Visitasi Surveillance Akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Sumber daya manusia yang kompeten akan semakin banyak dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri (DUDI) pada masa kini hingga mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud terus berupaya melakukan berbagai macam terobosan baru melalui berbagai program dan kebijakan, utamanya bagi satuan pendidikan vokasi di Indonesia.

 

Salah satunya adalah program upgrading D3 menjadi sarjana terapan atau D4 yang telah dilakukan berdasarkan kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. Hal ini guna menjawab kebutuhan DUDI dalam menyediakan SDM kompeten melalui pendidikan vokasi, khususnya perguruan tinggi vokasi. Upgrading dari D3 menjadi D4 adalah salah satu regulasi yang bersifat win-win solution, yakni semua dimenangkan, baik pihak industri, lulusan perguruan tinggi, dan kampus. Misalnya industri, akan mendapatkan banyak SDM yang kompeten karena turut dilibatkan pada proses upgrade ini.

 

Kegiatan visitasi surveillance akreditasi program studi sarjana terapan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta diselenggarakan pada hari Selasa-Kamis, 13-15 Juni 2023 dengan agenda mempresentasikan instrumen surveillance serta memverifikasi pertanyaan yang diajukan oleh assesor. Instrumen terdiri dari tiga kriteria yaitu kriteria kurikulum, kriteria sumber daya manusia dan kriteria unit pengelola program studi.

 

Program Studi Sarjana Terapan menyusun kurikulum yang menggambarkan profil lulusan dengan kompetensi inti yang mengalami perubahan dari jenjang Diploma III menjadi Diploma IV. Tentunya hal ini memiliki konsekuensi terhadap perubahan mata kuliah dan menuntut kompetensi dosen yang mendukung mata kuliah tersebut.

 

Kegiatan surveillance ini bertujuan untuk memastikan proses penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi pada program studi Sarjana Terapan sesuai atau bahkan melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selain itu kegiatan surveillance juga akan memastikan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) berjalan dengan efektif. Oleh karena itu, Program Studi Sarjana Terapan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang terdiri dari S.Tr. Administrasi Perkantoran Digital, S.Tr. Akuntansi Sektor Publik, S.Tr. Pemasaran Digital secara optimal mempersiapkan dokumen yang mendukung outcome dan output penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.

 

Lampiran :

  1. Laporan Kegiatan Visitasi Surveillance Akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
  2. Undangan dan Surat Tugas Visitasi Surveillance Akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
  3. Undangan dan Surat Tugas Visitasi Surveillance Akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Pemasaran Digital
  4. Undangan dan Surat Tugas Visitasi Surveillance Akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran Digital

 

Dokumentasi :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *