Alumni Connect “Praktisi Kesekretariatan dan Kearsipan dalam Era Digitalisasi” Prodi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

Pada Kamis, 21 Desember 2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Alumni Connect FE UNJ 2023 dengan tema “PRAKTISI KESEKRETARIATAN DAN KEARSIPAN DALAM ERA GLOBALISASI” yang diselenggarakan secara daring menggunakan Zoom dengan meeting ID: 890 1577 2343 dan passcode: feunj. Kegiatan ini dimoderatori oleh Bapak Suherdi, S.Pd., S.H., M.M. selaku dosen di Fakultas Ekonomi Universita Negeri Jakarta. Program Alumni Connect FE UNJ 2023 kali ini diselenggarakan untuk para mahasiswa Fakultas Ekonomi khususnya program studi Pendidikan administrasi perkantoran dan administrasi perkantoran digital. Dengan turut mengundang Ibu Novia Ananda, S.Pd. merupakan staff di MNC Group sebagai narasumber.

Acara dimulai pada pukul 14.20 WIB yang dibuka oleh Chinta Paramitha Wirabrata selaku Master of Ceremony yang merupakan salah satu mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi 2023. Selanjutnya, adanya sesi pengenalan moderator yakni Bapak Suherdi, S.Pd., S.H., M.M. yang kemudian dilanjut kegiatan sesi pemaparan materi oleh narasumber pada pukul 14.30 WIB. Materi diawali dengan tujuan kearsipan yaitu penyusutan arsip. Hal ini sesuai dengan amanah Undang-undang nomor 43 tahun 2009 pasal 47 ayat (2) yang menyebutkan bahwa penyusutan arsip yang dilaksanakan oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, perguruan tinggi negeri, serta BUMN dan/atau BUMD dilaksanakan dengan memperhatikan kepentingan pencipta arsip serta kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Arsip yang tidak dikelola dapat mengakibatkan ruangan sempit, kotor, dan suasana tidak nyaman sehingga dapat mengakibatkan kinerja pegawai bahkan lembaga/organisasi menurun. Demikian pula apabila arsip tidak ditata dengan baik maka pencarian surat/arsip menjadi sulit dan lama sehingga dapat menghambat dalam proses pengambilan keputusan, proses pertanggung jawaban, dan proses-proses kegiatan lain yang harus segera diselesaikan. Pengelolaan dan penataan arsip yang baik dan sesuai dengan kaidah akan menjadikan arsip sebagai sumber informasi dan komunikasi, sumber sejarah, sumber pertanggung jawaban sehingga arsip tidak lagi dipandang sebagai benda yang hanya dibendel/diberkas, dan ditimbun tetapi arsip merupakan sumber kekayaan yang layak dan perlu dilestarikan bagi masyarakat modern.

Pemaparan diakhiri dengan cerita pengalaman Ibu Novia saat sedang berkuliah di UNJ, beliau mengaku menyesal karena saat beliau berkuliah, beliau tidak mengikuti organisasi dan kegiatan yang menunjang di UNJ. Ibu Novia berpesan jika sekarang ini dunia pekerjaan melihat seseorang dari skill, maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengikuti organisasi sejak dini agar skill nya terbentuk.

 

Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *