5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023

Pada tanggal 23-24 November 2023 telah berlangsung acara Bulan Fintech Nasional dan The 5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023 dengan tema “Accelerating Growth: Promoting Sustainable Integration and Collaboration for A Stronger Digital Economy” yang bertempat di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka Lt. 3, Jl. Casablanka Raya kav. 88 Jakarta Selatan.

Event IFSE 2023 diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Event ini menghadirkan lebih dari 36 booth dari Perusahaan Fintech ternama & UMKM, 25+ Sesi Main Conference, dan 17+ Sesi Mini Stage Eduitainment yang terbuka untuk umum. Selain itu, acara ini juga mengundang dosen dan mahasiswa dari 26 universitas di Indonesia. Mahasiswa Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta pun turut hadir sebagai peserta kegiatan Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023.

Kegiatan ini dimulai dengan pengondisian peserta dan registrasi di loket yang tersedia pada pukul 08.00 s.d selesai. Ketika registrasi, kita wajib menunjukkan bukti registrasi yang sudah dilakukan pada hari sebelumnya, lalu petugas akan memberikan gelang kertas berlogo IFSE 2023 sebagai tanda bukti bahwa kita sudah melakukan registrasi di tempat. Tidak hanya itu, setiap peserta yang sudah melakukan registrasi akan mendapatkan goodie bag yang berisikan tumbler stainless. Kemudian setelah melakukan registrasi, peserta akan diarahkan ke The Kasablanka Hall, di mana conference  akan diselenggarakan, petugas pun akan mengarahkan kita ke tempat duduk yang sudah disediakan.

Acara conference dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh MC acara. Kemudian dilanjutkan dengan opening speech oleh Bapak Pandu Sjahrir sebagai ketua umum AFTECH yang membahas tentang Enhancing Financial Inclusion through Digital Transformation: AFTECH’s Journey and Vision. Lalu terdapat juga keynote speech yang dibawakan oleh Bapak Mochammad Ihsanuddin mengenai Responsible and Trustworthy Use of AI in the Financial Services Sector.

Pada pukul 10.00 WIB terdapat sesi diskusi dengan beberapa tamu undangan. Sesi diskusi ini disebut dengan Super Panel Discussion, di mana terdapat moderator dan tiga sampai empat narasumber hebat. Sesi pertama bertemakan Policies and Incentives for Thriving Digital Economy dan sesi kedua bertemakan Empowering Workforce of Tomorrow: Nurturing Youth Talent in the Digital Age.

Acara conference pada pagi hari dijeda dengan waktu ishoma (istirahat, shalat, dan makan) pada pukul 11.30 WIB. Pada kesempatan itu, banyak peserta yang mengunjungi setiap booth untuk mengetahui ada apa saja di dalamnya dan ada hal menarik apa yang dapat dicoba. Setiap booth menawarkan banyak sekali wawasan & hiburan, seperti terdapat games berhadiah, quiz, dan program sedekah gratis kopi yang membuat para peserta semakin berantusias untuk mengunjungi setiap boothnya. Kemudian setelah semua agenda sudah terlaksana, pada hari Jumat 24 November 2023 pukul 17.00 WIB, acara puncak IFSE 2023 resmi ditutup oleh MC acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *