Praktisi Mengajar FE UNJ 2023 “Search Analytics And Measuring Success”

 

Pada Sabtu, 14 Oktober 2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Praktisi Mengajar FE UNJ 2023 dengan tema “Search Analytics And Measuring Success” yang berlangsung di Zoom Cloud Meetings.Pada kegiatan ini, dihadirkan Ibu Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M. selaku dosen pengampu Mata Kuliah Digital Brand Marketing, yang menjadi penyelenggara kegiatan ini. Selain itu, dihadirkan juga Ibu Devita Sari, S.Pd iselaku Fleet and Government Sales Operation PT Hyundai Motors Indonesia sebagai narasumber utama padakegiatan pembelajaran ini.

 

 

Kegiatan ini diawali dengan peserta masuk ke dalam ruang zoom pukul 08.45 WIB.Selanjutnya pemberian arahan terkait mata kuliah oleh Ibu  Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M. selaku dosen pengampu. Pukul 09.05 WIB kegiatan dimulai sesi penjelasan materi “Search Analytics And Measuring Success” oleh narasumber  Pada materi tersebut disampaikan mengenai Search Engine Basic, Search yang dialukan dengan populasi internet di seluruh dunia di angka 5,19 miliar, penggunaan Search Engine Marketing Share yaitu yang paling sering dingunakan google setelah itu bing,  Elemen di SERP meliputi Seberapa baik halaman tersebut tertaut ke iklan,  Rasio Klik-Tayang,Relevansinya Bagaimana iklan penelusuran tersebut menggunakan berbagai format iklan. SEO vs SEM: Apa perbedaan antara SEO & SEM? antara lain perbedaan SEO peningkatan performa website digital marekting tidak berbayar secara organik sedangkan SEM adalah digital marketing berbayar, yang berfokus mendapatkan traffuc dan konversi yang aka di dapatka lebih cepatPentingnya Peringkat Pencarian, karna pentingnya merek berada di puncak SERP, konsumen mengharapkan merek terbaik berada di urutan teratas daftar tersebut, baik melalui hasil organik atau iklan manajemen mesin pencari berbayar. Google SERP Eye Tracking Results, Heatmap Report, bagaimana kita harus memfokuskan  lebih ke antensi, supaya menjadi pusat perhatian dari konsumen juga. Perilaku dan Pencarian Konsumen dengan menunjukkan Tren kueri terkini menunjukkan pergeseran minat, kebutuhan, dan niat konsumen. Contohnya termasuk “tempat membeli bunga di dekat saya”, “tempat membeli prangko di dekat saya”, dan “tempat membeli labu di dekat saya”.Selama jangka waktu tersebut, penelusuran seluler untuk “toko buka di dekat saya” (“toko kelontong buka di dekat saya” dan “toko suku cadang mobil buka di dekat saya”), dan “obral” + “dekat saya” (“ban dijual di dekat saya” Dan “rumah dijual di dekat saya”) meningkat lebih dari 250 persen dari tahun ke tahun.Hal yang berhubungan dengan Key Search Measures: Click Through Rate, Conversion Rate, Cost Per Action, Impression Share, Share of Search (SOS)

 

Dalam sesi penjabaran materi oleh narasumber juga disertai dengan sesi tanya jawab dengan peserta, yang pertama oleh Enja Sari Simangunsong, dan yang kedua oleh Widya Ningrum, ketiga Dista Amalia,  Yohana Anastasya dll.

 

Setelah sesi penjabaran materi yang disertai dengan sesi tanya jawab, narasumber memberikan closing statement dalam sesi akhir kegiatan. Selanjutnya adalah pemberian sertifikat sebagai narasumber dalam kegiatan Praktisi mengajar FE UNJ 2023 yang diberikan oleh Ibu Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M. Kepada Ibu Ibu Devita Sari, S.Pd Sebagaipenutup kegiatan, dilakukan sesi dokumentasi narasumber, dosen pengampu, dan juga peserta secara bersamaan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *