Alumni Connect FE UNJ 2023 “Siap Kerja Di Luar Negeri: Accounting and Payroll”

Pada Sabtu, 23 Desember 2023 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan pembelajaran melalui program Alumni Connect FE UNJ 2023 dengan tema “Siap Kerja Di Luar Negeri: Accounting and Payroll” yang berlangsung melalui Virtual Zoom Meetings. Kegiatan kali ini dihadiri oleh Ibu Ati Sumiati, S. Pd., M.M sebagai Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi serta Ibu Dwi Handarini S. Pd., M. Ak sebagai dosen aktif di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan juga sebagai moderator. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Nusaibah Assyifa sebagai alumni dan juga menjadi narasumber yang akan menyampaikan materi tentang “Siap Kerja Di Luar Negeri: Accounting and Payroll” dan juga berdiskusi dengan para peserta.

Kegiatan ini diawali dengan para peserta memasuki room zoom pada pukul 15.00 WIB. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, serta sambutan oleh Ibu Ati Sumiati S. Pd., M.M. Lalu disambung dengan pengenalan moderator, dan dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh narasumber dan tanya jawab atau diskusi.

Ibu Nusaibah Assyifa merupakan alumni S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta yang wisuda pada tahun 2015.  Pada saat ini Ibu Syifa bekerja sebagai payroll specialist di University of Vienna, Austria. Pada sesi penyampaian materi, Ibu Syifa berbagi apa saja yang perlu untuk disiapkan jika ingin bekerja ke luar negeri.

Peluang kerja untuk lulusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta sangat terbuka di Austria, karena beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  • Austria kekurangan pekerja di bidang akuntan
  • Di Austria menjadi guru freetime atau ekskul SD tidak perlu berpengalaman, dan akan mendapatkan gaji yang rata-rata lebih besar dibandingkan dengan gaji seorang akuntan
  • Lulusan Program studi Pendidikan Akuntansi bisa menjadi guru akuntansi SMA/SMK di Austria dengan syarat yaitu merupakan lulusan S2 dan memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun

Program studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta  memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:

  • Program komputer yang dipelajari sudah diaplikasikan di banyak perusahaan
  • Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta adalah program studi berjenjang S1, jadi memungkinkan untuk menjadi pendidik di Austria karena memenuhi syarat pekerjaan sebagai pendidik di Austria

Dalam bekerja di Austria, Ibu Syifa melewati beberapa tantangan diantaranya sebagai berikut:

  • Adanya persaingan di dunia kerja dan orang yang lebih tua, hal ini dapat diatasi dengan penguasaan teknologi dan teknologi akuntansi baru
  • Terkendala bahasa, hal ini dapat diatasi menyesuaikan gaya kepemimpinan dan effisiensi kerja serta belajar bahasa yang diharuskan oleh perusahaan di sana

Tetapi disamping adanya tantangan tersebut, Ibu Syifa mengaku bahwa warga Austria sangat menyukai orang Indonesia karena kita adalah orang yang sabar, ramah, dan mampu bersaing. Hal itu sesuai dengan kebiasaan warga Austria juga.

Jam kerja di Austria tergantung dengan jenis perusahaannya. Untuk normalnya bekerja selama 38-40 jam per minggu dalam waktu 5 hari. Tetapi untuk toko-toko yang ada di Austia rata-rata bekerja selama 6 hari.

Untuk gaji juga disesuaikan dengan jenis perusahaannya. Setiap perusahaan memiliki peraturan tertulis dan tabel minimal gaji, bukan hanya sesuai daerah saja. Untuk gaji pekerjaan juga terkadang ada yang menghitung dengan itungan per jam. Adapun biaya-biaya yang harus dikeluaran jika memperoleh gaji, yaitu biaya asuransi dan biaya pajak pengahasilan. Jika bekerja di Austria tidak boleh telat untuk melapor ke pihak asuransi, karena hal itu akan membuat kita terkena denda akibat keterlambatan pelaporan.

Adapun tips yang dibagikan oleh Ibu Syifa sebelum memutuskan untuk bekerja ke luar negeri, yaitu:

  1. Tentukan pekerjaan secara spesifik
  2. Tentukan mau bekerja di dalam negeri atau di luar negeri
  3. Ikut program PKL di tempat yang sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan dan juga manfaatkan untuk mengasah skills baru
  4. List skills yang harus dimiliki dan bisa berlatih dengan mengikuti kursus
  5. Mencari pekerjaan dengan skill yang sudah diperoleh dari PKL
  6. Upgrade skills

Dalam sesi materi dan diskusi, terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Sesi tanya jawab berlangsung dengan dua pertanyaan, yaitu dari Sania dan Angel.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat kepada narasumber yaitu Ibu Nusaibah Assyifa. Selain itu juga ada sesi penyerahan sertifikat kepada moderator yaitu Ibu Dwi Handarini, S. Pd., M. Ak.  Pada saat penyerahan sertifikat dilakukan juga sesi dokumentasi bersama narasumber dan moderator. Seteleh selesai sesi penyerahan sertifikat, acara dilanjutkan dengan mengisi link absensi dan sesi dokumentasi peserta. kegiatan Alumni Connect FE UNJ 2023 pada Kamis, 21 Desember 2023 selesai pada pukul 16.47 WIB.

Dokumentasi:

Berikut adalah sesi dokumentasi saat penyerahan sertifikat kepada narasumber dan moderator

Berikut adalah sesi dokumentasi peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *