Alumni Connect 2023 “Karir Akuntan di dunia NGO / INGO” Program Studi Magister Akuntansi

Pada hari Senin, 18 Desember 2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Alumni Connect PE 2023 dengan tema “Karir Akuntan di dunia NGO / INGO” yang berlangsung di Virtual Zoom Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan Bapak Aji Ahmadi, S.Ak., M.Ak selaku dosen aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, yang menjadi moderator kegiatan ini. Selain itu, dihadirkan juga Ibu Rini Oktavia, SE,Ak., M.Ak sebagai narasumber utama pada kegiatan pembelajaran ini.

Kegiatan ini diawali dengan peserta masuk ke dalam ruang zoom pukul 14:00 WIB. Selanjutnya dilakukan pembukaan kegiatan oleh MC, pembacaan doa, dan sambutan dari Bapak Aji Ahmadi, S.Ak., M.Ak selaku dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, yang menjadi moderator kegiatan ini. Pukul 14:15 WIB kegiatan dimulai dengan sesi penjelasan materi “Karir Akuntan di dunia NGO / INGO” oleh narasumber. Pada materi tersebut disampaikan mengenai Karir Akuntan di dunia NGO / INGO. Kegiatan dimulai dengan tes konsentrasi agar para peserta bisa fokus sebelum dilakukan pemaparan materi. Setelah itu, narasumber menjelaskan tentang Karir Akuntan di dunia NGO / INGO. Akuntan adalah seorang yang bertugas memonitori dan mencatat kegiatan atau alur keuangan pada perusahaan. Berikut tugas seorang akuntan:

  1. Mencatat seluruh transaksi
  2. Membuat pembukuan transaksi dan Menyusun laporan keuangan
  3. Mem-verifikasi laporan keuangan
  4. Memberikan Konsultasi riset keuangan
  5. Evaluasi anggaran dan laporan
  6. Pengendalian kecurangan transaksi
  7. Pengauditan rutin

NGO adalah organisasi nirlaba dengan basis kepentingan sipil dan lingkungan. Biasanya, NGO lebih bersifat koorperatif dan beroprasi non-komersial tanpa laba.

Macam-macam NGO

  1. Charitable Orientation: NGO dengan kegiatan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat miskin.
  2. Service Orientation: NGO yang berbasis layanan masyarakat. Seperti penyediaan layanan Kesehatan, perencanaan keluarga, dan Pendidikan.
  3. Participatory Orientation: NGO ini dicirikan oleh proyek swadaya di mana masyarakat setempat terlibat. Khususnya dalam pelaksanaan proyek dengan menyumbangkan uang, peralatan, tanah, materi, dan tenaga kerja.
  4. Empowering Orientation: NGO yang berfokus untuk mengembangkan pemahaman yang lebih jelas mengenai faktor sosial, politik, dan ekonomi yang memengaruhi kehidupan masyarakat

Sedangkan, berdasarkan tingkat operasionalnya, NGO terbagi menjadi:

  1. Community-based organization (CBOs): Jenis ini karena inisiatif masing-masing komunitas. Jenis NGO ini mencakup klub olahraga, organisasi wanita, organisasi lingkungan, organisasi pendidikan, dan lembaga pengembangan budaya.
  2. Citywide organizations: Citywide Organizations NGO adalah lembaga yang terlibat dalam penyediaan bantuan untuk tiap komunitas di sebuah kota. Namun, layanan mereka memberikan prioritas pada golongan miskin pada komunitas tersebut.
  3. NGO nasional: Organisasi-organisasi yang punya cakupan luas di sebuah negara seperti contohnya Palang Merah Indonesia, juga lembaga layanan profesional lainnya.
  4. NGO internasional: Mendedikasikan lembaga mereka untuk membantu seluruh komunitas di dunia dan memberikan wawasan pada NGO yang lebih kecil. Orientasi mereka bervariasi, namun sudah terpaku pada kebutuhan kesetaraan politik dan sosial di seluruh dunia.

Sumber Pendanaan NGO

  1. Iuran keanggotaan;
  2. Penjualan barang dan jasa;
  3. Bantuan dari perusahaan swasta berbasis nirlaba;
  4. Yayasan filantropi;
  5. Sumbangan dari lembaga masyarakat local;
  6. Badan-badan Pembangunan bilateral

Dalam sesi penjabaran materi oleh narasumber, terdapat sesi tanya jawab dengan 1 peserta yang bertanya yaitu Vera Deyana Cindy.

Setelah sesi penjabaran materi yang disertai sesi tanya jawab, dilakukan pemberian sertifikat untuk Ibu Dian Lestari, S.Pd., Gr. selaku narasumber, dan Bapak Bapak Aji Ahmadi, S.Ak., M.Ak  selaku moderator. Sebagai penutup kegiatan, dilakukan sesi dokumentasi modetaor, narasumber, dan peserta secara bersamaan. Kegiatan Alumni Connect 18 Desember 2023 berakhir pada pukul 15:15 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *