Edukasi Keuangan ” Bangun Ekonomi Stabil Dimulai Dari Diri Sendiri ” Kolaborasi CDC dengan Pegadaian

Pada hari Jumat, 16 Juni 2023, Career Development Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta berkesempatan untuk berkolaborasi bersama Pegadaian dengan mengusung tema “Bangun Ekonomi Stabil Dimulai Dari Diri Sendiri”.

Acara ini diselenggarakan di Aula Latief, Gedung Dewi Sartika Lt.2, Universitas Negeri Jakarta pada pukul 14.00 WIB. Dengan turut mengundang para pembicara yang sangat hebat, diantaranya:

  1. Rully Yusuf selaku Kepala Divisi Corporate Social Responsibility PT. Pegadaian
  2. Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
  3. Prita Ghozie selaku CEO dan Principal Consultant ZAP Finance
  4. Febby Dzurrotul selaku Top 10 Finalis The Grade Sociopreneur PT. Pegadaian

 

Acara dimulai pada pukul 14.29 WIB dengan dipandu oleh dua Master of Ceremony yang merupakan Duta Universitas Negeri Jakarta yakni Danendra Daniswara (Mahasiswa S1 Manajemen tahun 2021) dan Nur Syifa Widiastuti (Mahasiswi S1 Manajemen tahun 2021). Sebelum masuk ke inti acara, para peserta diajak untuk mengisi Pretest yang sudah dibagikan oleh panitia. Pembukaan diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Indra Pahala, M.Si. sekaligus pemberian plakat dari Universitas Negeri Jakarta untuk PT. Pegadaian.

 

Sambutan oleh Dr. Indra Pahala, M.Si.

Pada pukul 14.46 sesi talkshow dimulai, dengan dimoderatori oleh Gentiga Muhammad Zairin, S.E., M.Ak., CA, CPSAK (Dosen S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi UNJ). Pada sesi talkshow kali ini, para pembicara lebih banyak menceritakan tentang background diri mereka serta bagaimana para pembicara mampu mencapai titik saat ini, dan masih banyak lagi. Febby menjelaskan bahwa ia mampu berada dititik saat ini karena ia memiliki minat yang sangat tinggi dalam dunia wirausaha yang sudah mulai dirintisnya sejak sekolah menengah atas di daerahnya, Lamongan. Ia juga menambahkan bahwasannya ia sudah menciptakan produk dengan melihat peluang pasar yang sedang ramai saat itu, yakni adanya minuman herbal yang ia beri nama Tehyung, serta Monster Cookies sebagai snack sehat.

 

Sesi Talkshow

 

Lain halnya dengan Febby yang menjelaskan tentang perjalanannya mencapai titik tersebut, Prita lebih mengajarkan para generasi muda khususnya para pendengar yang hadir pada talkshow untuk pandai mengatur uang, dan menggunakan uang dengan benar. “Ekonomi harus dipikirkan untuk jangka waktu yang panjang. Para mahasiswa juga harus pandai dalam mengatur uang, dengan cara membaginya menjadi living cost, saving cost, dan playing cost.” pungkas Prita.

Prita juga menambahkan bahwasannya investasi dan juga saving merupakan hal yang sangat berbeda. Jika seseorang memiliki goals yang ingin mereka beli, maka harus melakukan saving. Lain halnya dengan investasi, investasi merupakan dana jangka panjang yang tidak harus dilakukan. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi, khususnya pada emas. Mengapa demikian? Karena emas adalah investasi yg paling aman sebab emas itu sendiri tidak didesain untuk trading harian, melainkan dalam jangka waktu yang cenderung lama.  Selain itu, emas juga mudah untuk dicairkan dan bebas akan pajak.

  1. Pegadaian bukan hanya sekedar badan usaha milik negara yang meminjamkan uang dengan menerima barang sebagai jaminan dari peminjamnya saja. PT. Pegadaian memiliki berbagai program yang ditawarkan untuk kita para generasi muda khususnya mahasiswa. Di mana PT. Pegadaian menciptakan berbagai program yang dapat diikuti oleh mahasiswa, salah satunya adalah program untuk membantu pengembangan UMKM. Diharapkan dengan banyaknya program yang ditawarkan oleh PT. Pegadaian, membuat para generasi muda serta mahasiswa lebih memiliki banyak peluang untuk dapat merubah hidupnya ke arah yang lebih baik.

Acara ditutupi dengan penampilan dari Guest Star, yakni Adera. Yang kemudian dilanjutkan dengan sesi pembacaan pemenang hadiah berupa Logam Mulia serta hadiah lainnya yang dipersembahkan oleh PT. Pegadaian. Lalu acara ditutup pada pukul 17.12 oleh Master of Ceremony.

 

Guest Star: Adera

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *