KULIAH KERJA LAPANGAN PENDIDIKAN AKUNTANSI

 

Kuliah kerja lapangan dilaksanakan pada hari Kamis, 03 Agustus 2023 pada pukul 06.00 – 22.00 WIB yang dilaksanakan secara luring (luar jaringan) atau mengunjungi langsung di PT Primarindo Asia Infrastructure, Tbk dan studi wisata ke Farm House yang dihadiri 47 mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2021 dan 2 dosen pendidikan akuntansi yakni Ibu Ati Sumiati S.Pd., M.M. dan Ibu Dwi Handarini S.Pd., M.Ak. Dalam kunjungan ke perusahaan menggunakan kendaraan dari Gege Travel yang dimana terdapat 4 bus, dua diantaranya bus 2 dan bus 3 untuk mahasiswa pendidikan akuntansi yang dibagi menjadi dua dan digabung dengan prodi pendidikan ekonomi dan pendidikan bisnis. Selain itu juga terdapat tour leader selama KKL ini berlangsung. Sebelum keberangkatan menuju ke PT Primarindo mahasiswa melakukan registrasi dan dokumentasi diterbuk atau pustikom yang dimulai dari jam 06.00 – 07.30 WIB, setelah itu berangkat menuju ketempat lokasi di PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk.

 

Kemudian tiba di PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk pada pukul 11.10 WIB, setelah tibanya dilokasi mahasiswa dan dosen melakukan pengamatan terkait proses pembuatan sepatu yang dibagi menjadi dua bagian yakni bagian upper dan bagian button. Bagian upper melalui beberapa tahapan proses yaitu material masuk ke gudang bahan baku untuk dilakukan pengecekan kualitasnya, setelah itu material masuk ke departemen cutting untuk dilakukan pemotongan material menjadi komponen-komponen penyusun bagian upper, setelah itu dilakukan persiapan untuk masuk ke departemen sewing. Proses persiapan ini meliputi proses printing dan emboss material apabila diperlukan. Selanjutnya masuk ke departemen sewing, pada departemen ini dilakukan proses penjahitan untuk menggabungkan komponen-komponen penyusun bagian upper. Bagian bottom juga melalui beberapa tahapan proses yaitu material masuk ke gudang bahan baku untuk dilakukan pengecekan kualitasnya, setelah itu dilakukan proses compound untuk menggabungkan material-material yang berbahan kimia, setelah itu dilakukan proseskneader rolling, dilakukan proses press untuk membentuk outsole sepatu dan dilakukan proses stock fit sehingga menghasilkan bagian bottom sepatu. Terakhir, bagian upper dan bagian bottom masuk ke departemen assembling untuk dilakukan proses perakitan melalui beberapa tahapan yaitu tahap lasting (proses pemberian lem), tahap gauge marking (proses penandaan pada komponen sepatu), tahap buffing serta tahap bonding dan menghasilkan proses sepatu Tomkins. Perusahaan menerapkan tipe tata letak product layout dimana tata letak lantai produksi disusun berdasarkan urutan proses dari suatu produk yang bergerak secara terus menerus dalam suatu garis perakitan. Rancangan lintasan perakitan dalam industri manufaktur merupakan awalan utama dalam mengatur aliran proses produksi. Hal ini dibuat untuk menciptakan keseimbangan lintasan perakitan, sehingga dapat diperoleh aliran proses produksi yang efisien dan kondisi kerja yang teratur. 

 

 

Kemudian setelah observasi terkait proses pembuatan sepatu kemudian dosen dan mahasiswa diarahkan untuk ke aula untuk mendengarkan pemaparan dari pihak PT. Primarindo mulai dari sejarah perusahaan, visi misi, strategi marketingnya, kendala yang dihadapi, produk apa saja dalam perusahaan PT Primarindo, dan diberikan sesi tanya jawab kepada mahasiswa terkait apa yang sudah dijelaskan atau dipaparkan. Setelah itu sesi berikutnya yakni pemberian plakat dari UNJ ke PT Primarindo dan sesi dokumentasi.

 

 

 

Setelah melakukan observasi proses pembuatan sepatu dan pemaparan yang dijelaskan dari PT Primarindo kegiatan berikutnya yakni ishoma (istirahat, sholat, makan) pada pukul 13.20 WIB. Kegiatan berikutnya yakni studi wisata ke Farm House Bandung, dosen dan mahasiswa berangkat dari PT Primarindo pada pukul 14.00 WIB dan tiba di Farm House pukul 15.50 WIB.

 

 

Setelah berekreasi di studi wisata Farm House pada pukul 17.30 WIB, kemudian kembali ke universitas karena kegiatan dari kuliah kerja lapangan (KKL) sudah usai. Namun, sebelum tiba di UNJ, dosen dan mahasiswa mampir ke tempat oleh-oleh di Kunafe Pasteur pada pukul 18.45 – 20.00 WIB untuk berbelanja buah tangan dan ishoma (istirahat, sholat, makan), setelah itu lanjut perjalanan pulang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *