Praktisi Mengajar “PANDUAN PRAKTIS MEMBUAT MODUL AJAR: STRATEGI DAN TEKNIK EFEKTIF UNTUK PENGAJAR”

Jakarta-Pada hari Jumat, 07 Juni 2024 Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi kelas A Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Projek Praktisi Mengajar dengan Tema “Panduan Praktis Membuat Modul Ajar: Strategi dan Teknik Efektif untuk Pengajar”. Acara ini ditujukan kepada seluruh Mahasiswa/i Universitas Negeri Jakarta. Acara ini diisi berupa webinar yang disampaikan oleh pemateri disertai tanya jawab oleh peserta acara. Projek Praktisi Mengajar dilaksanakan secara daring melalui media zoom meeting.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Kaila Sabrina dan Mutia Nurfadila selaku Master Of Ceremony (MC) Pada pukul 10.00 WIB. Acara dilanjutkan dengan pembacaan tilawah ayat suci Alquran Surah Al-Baqarah ayat 63-65 oleh Saudara Mohammad Faisal. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya adalah sembutan oleh Bapak Aditya Pratama, SP.d., M.Pd selaku dosen pengampu Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan Ririn selaku Ketua Pelaksana. Acara berikutnya Master Of Ceremony (MC) menyerahkan sesi materi kepada Pandu Rizki Putra selaku moderator. Setelahnya dilanjutkan dengan moderator yang memandu jalannya materi yang dibawakan oleh Ibu Clara Ika Paluphie, S.Pd Gr sebagai Pemateri.

Ibu Clara Ika Paluphir, S.Pd Gr menyampaikan materi berjudul “Penyusunan Modul Ajar”. Memaparkan bahwa Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada murid untuk mencapai cita cita setinggi-tingginya. Dan peran guru juga untuk menuntut kodrat alam dan kodrat zaman. Dalam menyusun modul ajar kita bisa mulai dari memetakan potensi murid jadi pembelajaran bisa disesuaikan capaian, tingkat kemampuan, kebutuhan peserta didik, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Kita juga harus aktif melibatkan murid dalam proses pembelajaran agar tercipta pembelajaran dua arah. Bisa dengan diskusi, sharing² mengenai goals dan juga kekhawatiran murid sehingga pembelajarannya jadi lebih menyenangkan dan bermakna untuk murid. Untuk memetakan potensi bisa menggunakan TaRL atau Teaching at The Right Level. Nah tahapan dari TaRL ini dimulai dari asesmen untuk mendiagnosis potensi, karakteristik dan gaya belajar murid. Nah tahap selanjutnya itu perencanaan bisa dengan membuat pembelajaran yang terfokus pada murid atau mengelompokkan murid berdasarkan minat dan bakat.

Yang terakhir adalah tahap pelaksanaannya, bisa dengan menganalisis kasus, mengerjakan asesmen formatif atau sumatif dan juga ada refleksi supaya pembelajaran berikutnya bisa lebih baik lagi. Dengan melakukan pemetaan ini kita sebagai guru bisa memfasilitasi murid sesuai kriteria- kriteria.

Selanjutnya sesi tanya jawab dipimpin oleh moderator, dalam sesi tanya jawab terdapat dua orang penanya yakni saudara Ovie Yana Rahman dan Dhiyas Tsabita. Setelah tanya jawab, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri yang dipandu oleh tim HPD. Penyerahan sertifikat juga disertai dengan dokumentasi berdampingan dengan pemateri.

Selanjutnya dilengkapi dengan sesi dokumentasi akhir acara. Tibalah di penghujung acara yang ditutup oleh Kaila Sabrina dan Mutia Nurfadila selaku Master Of Ceremony dalam acara Projek Praktisi Mengajar Program Study S1 Pendidikan Ekonomi kelas A.

Dokumentasi :