KKL Administrasi Perkantoran Digital 2023

Senin, 04 September 2023 Seluruh mahasiswa program studi Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran Digital melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung dan Farmhouse Lembang untuk rekreasi. Setelah sebelumnya Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan secara daring, pada tahun ini akhirnya KKL kembali dilaksanakan secara luring. KKL ini diadakan dengan harapan mahasiswa Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran Digital mampu mempelajari dan mengetahui system kearsipan yang dilakukan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung.

 

 

Perjalanan kami diawali dengan berkumpul di teater terbuka UNJ untuk melakukan dokumentasi bersama. Kami berangkat pukul 07.00 WIB dengan estimasi perjalanan 3 jam. Diperjalanan kami sangat menikmati KKL dengan bernyanyi bersama. Kami tiba di Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung pukul 09.30 WIB. Setelah sampai kami melakukan foto bersama di depan Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung dan dilanjutkan untuk pengarahan masuk ke aula lantai 3 dimana tempat kita akan diberikan materi dan belajar.

Rangkaian pertama diawali dengan salam pembuka oleh Bu Dina selaku Pejabat Kepala Bidang Perpustakaan. Setelah itu Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM selaku Koordinator Prodi Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran memberikan sambutan awal yang berisi ucapan terima kasih karena pihak Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung sudah meluangkan waktu untuk menerima kami dan memperbolehkan kami untuk berkunjung. Lalu bapak Christian juga memperkenalkan dosen pembimbing yang turut mendampingi KKL yakni ada bapak suherdi dan ada ibu dania. Kami juga diperkenalkan kepada pejabat yang membersamai kami selama pelaksanaan materi di aula, yaitu ada Bu Dina selaku Pejabat Kepala Bidang Perpustakaan, Pak Kres selaku Pejabat Kepala Bidang Arsip, Bu Listia selaku Pejabat Arsiparis Muda, dan Pak Andika selaku Pejabat Arsiparis.

 

Setelah itu dilanjutkan pemaparan materi oleh Ibu Listia. Ibu Listia menjabat sebagai Pejabat Arsiparis di Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung. Ibu Listia memberikan materi mengenai makna kearsipan, empat pilar kearsipan yang menunjang untuk pembinaan, yaitu : tata naskah arsip, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip, dan sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip. Setelah itu kami semua melakukan tanya jawab sekaligus praktik kearsipan. Kami diminta untuk menyusun dan mengklasifikasikan macam-macam arsip. Kami mencoba menjawab dan jawaban kami yang benar, kami diberikan hadiah bingkisan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung. Setelah itu kami dilanjut menonton video ‘Gerakan Sadar Arsip”. Selanjutnya kami diberikan kuis oleh Pak Andika selaku Pejabat Arsiparis mengenai video yang tadi diputar.

 

Selanjutnya kami disambut oleh Sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung. Kami diberikan motivasi yang diselingi dengan canda tawa. Kami semua sangat menikmati pemaparan materi ini dengan senang dari awal sampai akhir acara. Tibalah kami diakhir acara pemaparan materi di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung. Kami melakukan foto bersama di aula setelah itu kami diberikan kesempatan untuk berkeliling di area Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung. 

 

Lampiran :

  1. Surat Tugas Dosen KKL
  2. Surat Tugas Mahasiswa KKL 

One Reply to “KKL Administrasi Perkantoran Digital 2023”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *