Alumni Connect FE UNJ 2023 “ Ayo Jadi Guru, Mengabdi Untuk Negeri, Mencerdaskan Generasi Bangsa”

Pada Jumat, 22 Desember 2023 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan pembelajaran melalui program Alumni Connect FE UNJ 2023 dengan tema “Ayo Jadi Guru, Mengabdi Untuk Negeri, Mencerdaskan Generasi Bangsa” yang berlangsung melalui Virtual Zoom Meetings. Kegiatan kali ini dihadiri oleh Ibu Rizka Zakiah, M.Pd selaku dosen aktif di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan juga sebagai moderator. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Surur, S.Pd sebagai alumni dan juga menjadi narasumber yang akan menyampaikan materi tentang “Ayo Jadi Guru, Mengabdi Untuk Negeri, Mencerdaskan Generasi Bangsa” dan juga berdiskusi dengan para peserta.

Kegiatan ini diawali dengan para peserta memasuki room zoom pada pukul 14.00 WIB. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, pengenalan moderator, dan dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh narasumber.

Pentingnya menjadi Guru yaitu

  1. Pembentukan Karakter
  2. Jembatan Pengetahuan
  3. Pendukung Perkembangan Kreativitas
  4. Penjaga Keseimbangan Sosial Budaya
  5. Pendorong Inovasi Pendidikan
  6. Pemimpin dan Inspirator
  7. Pemangku Harapan Masa Depan

Guru memiliki kontribusi di Masyarakat dalam bentuk sebagai berikut

  1. Membangun Keterampilan sosial – emosional
  2. Menggerakkan perubahan
  3. Membuka peluang pekerjaan

Tantangan menjadi seorang guru

  1. Keterbatasan Sumber Daya
  2. Diversitas Peserta Didik
  3. Kebijakan yang Berubah-ubah
  4. Tuntutan Kinerja dan Evaluasi
  5. Dukungan Emosional

Peluang menjadi seorang guru

  1. Membentuk Masa Depan
  2. Peningkatan Profesionalisme
  3. Pembelajar Sepanjang Hayat
  4. Inovasi dalam Pembelajaran
  5. Hubungan yang Berarti

4 Kompetensi Guru

  • Pedagogik

Kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran

  • Kepribadian
    Kualitas dan Karakteristik personal yang memungkinkan mereka untuk menjadi panutan, model, dan fasilitator pembelajaran yang efektif
  • Sosial
    Kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan beradaptasi secara efektif dengan siswa, orang tua siswa, kolega, dan berbagai pihak terkait di lingkungan pendidikan.
  • Profesional
    Kombinasi keterampilan, pengetahuan, sikap, dan perilaku yang diperlukan untuk memberikan pengajaran yang berkualitas dan efektif sesuai bidangnya.

Perjalanan Bapak Surur menjadi PNS melalui berbagai tahap yaitu

  1. Pada tahun 2017, Mengikuti Program Beasiswa ke Turki selama 1 tahun. Disana Bapak Surur banyak belajar tentan nasionalisme
  2. Pada tahun 2018, Bekerja di rumah bimbingan belajar, dan bulan agustus 2018 menjadi guru di sekolah SMK swasta.
  3. Pada tahun 2019, Pindah mengajar sebagai tenaga honorer di sekolah SMK negeri, hingga diangkat menjadi tenaga KKI Provinsi DKI Jakarta.
  4. Pada tahun 2020, Mengikuti rangkaian CPNS dari mulai seleksi administrasi, SKD, dan SKB, dampai lulus menjadi CPNS PEMPROV Jawa Timur.

Dalam sesi materi dan diskusi, terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Sesi tanya jawab berlangsung dengan 3 Pertanyaan dari Reza Kurdiaman, Nabil, Indah Nurlitasari.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat kepada narasumber yaitu Bapak Surur, S.Pd. Selain itu juga ada sesi penyerahan sertifikat kepada moderator yaitu Ibu Rizka Zakiah, M.Pd Pada saat penyerahan sertifikat dilakukan juga sesi dokumentasi bersama narasumber dan moderator. Seteleh selesai sesi penyerahan sertifikat, acara dilanjutkan dengan mengisi link absensi dan sesi dokumentasi peserta. kegiatan Alumni Connect FE UNJ 2023 pada Jumat, 22 Desember 2023 selesai pada pukul 15.45 WIB.

Dokumentasi:

Berikut adalah sesi dokumentasi saat penyerahan sertifikat kepada narasumber dan moderator

  

Berikut adalah sesi dokumentasi peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *