Praktisi Mengajar FE UNJ 2023 “Tinjauan Literatur Sistematik”

Pada Selasa, 19 September2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui programPraktisiMengajar FE UNJ 2023 dengan tema “Tinjauan Literatur Sistematik” yang berlangsung diZoom Cloud Meetings.Pada kegiatan ini, dihadirkan Koordinator Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si., AK, CA. selaku dosen pengampu Mata KuliahMetodologi Penelitian, yang menjadi penyelenggara kegiatan ini. Selain itu, dihadirkan jugaIbuSilvana Syah, S.Si., M.Siselaku Founder and Data AnalystSynus Data Consultantsebagai narasumber utama padakegiatan pembelajaran ini.

 

Kegiatan ini diawali dengan peserta masuk ke dalamruang zoompukul 08.00 WIB.Selanjutnya pemberian arahan terkait mata kuliah oleh Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui,S.E.,M.Si., AK, CA. selaku dosen pengampu. Pukul 08.15kegiatan dimulai dengan dipandu oleh Master of Ceremony yaituMuhammad Faturachman(Mahasiswa Aktif S1 Akuntansi 2021, kelas B). Dilanjutkan dengan pemberian sambutan pembuka dari narasumber dan juga dosenpengampu.

 

Setelah pembukaan selesai, sesi berikutnya adalah sesi penjelasan materi “Tinjauan Literatur Sistematik” oleh narasumber yang dimulai pada pukul 08.20 WIB. Pada materi tersebut disampaikanmengenaiperubahan yang sangat besar pada nilai perusahaan di dunia baik dalam fase siklus bisnis bertumbuh maupun resesi. Sehingga,dari lingkungan yang tumbuh cepat ini, lahirlah model bisnis yang beragam, dan struktur kepemilikan yang berkembangmenjadi tantangan bagi para manajer di abad 21 untuk merancang struktur modal terbaik. Dijelaskan oleh narasumber, bahwaterdapatsalah satu alat statistik yang telah mendapatkan perhatian khusus dalam menganalisis struktur modal adalah Hierarchical Linear Model (HLM) atau sering disebut juga dengan model multilevel.HLM adalah metode statistik yang mampu mengatasi dependensi data dan muncul sebagai alat statistik yang kuat untuk menganalisis data terkait dengan kebijakan struktur modal di berbagai sektor industri.

 

Tinjauan Sistematik Literatur ini bertujuan untuk mengumpulkan, menyusun, dan menganalisis literatur terkait penggunaan metode HLM dalam menganalisis kebijakan struktur modal di berbagai sektor industri. Narasumber juga menjelaskan dan memberikan contoh menggunakan Vosviewer, Publish Of Perish, Covidence, dan Prisma.

 

 

Dalam sesi penjabaran materi oleh narasumber juga disertai dengan sesitanya jawab dengan peserta sebanyak 2 kali, yang pertama oleh Muh. Khamdi Aziz, dan yang kedua oleh Richard Agustino Josua Marpaung.

Setelah sesi penjabaran materi yang disertai dengan sesi tanya jawab,narasumber memberikan closing statement dalam sesi akhir kegiatan. Selanjutnya adalah pemberian sertifikat sebagai narasumber dalam kegiatanPraktisimengajar FE UNJ 2023yang diberikan oleh Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si., AK, CA.KepadaIbuSilvana Syah,S.Si., M.SiSebagaipenutup kegiatan, dilakukan sesi dokumentasi narasumber, dosen pengampu, dan juga peserta secara bersamaan.

  

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *