Alumni Connect FE UNJ 2023 “Digital Marketing, Social Media Marketing, Content Marketing, and Business Development”

Pada hari Kamis, 21 Desember 2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Alumni Connect FE UNJ 2023 dengan tema “Digital Marketing, Social Media Marketing, Content Marketing, and Business Development” yang berlangsung di Virtual Zoom Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan Ibu Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., MM. selaku Dosen Program Studi S1 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta sekaligus menjadi moderator. Selain itu, dihadirkan juga Kak Muhammad Hashfi Aufar, S.Pd selaku Alumni Program Studi S1 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta sebagai narasumber pada kegiatan Alumni Connect ini.

Kegiatan ini diawali dengan peserta masuk ke dalam ruang zoom pukul 10.45 WIB. Selanjutnya dilakukan pembukaan kegiatan oleh MC, pembacaan doa, dan menyapa Ibu Terry selaku moderator pada kegiatan Alumni Connect sesi 2 ini. Setelah itu, dilakukan pembacaan CV narasumber oleh moderator. Selanjutnya ada sesi berkabar dengan narasumber, yaitu Kak Aufar. Kegiatan berikutnya adalah sesi pemaparan materi oleh narasumber terkait tema yang akan dibahas. Pemaparan materi dimulai dengan penjelasan fakta bahwa penggunaan internet di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Terdapat Top 3 aplikasi yang akhir-akhir ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, yiatu Facebook, Youtube, dan Instagram.

Selanjutnya, narasumber menjelaskan materi yang berkaitan dengan marketing. Marketing adalah menciptakan nilai dan membangun hubungan pelanggan agar mendapatkan imbalan dari pelanggan. Terdapat tahapan dalam membuat sebuah produk, yaitu:

  1. Value. Ketika kita ingin menciptakan sebuah produk, benefit yang didapat harus lebih dari cost.
  2. Brand. Berguna untuk mengidentifikasi barang/layanan dari satu penjual atau grup penjual dan untuk membedakan (diferensiasi) mereka dari pesaing.

Selain itu, dalam membuat sebuah produk, kita dapat menggunakan marketing funnel. Hal itu dimulai dari audiens yang luas, yang berisi pengguna sosial media. Kita dapat membuat sebuah produk lalu memasarkannya. Setelah itu, para khalayak bisa mengetahui produk yang kita buat (awareness). Setelah khalayak mengetahui produk kita, mereka membandingkan produk kita dengan produk lainnya yang sejenis (consideration). Jika produk kita mempunyai kelebihan dari produk-produk lain, orang-orang akan membeli produk yang kita buat (convertion). Jika produk kita memiliki kualitas yang bagus dan selalu konsisten, pelanggan akan mempercayai kita (loyalist) dan menjadi pelanggn tetap kita (to brand evangelist).

Di samping itu, terdapat beberapa jenis marketing:

  1. Multi-channel marketing: Praktik menggunakan banyak salurang untuk menjangkau pelanggan seperti web, social media dan tidak selalu menggunakan marketing
  2. Digital Marketing: Teknik marketing/pemasaran yang menggunakan media digital.

Berikut beberapa perbedaan antara Digital Marketing dan Traditional Marketing:

Digital Marketing

Traditional Marketiing

–        Cost effective

–        A large number of audience

–        Variety of sources

–        Higher conversion rate

–        Measurable results

–        Immediate communication

–        Expensive

–        Limited audience

–        Non-versatile

–        Low conversion rate

–        Results cannot be measured

–        Delayed communication

  1. Content Marketing: Marketing untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga untuk menarik audiens dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Content Marketing memiliki beberapa tujuan, di antaranya sebagai berikut.
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Mengubah prospek menjadi pelanggan
  • Membangun citra perusahaan sebagai pemimpin industri
  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan
  • Meningkatkan pembelian ulang
  • Meningkatkan web traffic
  • Meningkatkan penjualan

Selain itu, terdapat beberapa manfaat dari Content Marketing:

  • Penjualan lebih tinggi
  • Loyalitas pelanggan
  • Kesadaran merek

Terdapat strategi Content Marketing, yaitu sebagai berikut.

  1. Pelajari selera audiens dengan menggunakan STP marketing (Segmentation, Targeting, Positioning). Untuk segmentation, kita bisa memilah segmen konsumen yang berbeda. Lalu, untuk targeting kita bisa memilih segmen yang memberikan peluang terbesar. Terakhir, positioning, agar produk bisa terekam di benak konsumen.
  2. Tentukan platform yang mau disasar. Jika kita ingin memasarkan produk ke orang tua, kita bisa menggunakan aplikasi Facebook. Jika kita ingin memasarkan produk ke generasi millenial, kita bisa menggunakan aplikasi Jika kita ingin memasarkan produk ke generasi Z, kita bisa menggunakan aplikasi Tiktok.
  3. Ciptakan konten yang menarik. Berikut terdapat cara untuk mencari ide konten:
  4. Brainstorming with your team
  5. User generated content (customer reviews)
  6. Trends (Google Trends/FYP content)
  7. Analysis competitors
  8. Content repurpose (re-design)

Selain itu, terdapat Content Pillar:

  • Education
  • Inspiration
  • Entertainment
  • Conversation
  • Connection
  • Promotion

Urutan untuk membuat video content yang menarik adalah sebagai berikut.

  • Hook: Pancingan pertama yang ditujukan untuk menarik audiens agar mereka menghentikan aktivitas dan mengalihkan perhatiannnya ke konten yang kita buat.
  • Isi: Berisi penjelasan konten
  • CTA (Call to Action): Ajakan untuk bertindak agar khalayak dapat melakukan aktivitas/memberikan tanggapan.

Setelah sesi penjabaran materi oleh narasumber, terdapat sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Peserta pertama yang bertanya yaitu Dinda Mandatain, yang memberikan pertanyaan terkait cara menilai tingkat keberhasilan konten sosial media khususnya di Twitter. Peserta kedua yang bertanya yaitu M. Riva Rusdiawan, yang memberikan pertanyaan terkait posisi sebagai pebisnis dalam menjalankan konten perlu menyesuaikan dengan tren atau fokus terhadap konten yang sudah disiapkan yang sesuai dengan brand.

Setelah sesi penjabaran materi yang disertai sesi tanya jawab, dilakukan pemberian sertifikat untuk Kak Muhammad Hashfi Aufar, S.Pd selaku narasumber dan pemberian sertifikat untuk Ibu Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., MM selaku moderator. Sebagai penutup kegiatan, dilakukan sesi dokumentasi dengan para peserta. Kegiatan Alumni Connect FE UNJ pada 21 Desember 2023 berakhir pada pukul 13.00 WIB.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *