Pelatihan dan Sertifikasi TOEFL D4 Administrasi Perkantoran Digital Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Pelatihan dan Sertifikasi TOEFL yang dilaksanakan merupakan aktivitas ruang lingkup 3 bagian dari program Competitive Fund Vokasi Tahun 2023. Competitive Fund Vokasi merupakan program Hibah yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, dimana Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu Program Studi yang medapatkan pendanaan tersebut. Dalam pelaksanaannya Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital bekerjasama dengan Language Center of UNJ (LCU). Pada aktivitas ruang lingkup 3 (Pelatihan dan Sertifikasi TOEFL bagi mahasiswa) terdiri dari tiga rangkaian kegiatan diantaranya, (1) Penjaringan/seleksi internal, (2) Pelatihan TOEFL Preparation, (3) Tes TOEFL ITP.

Pada Hari Selasa tanggal 1 Agustus 2023, telah berlangsung rangkaian kegiatan yang pertama yakni penjaringan seleksi internal yang dihadiri oleh 42 mahasiswa Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital angkatan 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung R.A Kartini Lantai 10 ruang 1014 dan 1015, dimana perwakilan dosen dan tenaga kependidikan ditugaskan menjadi pengawas pada kegiatan ini. Pengawas dari perwakilan dosen diantaranya Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM., Dr. Puji Wahono, M.Si., Suherdi, S.Pd., S.H., M.M., dan Maulana Amirul Adha, M..Pd. Sementara dari perwakilan tenaga kependidikan yakni Jefri Hermawan Achmadi. Berdasarkan pelaksanaan penjaringan internal, terpilih sebanyak 15 mahasiswa yang memiliki nilai terbaik, yang diikutkan pada rangkaian kegiatan selanjutnya.

Berdasarkan hasil penjaringan internal program studi, 15 mahasiswa yang terpilih mengikuti rangkaian kegiatan yang kedua yakni Pelatihan TOEFL Preparation. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin tanggal 7 Agustus 2023, Pukul 08.30-10.00 WIB, di Gedung Dewi Sartika Lantai 10, R. 10.05. Tujuan dari kegiatan ini yakni Membekali peserta dengan pengetahuan, wawasan, dan study skill agar dapat menguasai strategi penyelesaian soal-soal TOEFL ITP melalui metode task-based dan student-centered. Narasumber pada kegiatan ini yakni Ibu Ria Ester Novita dari LCU. Kegiatan pelatihan dimulai dengan topik Listening comprehension, dimana pada topik ini diajarkan tentang procedures for short dialouge, procedures for longer conversation, procedures for talk, dan diakhiri dengan listening practice. Materi dilanjutkan dengan topik Structure and written expression, dimana pada topik ini mahasiswa belajar tentang general strategies of structure and written expression dan diakhiri dengan Structure and written expression practice. Pada topik yang terakhir yakni Reading comprehension, dimana mahasiswa belajar tentang general strategies of reading comprehension dan diakhiri dengan reading comprehension practice. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan fasilitas berupa modul TOEFL Preparation dari LCU. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan 15 mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti Tes TOEFL ITP, dapat lebih siap dan mendapatkan hasil maksimal pada tes yang diadakan pada minggu berikutnya.

Rangkaian kegiatan yang terakhir adalah Tes TOEFL ITP yang diselenggarakan di Laboratorium UPT Bahasa, pada Hari Senin tanggal 14 Agustus 2023, pukul 14.00 – 16.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan briefing peserta mengenai prosedur tes, yang disamapaikan oleh perwakilan dari LCU. Hasil tes menunjukkan, didapatkan 7 mahasiswa memiliki nilai TOEFL ITP diatas 450, sementara terdapat 8 mahasiswa yang memiliki nilai TOEFL ITP dibawah 450. Berdasarkan nilai tersebut, bagi 8 mahasiswa yang masih memiliki nilai TOEFL ITP dibawah 450, akan mengikuti tes TOEFL kembali dengan berkoordinasi dengan program studi. Para mahasiswa menyadari bahwa penguasaan bahasa asing khususnya bahasa inggris menjadi penting di dunia kerja pada era saat ini. Bagi mahasiswa yang telah memiliki nilai TOEFL ITP diatas 450 tentunya menjadi bekal yang berharga bagi mereka di dunia kerja, dan bisa menjadi motivasi bagi para mahasiswa yang lain.

 

Dokumentasi :

  1. Penjaringan Internal

 

2. Pelatihan TOEFL Preparation

 

3. Tes Toefl ITP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *