Kerjasama Kegiatan antara FE UNJ dan Toyota Global Headquarters Japan: The Experience of Toyota Digital Transformation

Pada hari Kamis, 30 November 2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menerima kunjungan kerja sama dari Toyota Global Headquarters Japan di Gedung Raden Ajeng Kartini lantai 8. Acara berlangsung dari pukul 12.30 hingga 15.30 WIB dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Prof. Usep Suhud, Ph.D, Para Koorprodi di lingkungan Fakultas Ekonomi, dan 96 Mahasiswa dari berbagai program studi termasuk kelas internasional.

Project General Manager of Digital Transformation dari Toyota Global Headquarters Japan, Mr. Shunji Miyahara memberikan kuliah pakar mengenai transformasi digital yang sedang dilakukan dan akan dilakukan oleh Toyota dengan bantuan Artificial Intelligence dan Big Data. Diskusi dan tanya jawab dari para mahasiswa yang dipandu oleh Ibu Ervina Maulida, MBA (Dosen Fakultas Ekonomi) selaku Master of Ceremony pada acara hari itu juga berjalan lancar dan interaktif.

Selain memberikan kuliah pakar, Toyota Global Headquarters Japan juga melakukan sesi experience dengan tajuk Experience of Toyota Digital Transformation bersama para mahasiswa. Fakultas Ekonomi bersama Toyota menyiapkan tiga area yaitu area Motor Show zone 1 di area outdoor, dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan berinteraksi lebih dekat dengan 3 (tiga) mobil display terbaru yang dikembangkan Toyota agar mahasiswa dapat mengetahui mengenai perkembangan teknologi pada mobil saat ini dan beberapa bagian spesifik yang tengah digarap oleh Toyota. Selain itu ada area Motor Show 2, di area indoor, mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman terkait future model dan interior design menggunakan virtual reality. Pada Dealer zone (indoor) mahasiswa juga diajak untuk berdiskusi mengenai customer’s preference menggunakan bantuan layar monitor, eye tracking glassing, dan tablet, yang dapat mendeteksi usia, informasi gender, dan preferensi terkait lifestyle dan kebutuhan konsumen terkait produk-produk Toyota.

Acara yang berlangsung selama 2 jam 30 menit ini telah sukses dilaksanakan. Kami berharap bahwa acara ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai perkembangan teknologi di industri saat ini. Semoga pula acara ini membuka peluang-peluang baru bagi civitas akademik di lingkungan FE UNJ untuk berkolaborasi lebih lanjut dengan Toyota Japan dan industri lainnya secara umum. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak atas kesuksesan kegiatan ini.

 

Dokumentasi :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *