong digitalisasi dan otomatisasi, keterampilan dan kompetensi sangat dibutuhkan. Maka kemampuan lulusan dari sebuah perguruan tinggi perlu ditingkatkan agar mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten sehingga memiliki daya saing dan dapat memenuhi kebutuhan industri. Tujuan sertifikasi kompetensi yaitu mendapatkan pengakuan terhadap capaian kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang, berbasis pada standar kompetensi yang telah disepakati dan ditetapkan. Tujuan kedua yaitu added value, memiliki bukti kompetensi tambahan, selain ijazah dan transkip nilai. Manfaat sertifikasi kompetensi yaitu meningkatkan daya saing di dunia kerja, mempermudah mendapatkan pekerjaan, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengembangkan diri.

  1. Dokumentasi