Persiapan Surveillance Program Sarjana Terapan Fakultas Ekonomi UNJ

Sumber daya manusia yang kompeten akan semakin banyak dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri (DUDI) pada masa kini hingga mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud terus berupaya melakukan berbagai macam terobosan baru melalui berbagai program dan kebijakan, utamanya bagi satuan pendidikan okasi di Indonesia. Salah satunya adalah program upgrading D3 menjadi sarjana terapan atau D4 yang telah dilakukan berdasarkan kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. Hal ini guna menjawab kebutuhan DUDI dalam menyediakan SDM kompeten melalui pendidikan vokasi, khususnya perguruan tinggi vokasi. Upgrading dari D3 menjadi D4 adalah salah satu regulasi yang bersifat win-win solution, yakni semua dimenangkan, baik pihak industri, lulusan perguruan tinggi, dan kampus. Misalnya industri, akan mendapatkan banyak SDM yang kompeten karena turut dilibatkan pada proses upgrade ini.

Untuk itu, pada hari Rabu 31 Mei 2023 FE UNJ menyelenggarakan kegiatan “Persiapan Surveillance Program Studi Sarjana Terapan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta” yang bertujuan untuk mempersiapkan semua dokumen dan instrumen yang dibutuhkan oleh Program Studi Sarjana Terapan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Secara khusus kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan simulasi penilaian kertas kerja asesor dan menemukan kelemahan atau kekurangan instrumen yang perlu diperbaiki sebelum kegiatan surveillance oleh BAN PT.

Kegiatan persiapan surveillance program studi sarjana terapan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta diselenggarakan
dengan agenda mempresentasikan instrumen surveillance. Instrumen terdiri dari tiga kriteria yaitu kriteria kurikulum, kriteria sumber daya manusia dan kriteria unit pengelola program studi. Program Studi Sarjana Terapan menyusun kurikulum yang menggambarkan profil lulusan dengan kompetensi inti yang mengalami perubahan dari jenjang Diploma III menjadi Diploma IV. Tentunya hal ini memiliki konsekuensi terhadap perubahan mata kuliah dan menuntut kompetensi dosen yang mendukung mata kuliah tersebut.

Kegiatan surveillance yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini bertujuan untuk memastikan proses penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi pada program studi Sarjana Terapan sesuai atau bahkan melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selain itukegiatan surveillance juga akan memastikan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) berjalan dengan efektif. Oleh karena itu, Program Studi Sarjana Terapan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang terdiri dari S.Tr. Administrasi Perkantoran Digital, S.Tr. Akuntansi Sektor Publik, S.Tr. Pemasaran Digital secara optimal mempersiapkan dokumen yang mendukung outcome dan output
penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.

 

Lampiran :

  1. Laporan Kegiatan Persiapan Surveillance Program Sarjana Terapan Fakultas Ekonomi UNJ.
  2. Surat Tugas dan Undangan Persiapan Surveillance Program Sarjana Terapan Fakultas Ekonomi UNJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *