Alumni Talks Vol. 6 “Time Management dan Budaya Kerja Korporasi”

Pada hari Rabu, 27 September 2023, telah diselenggarakan acara Alumni Talks Vol. 6 secara offline yang bertempat di Gedung Raden Ajeng Kartini lantai-8 ruang sidang. Program studi S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Alumni Talks Vol.2 dengan topik “Time Management dan budaya korporasi”. Acara ini dibuka secara umum, khususnya bagi mahasiswa Manajemen FE UNJ.

 

Pembicara memulai pemaparannya dengan perkenalan dirinya yaitu kak Sigit Wicaksono seorang alumni Manajemen FE UNJ tahun kelulusan 2011 dengan jurusan manajemen pemasaran. Kak sigit adalah seorang businessman yang sedang menjadi seorang sales manager di branch pertamnina medan. Kak sigit mengatakan sukses itu hadir ketika kita merasa puas denga napa yang kita hasilkan selangkah demi selangkah.

 

Pada bagian kedua pembicara menjelaskan pengalamannya dimana terdapat 3 tahap yang perlu dibedakan dalam menjalani kehidupan. Pertama, fase 10 tahun awal yaitu dunia fase dunia perkuliahan mahasiswa harus memanfaatkan seluruh fasilitas yang tersedia didalam lingkup Universitas baik fasilitas fisik ataupun pengembangan diri. Pembicara menyebutkan jangan pernah bilang “tidak” atas segala bentuk kesempatan yang menghampiri, “Everything has to be now”. Kedua, dalam 10 tahun kedua yaitu seseorang harus memiliki banyak rencana ataupun pilihan dalam hidupnya, dengan begitu seseorang pasti akan mempersiapkan segalanya. Selanjutnya perbanyak kesempatan, karena kesuksessan dapat terjadi ketika kesiapan dan kesempatan datang secara bersamaan. Berikutnya yang terakhir adalah tahap membangun atau establish, pada tahap ini pembicara menganjurkan memperkuat pondasi diri dengan cara memulai focus terhadap satu hal dan menjadi expert pada salah satu bidang. Akan tetapi pengembangan diri tetap diperlukan dan jangan malu dan takut mencoba hal baru lainnya.

 

Pada bagian selanjutnya pembicara menjelaskan tentang pekerjaan dalam pasar modal atau capital market. Di dalamnya terdapat 2 sub job pertama, capital market in buy side yang mengacu pada perusahaan yang membeli sekuritas dan termasuk manajer investasi, dana pensiun, dan dana lindung nilai. dan capital market in sell side yang mengacu pada perusahaan yang membeli sekuritas dan termasuk manajer investasi, dana pensiun, dan dana lindung nilai. Dan dikarenakan pembicara memiliki pengalaman kerja pada bidang job in capital market maka pembicara pun membagikan pengalamannya selama ia bekerja di pasar modar secara detail.

 

Pada bagian setelahnya pembicara mengawali penjelasannya mengenai money VS Experience. Tugas seorang mahasiswa adalah menjalankan perkuliahan dan belajar, belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas banyak sekali pengalaman yang dapat diambil melalui kegiatan bermanfaat, organisasi, ataupun program-program lainnya. Fokus dengan perkuliahan, perbanyak pengalaman, dan ketika lulus uang akan mengikuti. Ikuti rasa penasaran mu bukan teman mu, fokus untuk mencari relasi ataupun networking bukan sebuah gang.

 

Selanjutnya pada bagian yang lain pembicara memulai dengan kalimat sebuah kesempatan datang bagi siapa saja yang mencarinya. Sebuah kerja keras akan tidak menemukan hasil ketika sebuah kesempatan tidak menghampiri, kesempatan tidak akan datang dengan sendirinya maka carilah. Dikarenakan kesuksesan terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan, maka pelajarilah segalanya dan cari seorang mentor yang dapat mengajarhkan kalian untuk mencapai sebuat tujuan. Pembicara mengatakan jangan takut dengan kesibukan intinya adalah carilah banyak pekerjaan yang dapat mengembangkan diri dan selesaikan serta jangan berhenti mencari, Karena pengalaman didapat ketika seseorang mengerjakan suatu hal. Tips dari pembicara adalah jangan pilih-pilih dalam melakukan pekerjaan, karen masih terlalu dini bagi seorang mahasiswa untuk menjadi seorang spesialis pada satu bidang

 

Pada slide berikutnya pembicara menjelaskan mengenai cara memulai sebuah career. pertama, tentukan terlebih dahulu minat dan tujuan kita antara memulai sebuah bisnis atau mencari sebuah pekerjaan yang ideal. Untuk dapat menuju kedalam jenjang berikutnya seorang mahasiswa harus dibekali dengan karakter yang kuat. Pertama motivasi yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu, kemampuan atau seni dalam berkomunikasi, dapat mengerjakan banyak hal atau multitasking, kreatif dan inovatif. Dan diakir pembicara menjelaskan slogan AKHLAK milik BUMN (Badan usaha milik negara) Amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan komunikatif sebagai dasar dari kepribadian seorang pegawai dari BUMN. Dan presentansi diakhir dengan kalimat “ketekunan adalah cara lain untuk sukses”.

  

Dokumentasi Acara :

pembukaan acara oleh Saudara Daffa Dhiyaulhaq selaku Moderator dan sambutan Koordinator Program Studi S-Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yaitu Prof. Dr. Suherman, M.Si pada pukul 14.00-14.15 WIB, dan Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembicara. Penyampaian materi dimulai pada pukul 14.15 – 15.15 WIB.   Sesi tanya jawab dan foto bersama pada pukul 15.15-15.45 WIB. Setelah itu, acara ditutup oleh Moderator dan diakhiri dengan sesi dokumentasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *